Gak Salah Nih? Dijual Hanya Rp2 Jutaan, Android Tipis Ini Harusnya Berharga 3 Jutaan

nubia M2 Lite
Sumber: gaptex

Produsen smartphone asal Cina, Nubia, resmi masuk pasar Indonesia dan langsung menawarkan tiga Android, yaitu nubia M2, nubia M2 lite dan nubia N1 lite. Setelah kami mengulas nubia M2 yang menjadi bintang, kini kita melihat lebih dekat adiknya, nubia M2 Lite yang membawa kualitas desain yang sama namun dengan harga yang lebih terjangkau.

nubia m2 lite
Sumber: YouTube

Seperti tipikal penamaan seri nubia sebelumnya, nubia M2 Lite merupakan versi adik, sekaligus versi ekonomis dari nubia M2. Karena itulah tidak heran jika secara fisik bentuknya mirip, namun ada beberapa fiturnya yang berkurang untuk mempertegas identitas “Lite”-nya. Namun jangan kuatir, pengurangan fiturnya masih rasional kok.

 

Sepert, sensor kameranya yang di sini hanya ada satu saja, dengan resolusinya sebesar 13-megapixel yang masih menggunakan sensor Sony Exmor RS IMX258 dengan lensa berbukaan f/2.2, lapisan lensa 5 lemen serta Blue Filter untuk menunjang hasil pemotretan yang lebih natural.

Namun, untuk kamera swafoto, kalian masih bisa membanggakannya karena ada sensor beresolusi sama seperti kakaknya, 16-megapixel, dari sensor Samsung ISOCELL (ya, sama persis seperti kakaknya).

Gak Salah Nih? Dijual Hanya Rp2 Jutaan, Android Tipis Ini Harusnya Berharga 3 Jutaan

Gak Salah Nih? Dijual Hanya Rp2 Jutaan, Android Tipis Ini Harusnya Berharga 3 Jutaan, harga nubia M2 Lite Indonesia, benchmark nubia M2 Lite root guide
Baca Juga

Tidak tanggung-tanggung memang, resolusi kamera swafotonya sampai 16-megapixel, dengan masing-masing pixel ukurannya 2μm (micron pixel), atau yang jamak disebut UltraPixel.

Selain itu, kamera depan tersebut didukung lensa dengan bukaan f/2.0 dan sudut pemotretan wide-angle mencapai 80o, cukup luas, dan mencapai taraf tipikal Action Cam, meskipun tidak seekstrem lensa wide-angle beberapa smartphone baru dari Oppo dan LG yang mencapai 120o.

Sisa spesifikasinya, seperti layar yang masih lega dengan bidang 5.5-inchi (dengan lapisan kaca 2.5D), namun resolusinya turun ke HD 720p saja, dan materialnya juga IPS.

Kemudian CPU-nya di sini juga ditenagai oleh chipset 64-bit MediaTek Helio P10 (CPU quad-core ARM Cortex-A53 1.5 GHz + quad-core 1 GHz dan GPU Mali-T860 MP2 pada 700 MHz), yang menurut kami sudah cukup mumpuni dengan standar nilai AnTuTu rata-rata berada di angka 50 hingga 60 ribuan (pasti penting dan menjadi ukuran kalian yang mengejar performa).

Namun menariknya, Nubia Indonesia memasukkan varian dengan RAM 4GB di sini, yang ditemani dengan internal storage 32 GB. Seperti kakaknya, ada dua slot kartu SIM nano, yang pada SIM kedua harus berbagi dengan microSD.

Selain itu, ada fingerprint pada tombol Home, OS sudah Android 7.0 Nougat, port micro-USB 2.0, dan kapasitas baterainya 3,000-mAh, yang diklaim sudah mendukung pengisian baterai secara cepat.

Sisa spesifikasi lainnya standar sebuah Android kelas menengah. Ada koneksi WiFi b/g/n/ac yang mendukung pita 5GHz dan 2.4GHz, Bluetooth 4.0, GPS dengan A-GPS yang mendukung satelit GLONASS dan BDS, dan sensor yang lengkap (Electronic compass, G-sensor, Light sensor hingga Proximity sensor).

Meskipun dengan layar dan kapasitas baterai besar, nubia M2 Lite ternyata cukup kompak lho. Lebarnya 76.7-mm, dengan ketinggian 155.73-mm, dan ketebalan hanya 7.5-mm. Beratnya juga 164-gram, tidak akan membuat kalian kerepotan mengoperasikannya dengan satu tangan dalam waktu yang lama.

Seperti Nubia M2, versi “Lite”-nya ini yang mendapat jargon “A Stylish Selfie Smartphone” oleh Nubia Indonesia, juga dijual dengan harga yang lebih murah dari negara asalnya, yaitu hanya Rp2,8 juta di Indonesia dengan pilihan warna Hitam (kombinasi emas) serta Champagne.

Menarik, karena harga aslinya di Cina mencapai Rp3.4 jutaan lho, atau setidaknya selevel dengan smartphone Cina lainnya, seperti Oppo Fis dan Vivo V5!

Semoga saja Nubia Indonesia ini tidak “jual-rugi” smartphone terbaru mereka ini, dan mereka bisa bertahan di pasar Indonesia sampai mengeluarkan nubia-nubia baru lainnya.

Seperti nubia M2 dan nubia N1 Lite, smartphone Android terbaru dari Nubia Indonesia tersebut bisa dipesan awal di toko online Nubia (store.nubia.com) dan situs jual beli online Lazada.co.id mulai 12 Mei hingga 22 Mei mendatang.