Mengejutkan! Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Xiaomi Mi6 Tidak Punya Headphone Jack

Headphone jack pada Xiaomi Mi6
sumber: Expert review

Flagship Xiaomi, Xiaomi Mi6 telah dijual 29 April 2017 lalu, dan penggemar musik banyak yang dikagetkan karena tidak adanya headphone jack pada smartphone tersebut.

Xiaomi mempublikasikan smartphone Mi generasi keenam mereka yang juga merupakan flagship mereka pada 19 April 2017 di Beijing, Cina. Smartphone tersebut seperti yang semua sudah ketahui diberi nama Xiaomi Mi6.

Xiaomi Mi6 dilengkapi dengan prosesor terkencang dari Qualcomm yaitu Snapdragon 835 yang juga menggunakan RAM 6 GB dengan berbagai pilihan kapasitas mulai dari 64 GB atau 128 GB.

Headphone jack pada Xiaomi Mi6

Tubuh dari Xiomi Mi 6 sendiri memiliki ukuran 5.72 x 2.78 x 0.30 inci yang memiliki berat 168 gram. Di sisi kamera, Xiaomi Mi6 mengggunakan sensor kamera terbaru dari Sony, yaitu Exmor RS IMX386 dengan dual-camera 12 MP. Daya tahan smartphone ini juga cukup kuat karena menggunakan baterai Li-Po yang menyimpan energi sebanyak 3350 mAh.

Namun dengan spesifikasi segitu canggihnya, Xiaomi Mi6 tidak memiliki headphone jack yang membuat orang-orang khususnya orang Indonesia bertanya-tanya. Buat kamu yang belum tahu apa itu handphone jack, cek tempat kamu memasukkan colokan headphone, headset, atau speaker kamu.

Xiaomi Mi6 vs Traktor, Ternyata Selamat! Ini Bukti Harga Rp7 Jutaan Itu Gak Kemahalan

Pengujian Anti Air Xiaomi Mi6 vs Traktor, Ini Bukti Harga Rp7 Jutaan Itu Gak Kemahalan, splashproof Xiaomi Mi6 waterproof, harga Xiaomi Mi6
Baca Juga

Lalu apa sih alasan sebenarnya pihak Xiaomi tidak menghadirkannya pada smartphone andalan mereka? Ternyata alasan mereka adalah untuk menghemat tempat dan melakukan inovasi lebih untuk smartphone mereka ke depannya, dalam hal ini mereka memperbesar baterai.

Tidak adanya headphone jack pada Xiaomi Mi6 ternyata mengikuti jejak dari produk flagship Apple yaitu iPhone 7. Apple menegaskan bahwa teknologi headphone jack sudah terlalu tua dan akan menghambat ruang inovasi.

Lalu bagaimana kita mendengarkan musik jika colokan untuk headseat atau headphone kita ditiadakan? Pihak Xiaomi memberikan keterangan sebagai berikut:

“Smartphone adalah sebuah perangkat yang terintegrasi dimana tempat adalah sesuatu yang berharga. Dengan menghilangkan headphone jack pada Xiaomi Mi6, kami memperbesar baterai. Diharapkan para pengguna bisa menggunakan USB Type-C untuk mendengarkan musik melalui headset atau headphone.”

Semenjak headphone jack pada iPhone dihilangkan, terjadi peningkatan jumlah pembelian pada Bluetooth headphone di Amerika Serikat. Lalu bagaimana dengan negara Indonesia? Apakah kita siap menerima masuk teknologi smartphone yang menghilangkan headphone jack? Tenang, karena ada alat murah yang menghubungkan headphone jack lama kamu dengan port USB Type-C yang dimiliki Xiaomi Mi6. Untungnya, Xiaomi juga memaketkan penjualan smartphone mereka ini dengan konverter khusus yang menghubungkan USB Type-C dengan headphone jack, seperti yang dilakukan Motorola dengan Moto Z.

Berikut merupakan penjelasan resmi dari Xiaomi mengenai headphone jack pada Xiaomi Mi6 yang ditiadakan. Bagaimana pendapat kamu? Apakah kamu siap menerima teknologi ini di Indonesia?

Sumber: Android Central