Lebih Murah, Xiaomi Mi6 Lite Dikabarkan Bakal Hadir dengan CPU Snapdragon 660

xiaomi mi6 lite
sumber: rancah post

Setelah Xiaomi mulai menjual smartphone unggulannya di tahun 2017, Xiaomi Mi6 pada April. Banyak yang bertanya-tanya, kapan varian Plus-nya yang diyakini memang ada sebelumnya akan muncul? Meskipun kini dikabarkan Xiaomi Mi6 Plus dibatalkan pengembangannya, muncul kabar baru mengenai versi yang lebih hemat, Xiaomi Mi6 Lite.

Ketika Xiaomi Mi6 diumumkan 19 April lalu dengan harga 2,499 Yuan (sekitar Rp4.9 jutaan, atau lebih mahal 500 Yuan (sekitar Rp1 jutaan) dibandingkan standar harga flagship Mi sebelumnya. Karena itulah banyak yang memperkirakan Xiaomi akan segera memperkenalkan varian Xiaomi Mi6 yang lebih hemat, dengan spesifikasi tidak setinggi saat ini.

Rumor ini berkembang karena Qualcomm bakal memperkenalkan beberapa chipset baru mereka yang masuk jajaran Snapdragon 6xx. Dan Xiaomi Mi6 Lite ini rumornya akan menggunakan salah satunya yang termasuk top of the line dari prosesor Qualcomm terbaru, yaitu Qualcomm Snapdragon 660.

Kabarnya yang berhembus, seharusnya hari ini, 9 Mei 2017, pabrikan semikonduktor Amerika Serikat, Qualcomm bakal mengadakan sebuah event di Beijing untuk mengungkapkan tiga chipset terbarunya, Snapdragon 660(penerus Snapdragon 650/653), Snapdragon 630 dan Snapdragon 635.

xiaomi mi6 lite
Xiaomi Mi6 (sumber: android pack)

Snapdragon 660 menjadi tipe teratas, dengan beberapa fitur yang dikabarkan antara lain ada prosesor octa-core yang terbagi dalam dua cluster, 4 core Cortex-A73 pada kecepatan 2.2GHz, dan 4 core Cortex-A53 pada kecepatan 1.9 GHz.

Fasilitas lainnya, akan ada dukungan memory terkini, LPDDR4X RAM dual-channel yang kecepatan standarnya 1866MHz, juga bisa menerima flash storage jenis UFS 2.1, serta mendukung Quick Charge 4.0 dan modem LTE X10.

Ya, pada intinya, ini Snapdragon 835 namun dengan prosesor (dan GPU tentunya) yang lebih murah. Snapdragon 660 juga dikabarkan bakal menggunakan teknologi pemrosesan Samsung 14nm LPP yang lebih kecil. Artinya, lebih efisien dan dingin dibandingkan Snapdragon 653.

Xiaomi Mi6 vs Traktor, Ternyata Selamat! Ini Bukti Harga Rp7 Jutaan Itu Gak Kemahalan

Pengujian Anti Air Xiaomi Mi6 vs Traktor, Ini Bukti Harga Rp7 Jutaan Itu Gak Kemahalan, splashproof Xiaomi Mi6 waterproof, harga Xiaomi Mi6
Baca Juga

Apakah benar Xiaomi Mi6 Lite akan disiapkan Xiaomi bersama Snapdragon 660? Kita tunggu saja kelanjutan kabar ini.

Jika memang benar, dan harganya bisa ditekan sampai pada level harga awal Xiaomi Mi5 misalnya, maka Xiaomi Mi6 Lite bisa saja menjadi favorit baru yang lebih menjanjikan dibandingkan kakaknya, yang harganya saja saat ini masih tidak menentu di Indonesia karena permainan reseller individu!