Awas! Jangan Buka Artikel Ini Jika Tidak Mau Ngiler dan Pengen Beli Zenfone Zoom S

Melalui acara Zenfinity 2017 yang digelar kemarin (16/05/18), Asus Indonesia resmi memboyong ASUS ZenFone Zoom S, yang menyasar konsumen penggemar fotografi mobile. Smartphone ini sudah dipesan di hari yang sama peluncurannya, dan dijual dengan harga Rp5.999.000. Sebelum kalian memutuskan untuk membelinya, berikut kelebihan dan kekurangan Android fotografi terbaru Asus ini.

Memang lini Zenfone 3 (seri ZE520KL, ZE550KL dan ZS570KL) sudah menjual berbagai gimmick fitur yang dicari para penggemar fotografi, namun dengan Zenfone Zoom S, Asus membawanya ke level yang lebih tinggi melalui identitas “zoom“-nya yang dicapai berkat hadirnya sensor kamera kedua, serta keseluruhan fungsi yang mengakomodir kalian yang malas membawa kamera saku + smartphone. Sebelum kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan Zenfone Zoom S, simak perbandingan spesifikasinya dengan Zenfone 3 ZE550KL berikut ini.

ZenFone Zoom S (ZE553KL) dan perbandingannya dengan Zenfone 3 varian 5.5-inchi:

  • OS: Android 6.0 Marshmallow yang di-custom melalui ASUS ZenUI 3.0 (Zenfone 3 sudah mendapatkan Android 7.0 Nougat)
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 625, octa-core ARM Cortex-A53, dengan kecepatan 2 GHz dan proses pembuata 14 nm, GPU Adreno 506 dengan kecepatan 650 MHz (sama dengan Zenfone 3)
  • Layar: 5.5-inchi AMOLED (Zenfone 3 menggunakan bahan IPS), resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel pada kepadatan 401 ppi (sama dengan Zenfone 3), berpelindung Gorilla Glass 5 (Zenfone 3 hanya Gorilla Glass 3).
  • Dimensi: 154.33 x 77 x 7.99mm (Zenfone 3 dimensinya 152.6 x 77.4 x 7.7 mm)
  • Berat: 170gram (Zenfone 3 beratnya 155gram)
  • Kapasitas Baterai: 5000 mAh mendukung fast charging, dan bisa digunakan untuk mengisi baterai gadget lain / referse charging (Zenfone 3 baterainya 3000 mAh, dan tidak fast charging, apalagi reverse charging)
  • Memory: 4GB (Zenfone 3 RAM-nya ada yang 3 GB atau 4GB)
  • Ruang Penyimpanan: 32GB / 64GB / 128GB (bisa diperbesar hingga 2TB menggunakan slot SIM kedua), disediakan 100GB space Google Drive gratis selama dua tahun (Zenfone 3 ROM-nya 32GB atau 64GB)

  • Kamera Utama: 12-megapixel dari sensor Sony Exmor RS IMX362, dengan bukaan lensa f/1.7 aparture, ukuran sensor 1/2.55″ pada focal length 25mm, ukuran pixel 1.4 µm. Juga ada kamera zoom 12-megapixel dari sensor Samsung 3M3, 56-mm focal length, untuk fungsi dual-camera. Lensanya juga mendapat perlindungan lapisan Gorilla Glass (Zenfone 3 menggunakan sensor Sony Exmor RS IMX298 dengan jarak fokal yang lebih panjang 4mm, namun tidak sepanjang lensa tele pada Zenfone Zoom S, bukaan lensa f/2.0, dan sensor yang maksimal resolusinya 16MP, juga tidak ada teknologi dual-pixel di sini. Lensanya sendiri berpelindung lapisan safir ). 
  • Kamera Selfie: 13-megapixel dari sensor Sony Exmor RS IMX214 dengan bukaan lensa f/2.0 yang mendukung opsi screen flash, atau pencahayaan tambahan melalui layar (Zenfone 3 menggunakan sensor OmniVision OV8856 dengan ukuran sensor yang lebih kecil, serta resolusi yang hanya 8MP).
  • Konektifitas dan Fitur: Bluetooth, GPS, microUSB 2.0 Type-C, 4G/LTE, WiFi, ada sensor fingerprint, speaker HiFi dengan DTS sound enhancement dan speaker 5 magnet (Zenfone 3 juga mengajukan konektifitas dan fitur yang sama)

Hebatnya Asus Zenfone Zoom S, Kameranya Profesional, Baterainya Tahan 1.5 Bulan

Hebatnya Asus Zenfone Zoom S, Kameranya Profesional, Baterainya Tahan 1.5 Bulan, harga Zenfone Zoom S Indonesia, spesifikasi Zenfone Zoom S benchmark
Baca Juga

Nama Sensor Sony Exmor Menjadi Jaminan


Menunjang fungsi utamanya sebagai sarana fotografi mobile, Zenfone Zoom S juga memilih salah satu sensor terbaru Sony. Seperti Vivo Xplay 6, kamera utama Zenfone Zoom S memilih sensor CMOS berukuran 1/2.5″ dengan resolusi maksimal 12-megapixel dari Sony Exmor RS IMX362 (peningkatan dibandingkan Exmor RS IMX298 pada Zenfone 3).

Asus mengubah posisi port audio 3.5 ke sisi bawah pada Zoom S (ada di sisi atas pada Zenfone 3). Bagian tepi Zoom S juga lebih bersih, karena garis antenanya dikembalikan ke punggung (ada di sisi atas dan bawah pada Zenfone 3).

Sensor kamera mobile terbaru Sony ini setiap pixelnya berukuran 1.4-um / micron pixel. Itu artinya, sensor kamera Zenfone Zoom S memiliki ukuran pixel 56% lebih besar dibandingkan kamera Zenfone 3, yang hanya 1.12-micron pixel. Dengan ukuran pixel yang lebih besar, maka kameranya bisa menangkap lebih banyak cahaya, dan jelas akan mendukung hasil fotonya, terutama ketika kalian menggunakannya pada kondisi minim cahaya.

Selain Berasa Seperti Ronaldo, Ini 8 Kehebatan nubia M2 yang Perlu Kalian Ketahui

Selain Berasa Seperti Ronaldo, Ini 8 Kehebatan nubia M2 yang Perlu Kalian Ketahui, harga nubia M2 Indonesia, benchmark nubia M2 price
Baca Juga

Aparture Terbesar di Kelasnya


Lebih lanjut sensor kamera utamanya juga memiliki focal length yang pendek, 25mm serta lensanya juga sangat lebar, mencapai f/1.7 bukaannya, atau setara dengan apa yang ditawarkan Samsung melalui flagshipnya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge. Bahkan solusi Asus lebih fleksibel lagi, karena ada dua sensor di punggungnya. Menemani sensor Sony, Asus menyandingkannya dengan sensor kamera Samsung 3M3, yang mampu mengakomodasi resolusi hingga 12-megapixel, dan berperan penting selama melakukan fungsi zoom-nya dengan adanya lensa tele yang jarak fokalnya jukup panjang, 56mm.

Kekuatan utama Zoom adalah kamera dan sistem fokus yang cepat. Asus menempatkan sensor RGB (color correction sensor), dual LED flash dan juga fokus laser berjajar di bawah dual-cameranya…

Fiturnya Serasa Kamera Pro


Kalian bebas memilih mau menggunakan sensor yang mana, bergantung pada kebutuhan fotografi dan kondisi obyeknya. Yang pasti sensor zoom tersebut mampu melakukan zoom optic hingga 2.3X, yang pasti cocok untuk memotret obyek yang posisinya jauh dari posisi penggunanya (zoom digitalnya sendiri mencapai 12X). Selain itu, kedua sensor juga bisa digunakan bersamaan selama merekam video, dengan maksimal merekam video 4K melalui sensor utama, dan memotret foto beresolusi 9-megapixel menggunakan kamera kedua.

Ini Alasan Zenfone Live Lebih Baik dari Asus Zoom S (yang Harganya 3x Lebih Mahal)

Ini Rahasia Kenapa Zenfone Live Lebih Baik dari Asus Zoom S (yang Harganya 3 Lebih Mahal), spesifikasi Zenfone Live benchmark, harga Zenfone Live Indonesia
Baca Juga
Langsung berasa menjadi seorang fotografer profesional?

Gimmick Teknologi Fokus Kebanggaan Asus

Asus juga menerapkan teknologi fokus yang mereka kenalkan mulai Zenfone 3, yang disebut sistem auto-fokus Asus TriTech+. Menurut klaim Asus, teknologi tersebut mencegah hasil fotonya ngeblur, hasil video yang halus dan stabil berkat dukungan electronic image stabilization dan optical image stabilization, koreksi RGB otomatis berkat hadirnya sensor khusus, ada 20 mode pemotretan, termasuk di sana mode manual untuk kalian yang sudah merasa profesional di bidang fotografi, dan semua itu dilengkapi dengan kamera selfie sebesar 13-megapixel yang menggunakan sensor Sony Exmor RS IMX214 (hanya 8-megapixel pada kamera selfie Zenfone 3).

Apakah Zenfone Zoom S layak menjadi pilihan upgrade bagi pengguna Zenfone 3 (dan Android flagship lainnya), jawabannya ada di halaman 2?