Mengintip Fitur Keren Konsol Microsoft Xbox Scorpio (yang Tidak Dimiliki PS4 Pro)

Di ranah konsol, PlayStation 4 terbukti berjaya dan sukses terjual Hampir 60 juta unit hingga tahun 2017 ini. Di sisi lain, rivalnya dari kubu Microsoft, Xbox One, hanya diketahui pasti penjualannya 3 juta unit hingga akhir 2013 lalu. Namun menurut sumber pihak ketiga, konsol Microsoft nyaris menembus penjualan 30 juta unit. Tidak heran jika banyak pemerhati konsol dunia terus menanyakan sejauh apa perkembangan penerus Xbox One, yaitu Xbox Scorpio.

Melihat jauhnya angka penjualan antara PS4 dan Xbox One, perbedaannya masih terlalu besar, dan sudah seharusnya Microsoft melakukan sesuatu untuk mengamankan posisi mereka, ketika Sony Interactive Entertainment sudah menjual versi upgrade PS4, yang disebut PlayStation 4 Pro sudah dijual awal November 2016 lalu. Karena itulah untuk mengejar ketertinggalan, Microsoft memang perlu segera mengenalkan penerus Xbox One, yang sementara ini disebut sebagai “Project Scorpio,” atau lebih familiar dengan sebutan Xbox Scorpio.

Konsol ini disebutkan bakal dirilis pada akhir tahun 2017 ini, dan mungkin Microsoft akan terlambat untuk yang satu ini, namun satu hal yang pasti, Xbox Scorpio akan menjadi konsol game terkuat walaupun baru dijual akhir 2017 nanti. Dan apa yang membuat kami lebih menyukai Xbox Scorpio, Microsoft begitu terbuka dengan apa yang mereka tawarkan.

Dari sisi spesifikasi, Xbox Scorpio dengan GPU 6 Teraflop, angka yang jauh di atas kinerja grafis PS4 Pro, dan sudah jelas menjadi yang terkuat.

Meskipun mungkin harganya akan lebih mahal dari $399 (atau sekitar Rp5.2 jutaan) pada PS4 Pro, dan mungkin, akan menjadi konsol game generasi saat ini yang termahal, namun Microsoft sudah terang-terangan pada beberapa poin kemampuan konsol mereka ini, dan berdasarkan versi purwarupanya yang banyak diekspos mereka yang sudah mencobanya, Xbox Scorpio ini merupakan konsol masa depan yang menarik untuk ditunggu karena fitur-fiturnya yang berbeda dari apa yang ditawarkan Sony. Salah satunya fitur yang sudah jamak di ranah smartphone (dipopulerkan smartphone dari Korea, LG V10 dan V20), yaitu adanya layar kedua.

Xbox Scorpio Memiliki Layar Kedua


Meskipun baru asumsi saja, namun berasarkan beberapa foto awal developer’s kit Xbox Scorpio yang dirilis April 2017 lalu, publik langsung bertanya-tanya ada apa di bagian pinggir tubuh versi purwarupa konsol ini (yang menyerupai sebuah layar). Saat itu layar mungil tersebut menunjukkan informasi yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan bakal eksis pada sebuah tubuh konsol game, seperti angka framerate dan angka lainnya yang berhubungan dengan kinerja mesin game tersebut (yang seharusnya dibutuhkan oleh para pengembang pihak ketiga dalam mempersiapkan software untuknya).

Bukan sekadar informasi yang mungkin di mata gamer PC sudah biasa, ternyata layar tersebut bisa melakukan hal yang lebih dari sekadar menunjukkan framerate, yang akhirnya menjadi satu masukan bagi Microsoft, karena gamer meminta mereka memasukkan layar tersebut untuk desain akhir Xbox Scorpio nantinya.

Berikut satu video yang dibagikan Jez Corden dari Windows Central, memperlihatkan jika layar mungil tersebut bahkan bisa digunakan untuk menampilkan video ikan lumba-lumba yang berenang.

Kata bebas diprogram itu sangat menarik, karena pengembang harusnya bisa menggunakannya untuk fungsi selain menunjukkan framerate saja. Layar tersebut memang di mata kami menjadi unjuk kebolehan kemampuan Xbox Scorpio. Selain merender grafis Ultra HD 4K pada layar televisi / monitor Ultra HD, konsol ini juga bisa memproses visual lainnya pada layar kedua. Hanya saja seharusnya bisa mewujudkan fitur gimmick keren lainnya yang berhubungan dengan gameplay permainan.

Sumber: Microsoft Project Scorpio