Suka Camping dan Hiking? Ini Android Outdoor Terkuat yang Harus Kalian Punya

Hingga saat ini smartphone yang mengedepankan ketahanan fisik sekaligus tahan air dan debu pilihannya baru di kisaran kelas flagship yang harganya tinggi. LG mencoba mengubah pandangan tersebut dengan membawa salah satu fitur flagship tersebut ke untuk segmen yang lebih padat melalui LG X Venture.

LG X Venture menjadi seri terbaru yang mengkombinasikan seri X LG yang dikenal mengajukan salah satu fitur unggulan kelas flagship untuk kelas menengah, sekaligus menarget ceruk pasar baru, mereka yang aktif dengan aktivitas di luar ruangan sampai yang hobi berpetualang naik ke pegunungan, karena memiliki daya tahan tinggi, serta ketahanan baterai maksimal.

Seri X sendiri diperkenalkan LG sejak tahun lalu. Identitas seri X berada pada salah satu fitur flagship, tentunnya, flagship milik LG, yang dibenamkan pada salah satu tipe seri X serta menjadi fitur utama yang mereka jual. Pilihan smartphone-nya masuk ke kelas menengah, dengan tujuan agar konsumen yang selama ini mengidam-idamkan merasakan fitur flagship bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Awalnya kita mendapatkan LG X Cam dan LG X Screen, yang terfokus pada dual-camera (dari LG G5) dan layar kedua (dari LG V10), dan kemudian seri ini mencoba menawarkan seri lain yang menarget preferensi individu, seperti LG X Style dengan sisi atas dan bawahnya yang sedikit melengkung, serta LG X Power yang memiliki kapasitas baterai berukuran jumbo.

LG X Venture

LG X Venture sendiri sedikit berbeda, karena kini LG menarget konsumen yang aktif, dan suka berpetualang, berkemah, naik gunung dan aktivitas outdoor lainnya yang menjauhkan mereka dari stop kontak, serta rawan membuat smartphone terancam karena deraan alam seperti efek debu dan air.

Untuk itulah, LG X Venture sudah mengantongi sertifikat IP68 untuk standar anti debu dan air, dan bahkan juga sudah sesuai standar militer Amerika Serikat MIL-STD 810G. Spesifikasinya tergolong lumayan, karena Android berlayar 5.2-inci, beresolusi Full HD 1080p dengan layar jenis IPS in-cell (yang berpelindung Gorilla Glass) ini menawarkan spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan seri X sebelumnya.

Mumpuni ini dalam arti untuk segmen menengah ya! Ada chipset Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 dengan prosesor octa-core 64-bit 1.4 GHz ARM Cortex-A53, didukung GPU Adreno 505 pada kecepatan 450MHz, kapasitas baterai 4,100mAh, memory 2GB RAM, ruang penyimpanan 32GB dan ada slot microSD.

Di sisi kamera, disediakan kamera selfie 5MP dengan lensa wide angle, kamera utama 16MP, serta langsung mejalankan Android 7.0 Nougat. Selain itu ada sensor fingerprint, teknologi pengisian baterai cepat Quick Charge 2.0, tombol khusus untuk mengakses aplikasi yang mendukung aktifitas di luar ruangan, seperti barometer, kompas, pelacak aktivitas (berapa langkah, kalori dan jarak yang sudah tercapai), manajemen olahraga, pendeteksi perubahan cuaca, senter dan juga teman setia ketika koneksi internet bermasalah, radio FM.

LG X Venture mulai dijual 26 Mei besok di Amerika Utara, ditawarkan secara kontrak dengan operator, yang harga akhirnya mencapai US $330, atau sekitar Rp4.3 jutaan. Angka yang cukup menarik mengingat smartphone ini konfigurasi perangkat kerasnya masuk kelas mengengah bawah. Namun ketika melihat fitur ketahanan fisiknya, sepertinya harga tersebut cukup masuk akal. Selain Amerika, LG juga bakal memasarkannya di Eropa, Asia, Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latik

Spesifikasi LG X Venture

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon™ 435 Processor
  • Display: 5.2-inch FHD In-Cell Touch (1080 x 1920 / 423ppi)
  • Memory: 2GB LPDDR3 RAM / 32GB eMMC ROM / Micro SD Slot (up to 2TB)
  • Camera: Front 5MP Wide Angle / Rear 16MP Standard Angle
  • Battery: 4,100mAh (embedded)
  • Operating System: Android 7.0 Nougat
  • Size: 154.0 x 75.8 x 9.29mm
  • Weight: 166.5g
  • Network: LTE / 3G / 2G
  • Connectivity: Wi-Fi 802.11 a, b, g, n, ac / Bluetooth 4.2 / NFC / USB Type-C 2.0
  • Color: Black / Brown
  • Other: IP68 Water and Dust Resistant / Fingerprint Sensor / Qualcomm Quick Charge™ 2.0 / QuickButton / Outdoor Essentials / FM Radio / GPS / Accelerometer / Digital Compass / Gyroscope / Barometer