Review Dobby Drone: Drone Mungil Perekam Video 4K

Dobby Drone adalah salah satu produk dari Zerotech yang beberapa waktu lalu dirilis secara resmi. Teknosaurus sudah melakukan pengetesan terhadap produk ini dan akan memberikan kamu hasil review-nya.

Kalian Perlu Tahu, Ini Manfaat Drone yang Dianggap Paling Revolusioner

Manfaat drone sering dipertanyakan. Namun, setelah Lindbergh Institute melakukan kerja sama dengan Neurala, drone tidak akan dianggap remeh lagi.
Baca Juga

Sebagai salah satu produk yang belum banyak diketahui oleh massa, Dobby Drone adalah nama dari jenis drone yang dikeluarkan oleh perusahaan asal Cina, dan sudah didistribusikan mulai awal April 2017 kemarin. Saya dari tim Teknosaurus memiliki kesempatan untuk menguji coba drone ini secara langsung.

1

Bentuk Bodi dan Hardware


Dobby Drone

Dobby Drone merupakan sebuah pocket drone mungil yang tujuan utamanya adalah untuk melakukan selfie ataupun wefie. Dengan ukurannya yang hanya 135mm x 145mm x 36.8mm dengan berat 199 gram, kamu bisa memegang drone ini dengan satu genggaman tangan saja selayaknya memegang smartphone. Jika dalam mode penerbangan, kamu bisa menggunakan pelindung baling-baling agar tidak sampai memberikan kerusakan signifikan pada komponen baling-baling tersebut jika tertabrak.

Zerotech memang merancang Dobby sedemikian rupa agar bisa masuk ke kantong celana. Maka dari itu tak heran jika kamu tidak perlu menggunakan tongkat selfie atau tongsis untuk melakukan selfie/wefie. Please deh, sekarang kan sudah jaman modern!

Dobby Drone

Percaya atau tidak, Dobby menggunakan Qualcomm Snapdragon processor, sebuah processor yang digunakan pada banyak flagship smartphone seperti Samsung Galaxy S8 ataupun Xiaomi Mi 6. Dobby dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 801 quad-core 2.3 Ghz, RAM 2 GB, GPU Adreno 330, serta dengan baterai 970mAh.

2

User Interface


Dobby Drone

Drone ini memiliki sistem pengendalian yang unik. Kamu tidak akan mendapatkan remote control ataupun alat lain untuk menggerakkannya. Ya, kamu hanya cukup menggunakan smartphone untuk menerbangkannya setinggi maksimal 100 meter.

Dengan mengunduh aplikasi Do.Fun pada Play Store maupun App Store, kamu sudah bisa mendapatkan akses untuk menggerakkan alat ini. Tinggal menghubungkan Wi-Fi dari smartphone kamu ke Wi-Fi yang sudah ada di Dobby Drone. Password default-nya adalah “zerotech”.

Karena memang drone ini ditujukannya adalah bukan untuk para profesional, maka dalam pengoperasiannya kamu tidak butuh keahlian khusus karena sangat mudah untuk menggerakkannya. Terdapat dua jenis arah dalam mengendarai Dobby. Kamu bisa menggerakknya ke atas dan ke bawah dan juga ke segala jenis arah: depan, belakang, kiri, dan kanan.

Dobby Drone

Akan tetapi kamu harus ingat, ini bukan drone balapan ya. Jadi kendalikan dengan hati-hati, kalau bisa pencet sedikit sedikit saja jangan sambil ditahan karena nanti jika drone terbang ke suatu arah dengan cepat makan akan lebih susah dikendalikan dan lebih rawan untuk dikendalikan.

3

Kamera


Dobby Drone

Kamera yang digunakan pada drone ini memiliki ukuran lensa 28mm dengan sudut pandang pengambilan 75o. Selain itu sensor kameranya berukuran 1/3,06 inci dan mampu menangkap gambar hingga 13 juta piksel. Walaupun kecil, jangan remehkan kemampuannya karena untuk foto bisa menghasilkan resolusi 4208×3120 piksel. Sedangan untuk merekam video kamu bisa merekam dengan resolusi mencapai 4K (yang mana sangat mungkin mengingat prosesornya mendukung).

Saya sempat kaget karena foto yang dihasilkan oleh Dobby terlihat buruk dan pecah ketika dilihat pada aplikasi Do.Fun dan tidak semua foto tersimpan. Namun ternyata foto dan video yang saya tangkap tersimpan dalam memori perangkatnya langsung. Sehingga saya harus menghubungkan Dobby dengan laptop saya. Alhasil, gambar dan videonya sangat memuaskan. Berikut merupakan hasil gambar dan video rekamannya:

Dobby Drone Dobby Drone Dobby Drone

4

Baterai

Kekurangan satu-satunya yang munkin bisa saya dapatkan dari perangkat ini adalah baterainya. Ya, baterai dari Dobby Drone sangat boros. Walau baterai dari Dobby memiliki kapasitas 970mAh, namun hanya diterbangkan 25 menit baterai sudah menunjukkan 10-20% sehingga membuat saya takut untuk melanjutkan pengoperasiannya.

Saya sarankan kalian untuk membeli baterai cadangan ketika ingin bermain dan melakukan selfie/wefie lebih lama dengan drone mungil ini. Karena kamu tidak akan puas dengan hanya membawa satu baterai saja.

5

Kesimpulan

Dobby Drone

Secara keseluruhan, Dobby Drone sangat bagus untuk melakukan selfie/wefie di tempat-tempat yang tidak terjangkau. Bodinya yang ramping juga membuatnya sangat mudah untuk dibawa dan tidak merepotkan. Akan tetapi kekurangan yang saya dapatkan adalah untuk mengendalikannya. Kamu harus sangat berhati-hati agar tidak terjatuh. Apalagi bagi yang masih awam dengan drone, kemungkinan besar belum paham cara mengendalikannya.

Selain itu karena harganya yang menyenggol angka Rp6 juta, maka jangan menjadikan alat ini sebagai kebutuhan pokok, kecuali jika kamu hobi berjalan-jalan atau travelling dan ingin mengabadikan momen-momen indah dengan arah bidikan kamera dari atas (yang menurut saya sangat langka dan worth it).

Jika kamu tertarik ingin membelu Dobby Drone, kamu bisa langsung saja membelinya melalui Halo Robotics.