5 Fakta tentang Power Bank yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

power bank
easyacc.com

Power Bank itu sekarang jadi aksesoris wajib bagi para pengguna perangkat mobile, tablet ataupun ponsel, kalau kamu tidak mau panik cari colokan listrik ataupun cari pinjaman charger setiap 2-4 jam sekali.

Namun, ternyata ada beberapa fakta tentang yang mungkin belum kamu ketahui, yang sebenarnya bisa sangat berguna bagi para pengguna perangkat mobile.

Ini Trik Qualcomm Membuat Quick Charge 4+, Adem dan Nggak Sampai Overheat

Ini Trik Qualcomm Membuat Quick Charge 4+, Adem dan Cepat Mengisi Baterai Gadget, prosesor Qualcomm terkencang, CPU Qualcomm tercepat
Baca Juga

5 fakta yang saya tuliskan di sini saya kutip dari informasi Matti Naskali, yang merupakan mantan Head Engineer dari Nokia Jepang.

1

Maksud dari Kapasitas Power Bank itu apa?

Mungkin sudah ada beberapa orang yang sudah tahu soal ini namun, karena hal ini penting, tidak ada salahnya saya membagikannya di sini.

Setiap power bank pasti menuliskan kapasitasnya dalam satuan mAh. Angka tersebut menggunakan satuan yang sama dengan kapasitas baterai yang ada di tablet ataupun ponsel.

power bank
Samsung

Jadi, jika misalnya kamu punya tablet Samsung Tab S 8,4 inci yang berkapasitas 4900mAh, kamu butuh power bank yang setidaknya memiliki kapasitas yang sama atau malah lebih besar.

Kalau power bank kamu hanya 4000mAh, kamu tidak akan bisa mengisi baterai tablet tersebut sampai penuh hanya dengan 1x charge. Karena, tablet kamu punya kapasitas baterai yang lebih besar ketimbang power bank nya.

2

Seberapa Awetkah Sebuah Power Bank?

Baterai lithium-ion yang ada di power bank ataupun di ponsel ataupun tablet kita pasti akan menurun kapasitasnya cepat atau lambat. Umumnya, antara 200 – 1000 siklus (cycle) tergantung dari kualitas baterai dan komposisi kimianya.

power bank
Apacer

Siklus atau cycle itu maksudnya apa? 1x siklus tadi dihitung dari kondisi baterai 100% menjadi 0%. Jadi, sebisa mungkin jangan sampai menghabiskan baterai ponsel kamu sampai 0%. Isi baterai power bank, ponsel, ataupun tablet, sebelum mencapai 0% supaya lebih awet.

3

Kenapa ada Power Bank yang Lama Penuhnya?

Hal ini sebenarnya kembali lagi ke berapa besar kapasitasnya. Pasalnya, semakin besar kapasitasnya, semakin lama juga ia butuh waktu untuk penuh.

Misalnya, power bank yang memiliki kapasitas sebesar 20000mAh, bahkan bisa butuh waktu sampai 40 jam di-charge sampai penuh.

Kalau kamu ingin nge-charge dengan lebih cepat, kamu harus cari produk yang punya input yang lebih besar dari 5V (yang biasanya butuh dicolokkan langsung ke colokan listrik di dinding dengan charger AC).

4

Cara paling Cepat dan Efisien Mengisi Baterai

Berhubung power bank juga bisa habis baterainya, kamu tidak bisa menggunakan kebiasaan yang sama seperti saat nge-charge langsung ke colokan listrik. Pasalnya, kamu juga tidak mau sampai ia kehabisan baterai di saat yang sama dengan ponsel kamu.

Karena itu, untuk menghemat dan mempercepat waktu pengisian baterai, kamu bisa mengeset ponsel kamu ke Flight ataupun Airplane Mode. Kenapa? Karena saat di mode tersebut, ponsel kamu hanya dapat menjalankan sejumlah fungsi dasar saja yang berarti ponsel kamu juga membutuhkan energi yang lebih sedikit untuk terus menyala.

5

Jangan Isi Baterai sampai Penuh Pakai Power Bank

Kenapa? Karena, faktanya, ponsel kamu tetap akan menggunakan energi setiap detik meskipun saat di-charge. Ketika baterai ponsel atau tablet kamu mencapai kapasitas 80-90%, arus listrik yang masuk ke baterai akan dikurangi perlahan-lahan, saat semakin mendekati 100%.

Padahal, bisa saja ponsel tersebut tetap sibuk di kondisi tadi, update aplikasi, notifikasi media sosial, dan sejumlah aktivitas lain yang menguras baterai. Karena itu, efisiensi energi listrik yang masuk ke baterai ponsel dari power bank jadi menurun drastis di kondisi ini.

Misalnya saja seperti ini, anggap saja kamu sedang ingin bepergian dan kamu hanya bisa membawa satu koper. Mengisi koper sampai dengan 80-90% kapasitas maksimalnya itu lebih mudah ketimbang mengisinya sampai 100% kapasitas koper, karena sisa ruang-ruangnya kadang tidak pas dengan barang yang ingin kamu bawa.

Sumber: Tespack