Rangkuman Apple WWDC 2017

Ajang WWDC (Worldwide Developers Conference) selalu yang ditunggu oleh para Apple fanboy atau malah Apple hater (buat diolok-olok? Hahaha…)

Namun mungkin kamu tidak kuat begadang atau bermasalah dengan kuota internet jadi tidak bisa menonton Live Streaming-nya secara penuh. Karena itu, saya akan merangkumkan beberapa poin penting yang dibahas di WWDC 2017 kali ini.

1

iMac Pro dan Upgrade Desktop

iMac akan memiliki seri Pro dengan layar 5K, sistem pendinginan yang lebih baik, 8-core prosesor Xeon (yang dapat di-upgrade jadi 16-core), SSD berkapasitas 4TB, memori EEC 128GB, 4 port Thunderbolt 3, dan Ethernet 10GB.

imac pro
Apple

Selain mengenalkan seri Pro baru tadi, Apple juga akan mengupgrade hardware seri iMac sesuai dengan lini terbaru prosesor Intel, generasi Kaby Lake.

Selain itu, iMac generasi baru juga akan dilengkapi dengan teknologi Retina display yang lebih baik, chip grafis yang lebih bertenaga, dan USB-C.

Lini desktop ini juga akan memiliki chip grafis yang mendukung kreasi konten VR.

Soal harga, iMac baru akan dibanderol dengan harga USD 1.099 (sekitar Rp14,6 juta ketika artikel ini ditulis) untuk model 21,5 inci dan USD 1.299 (sekitar Rp17,2 juta) untuk seri 4K nya. Sedangkan iMac Pro akan dijual di harga USD 4.999 (sekitar Rp66,4 juta).

Penting dicatat, harga di atas merupakan harga rekomendasi resmi dari Apple. Jadi, mungkin harganya berbeda saat tersedia di Indonesia nanti.

Bagaimana iOS 11 Bisa Mengubah Total iPhone

Apple pasti memberikan sesuatu yang baru dalam perangkat iPhone mereka. Kali ini, Teknosaurus siap membahas mengenai bagaimana iOS 11 bisa mengubah iPhone.
Baca Juga
2

Update iOS 11

Dari semua informasi yang diungkap di WWDC kali ini, saya pribadi paling suka dengan update Siri yang akan memiliki percakapan yang lebih lengkap, kemampuan menerjemahkan kalimat jadi berbagai bahasa, dan mampu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan di iPhone ataupun iPad kamu.

iMessages juga akan disinkronisasi langsung (live) di iCloud dan kamu juga bisa menghapus semua riwayat percakapan yang tersingkronisasi tadi langsung dari perangkat yang memiliki akun yang sama.

Satu hal lagi yang menarik adalah sistem pembayaran antar individu melalui iMessage meski nampaknya hal ini mungkin tidak akan terlalu relevan untuk pengguna Indonesia.

3

Kemampuan Multitasking Baru untuk iPad

Di iPad, iOS 11 akan memiliki sistem multitasking yang lebih baik yang mengijinkan para penggunanya menggunakan beberapa aplikasi berbeda dengan lebih mudah, seperti yang sudah biasa kamu lakukan di MacBook atau semacam fungsi Alt-Tab di Windows.

ipad multitasking
theverge.com

Apple Pencil juga tidak luput dari upgrade karena semua hasil tulisan tangan (handwriting) kamu bisa di-search (atau dimasukkan ke dalam indeks pencarian). Apple mengklaim bahwa hal ini dapat terjadi berkat teknologi “deep learning” yang dapat mengenali tulisan tangan.

Ada juga aplikasi Files (semacam File Manager atau File Explorer) yang diklaim akan memudahkan pengguna dalam mencari ataupun mengatur file, seperti yang sudah bisa dilakukan di desktop ataupun laptop.

4

Augmented Reality untuk iPhone

Di kesempatan yang sama, Apple juga memperkenalkan ARKit baru yang mengijinkan pengembang membangun aplikasi augmented reality. Perangkat lunak baru ini dapat mendeteksi dataran, pergerakan, mengkalkulasi ukuran objek, ataupun cahaya ruangan.

Tanpa teknologi ini, sebuah ponsel butuh komponen tambahan seperti HoloLens dari Microsoft untuk mendapatkan hasil yang optimal namun Apple nampaknya ingin agar komponen tambahan tadi tidak lagi diperlukan karena sudah terintegrasi di dalam iPhone baru mereka.

5

iPad Pro

iPad Pro baru nanti akan tersedia dalam 3 ukuran, salah satunya adalah model 10,5 inci yang dikenalkan di WWDC 2017 kali ini.

iPad Pro baru juga akan dilengkapi dengan kamera 12MP, seperti iPhone 7, dengan kamera swafoto 7MP. Ia juga akan mendapatkan dukungan USB 3.0 dan daya tahan baterai 10 jam.

ipad pro
theverge.com

Ada juga fitur baru bernama ProMotion yang dapat mengurangi latency Apple Pencil jadi 20ms. Teknologi ini dapat secara otomatis menyesuaikan refresh rate layar sesuai dengan apa yang ada di layar (video atau gambar).

iPad Pro model 10,5 inci akan tersedia dalam konfigurasi 64GB di banderol harga USD 649.

6

MacOS Baru Bernama High Sierra

Versi selanjutnya dari MacOS akan bernama High Sierra dan sistem operasi ini akan memiliki Safari yang bisa menonaktifkan site tracker dan video auto-play.

high sierra
techcrunch.com

High Sierra juga akan memberikan software pengolah foto baru (yang mungkin berguna bagi yang tidak punya Photoshop).

Dari sisi grafis, ada Metal versi kedua , dukungan untuk VR, dan Metal 2 developer kit yang bisa kamu pesan dengan GPU AMD untuk mengatur aplikasi buat eksternal grafis.

Sumber: Apple