6 Alasan Kenapa Main Game Pakai Emulator Android di PC itu Lebih Asyik

emulator android
Warner Bros. Interactive Entertainment

Emulator Android itu apa? Emulator itu adalah program yang dijalankan di satu sistem operasi untuk mengemulasikan sistem operasi lainnya. Misalnya, seperti yang akan saya bahas di sini adalah emulator Android untuk sistem operasi Windows.

Kian tahun, perangkat Android memang kian canggih. Game-gamenya pun semakin bervariasi. Meski begitu, ada beberapa masalah yang masih belum dapat diselesaikan perangkat Android untuk menobatkan dirinya sebagai perangkat gaming paling ideal.

Review King’s Raid: Game Asik buat Para Otaku

Kalau kamu penggemar RPG, anime, ataupun tidak terlalu suka judi gacha, King's Raid akan jadi kawan setia baru kamu.
Baca Juga

Karena itu, salah satu solusinya adalah menggunakan PC untuk bermain game dengan menggunakan emulator.

Mari kita lihat apa saja keunggulan yang bisa ditawarkan kalau kamu bermain game menggunakan emulator Android di PC.

1

Ga Perlu Pusing Baterai

Masalah utama yang mungkin masih akan lama sekali ditemukan solusinya adalah soal sumber daya perangkat mobile. Perkembangan performa ponsel dan tablet dari tahun ke tahun jauh lebih cepat ketimbang perkembangan teknologi suplai daya alias baterai.

Apalagi perangkat Android kamu bekerja lebih keras saat digunakan bermain game. Makanya, baterainya pun akan semakin boros karena perangkat tersebut butuh lebih banyak daya saat menjalankan game.

android emulator baterai
lifehack.org

Kalau kamu bermain game di desktop, masalah suplai daya tadi akan lenyap seketika (meski mungkin akan diganti dengan masalah tagihan rekening listrik yang bengkak tiap bulan kwakwakakawka…)

Laptop sebenarnya juga memiliki masalah suplai daya karena sama-sama pakai baterai tapi setidaknya, seringnya, laptop itu bukan alat komunikasi utama kita.

Baterai ponsel habis berarti kamu tidak bisa terima telepon, pesan ojek online, ataupun berbagai kegiatan online lainnya yang lebih cepat diakses lewat ponsel ketimbang laptop.

2

Performa yang lebih Kencang

Ponsel dan tablet Android memang sudah kencang-kencang di jaman sekarang namun tetap saja PC, desktop ataupun laptop, masih lebih superior dari aspek performa komputasi.

Misalnya saja seperti ini, laptop rilisan tahun 2017 seharga Rp4 jutaan dapat dipastikan lebih kencang daripada ponsel pintar yang dirilis di tahun dan kisaran harga yang sama.

emulator android laptop
asus.com

Bahkan laptop atau desktop rilisan 8 tahun yang lalu sekalipun masih cukup kencang untuk memainkan game-game Android sekarang ini.

Karena itu, kalau kamu sudah punya PC, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan dana berlebihan untuk beli ponsel atau tablet untuk bermain game.

3

Kendali Permainan yang lebih Ideal

Platform PC memang paling variatif soal pilihan kendali permainan sejak dahulu kala. Dengan menggunakan emulator Android, kamu bisa pakai mouse dan keyboard ataupun gamepad untuk bermain game.

emulator android
digitaltrends.com

Sedangkan di perangkat Android, kendali permainan utama ada di layar sentuhnya yang bisa jadi licin saat tangan berkeringat dan juga bisa menutupi layar (khususnya kalau jempol kamu berukuran besar).

4

Layar lebih Besar

Sekecil-kecilnya layar laptop atau desktop kamu, ia tetap saja lebih besar daripada sebagian besar perangkat Android yang ada di pasaran sekarang.

Dari sisi estetika, kamu bisa bermain game-game Android bergrafis manis lebih puas karena layarnya lebih lebar.

Layar yang lebih besar juga menawarkan kelebihan praktis karena permainan kamu jadi bisa lebih baik di layar besar.

android emulator moba
Super Evil Megacorp

Misalnya game-game MOBA Android, seperti Vainglory, Mobile Legends, ataupun Mobile Arena menampilkan banyak informasi di layarnya. Dengan layar yang lebih besar, kamu bisa membaca banyak informasi di layar dengan lebih cepat dan lebih baik.

5

Ruang Penyimpanan lebih Lega

Game-game Android yang keren-keren sekarang ini biasanya juga butuh ruang yang lebih besar. Padahal kapasitas storage perangkat Android kamu itu sangat terbatas, apalagi tidak semua game Android itu bisa diinstal di external storage. 

Di laptop modern sekarang ini, kapasitas storage terkecilnya saja biasanya sudah mencapai 500GB. Apalagi, kalau kamu pakai desktop, kamu bahkan bisa menjejalkan lebih dari 4 HDD / SSD sekaligus.

android emulator storage
tested.com

Dengan begitu, ponsel dan tablet kamu bisa punya ruang yang lebih besar untuk koleksi lagu, foto, ataupun video.

6

Fitur Tambahan dari Emulator

Fitur-fitur tambahan yang saya maksud di sini bisa dibilang penting atau tidak penting tapi bisa jadi kamu butuhkan.

Misalnya, banyak emulator Android yang sudah di-root. Ada juga fungsi Macro Recording di sejumlah emulator yang bisa sangat memudahkan permainan. 2 fitur tadi mungkin memang tidak penting buat semua orang, tapi saya pribadi sangat butuh itu.

android emulator memu
memuplay.com