Kemco: Spesial Buat Kamu yang Kangen JRPG dan Game Offline

kemco
Alphadia Genesis

Saya yakin banyak gamer mobile yang rindu dengan judul-judul JRPG legendaris seperti seri Suikoden, Breath of Fire, Wild Arms, dan kawan-kawannya yang menyuguhkan cerita mendalam dan begitu berkesan.

Selain itu, meski ada jutaan game yang bisa dimainkan di perangkat mobile, sebagian besar game-game tersebut harus dimainkan secara online.

Bosan di PlayStation, Lihat Cantiknya Game Atelier Terbaru untuk iOS dan Android

Dari PlayStation ke Handphone, Lihat Cantiknya Game Atelier Terbaru di iOS dan Android, download Atelier Online APK, APK Atelier Online MOD
Baca Juga

Kalau kamu seperti saya yang suka dengan JRPG dan game offline, Kemco akan jadi kata kunci baru yang bisa kamu gunakan saat ingin mencari game-game baru di Play Store ataupun iTunes.

Sebenarnya Kemco memang sudah cukup lama bermain di perangkat mobile, baik Android ataupun iOS. Namun berhubung Play Store dan iTunes memang lebih suka mempromosikan game-game Free-to-Play di halaman utamanya, nama Kemco tenggelam dan hanya diketahui oleh gamer-gamer yang memang fanatik JRPG.

Padahal, Kemco menawarkan game-game berkualitas yang kelebihannya, menurut saya, jarang ditemukan di game-game mobile lainnya. Apa saja sih kelebihan yang disuguhkan oleh game-game rilisan publisher Jepang yang satu ini?

1

Plot Cerita

Kemco
Asdivine Hearts

Saya sudah memainkan sekitar belasan ribu game mobile, Android khususnya, dan satu aspek yang sangat jarang diperhatikan di game-game mobile adalah soal plot ceritanya.

Jangankan soal plot cerita, tidak sedikit juga game-game yang bahkan tidak terlalu peduli pada permasalahan bahasa yang digunakan.

Kemco menawarkan keistimewaan di aspek ini dengan merilis game-game yang memiliki plot cerita yang kompleks dan begitu berkesan. Lebih hebatnya lagi, ada sejumlah game-gamenya Kemco, seri Asdivine misalnya, yang bahkan punya multiple-endings alias akhir cerita yang berbeda-beda, tergantung dari keputusan yang kamu pilih.

2

Bisa Dimainkan Offline

Kemco
Djinn Caster

Inilah kelebihan kedua yang ditawarkan di semua game-gamenya Kemco. Semua game yang dirilis Kemco bisa dimainkan tanpa perlu terhubung dengan koneksi internet.

Di satu sisi, hal ini berarti semua gamenya bertipe Singleplayer, yang mungkin bisa jadi kekurangan untuk sejumlah gamer.

Namun, hal ini juga berarti kamu tidak perlu khawatir tentang paket data, kuota internet, ataupun bermain game di lokasi-lokasi yang susah sinyal akses data.

Saat saya di perjalanan, baik di kereta, pesawat, ataupun bus, saya pasti bermain gamenya Kemco karena saya tidak perlu khawatir dengan koneksi 3G yang putus-nyambung. 

3

Harganya Murah

Kemco
Legend of Ixtona

Sebagian besar game-gamenya memang premium, bukan Free-to-Play. Namun demikian, jika dibandingkan dengan game-game rilisan Square Enix, yang sama-sama offline dan JRPG, game-gamenya Kemco jauh lebih murah.

Chaos Rings III dari Square Enix misalnya dibanderol dengan harga Rp279.000, saat artikel ini ditulis. Sedangkan game-gamenya Kemco dibanderol dengan kisaran harga Rp3.000 – Rp48.000.

Yup, Rp3.000! Harga tersebut memang biasanya ditemukan hanya pada saat promosi besar-besaran namun saya pribadi paling sering mendapatkan harga di Rp12.000 karena saya cukup rajin mengecek harga di Play Store.

Dibanding dengan game-game Free-to-Play (FTP) sekalipun, game-gamenya Kemco juga bisa dibilang lebih murah. Kenapa? Karena kamu bebas bermain hanya dengan satu kali membayar.

Kebanyakan game-game FTP sekarang ini pasti menentukan batasan waktu bermain dengan sistem Stamina, Energy, atau apapun istilah yang digunakan.

Game-game mereka, meski premium, juga menawarkan In-App Purchase (IAP)Namun, di sini, kamu bisa jauh lebih mudah menahan diri untuk tidak merogoh kantong untuk itu karena memang sistemnya tidak dibuat seperti kebanyakan game-game FTP yang lebih agresif dalam memancing pembelian IAP.

4

Aspek Dasar yang Tak Kalah Hebat

Kemco
Revenant Saga

Tentu saja, game-gamenya Kemco tidak hanya hebat di 3 aspek yang saya sebutkan tadi. Di aspek gameplay dan grafis, mereka juga menyuguhkan kualitas yang terbaik di kelas mobile. 

Meski memang, kebanyakan dari game-game mereka masuk ke kategori turn-based JRPG. Sepengetahuan saya, baru ada 1 judul game yang masuk ke kategori Action RPG, yaitu Djinn Caster

5

Penutup

Kemco
Asdivine Heart

Satu hal yang mungkin perlu saya luruskan, artikel ini bukan hasil bayaran ya… wkwkwkwk…

Saya hanyalah salah satu dari fans berat dari publisher hebat ini dan berharap ada lebih banyak pemain yang tahu dan mencoba game mereka. Sehingga, siapa tahu ada banyak publisher lain yang terinspirasi dari kehebatan Kemco.