Ini Cara yang Dilakukan HMD Membuat Kalian Otomatis Berpaling ke Nokia 9

Nokia telah kembali melalui Nokia 6, dan mereka juga bersiap dengan beberapa tipe Android lainnya. Sayangnya, semuanya itu masih masuk kelas menengah. Tipe termahalnya yang dikabarkan akan disebut Nokia 9 kembali tersorot setelah diketahui spesifikasinya bakal IMBA dengan smartphone Android lain di kelasnya.

Yup, bakal IMBA ketika benar Nokia bisa memenuhi ekspektasi serta menjualnya tahun ini, ketika mayoritas flagship merek terkenal masih saja berkutat dengan memory RAM 4 GB. Sebelumnya diketahui berdasarkan data hasil benchmark AnTuTu Nokia 9 bakal menggunakan kombinasi RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 64 GB sebagai standar.

Namun bocoran baru yang muncul dari data dokumen Federal Communications Commission (FCC), atau komisi penyiaran Amerika Serikat (semacam Ditjen Postel di Indonesia), memperlihatkan jika Nokia 9 saat ini sudah mengalami perubahan kode angka sertifikasi, dari TA-1004 (sesuai dengan data benchmark yang kami ulas sebelumnya) menjadi TA-1012. Perubahan kode tersebut bukan tanpa alasan, karena bisa jadi spesifikasi yang akan dijual nantinya berbeda dari sebelumnya.

Versi Arte Black Dijual, Inikah Nokia 6 Garansi Resmi yang Sudah Lama Ditunggu?

Versi Arte Black Dijual, Inikah Nokia 6 Garansi Resmi yang Sudah Lama Ditunggu? Harga Nokia 6 price, benchmark Nokia 6 benchmark, spesifikasi Nokia 6
Baca Juga

Ketika sebuah smartphone memasuki masa pengujian untuk mendapatkan sertifikat atau ijin peredaran di sebuah wilayah, perubahan pada kode angka tersebut bisa berarti banyak. Untuk kasus Nokia 9 ini, tampaknya HMD Global selaku produsen dan pemegang merek Nokia saat ini paham, mereka bakal susah berkompetisi di kelas flagship ketika menjual Nokia 9 dengan memory RAM hanya 4GB saja.

Angka tersebut sudah jamak kita temui saat ini, bahkan di kelas menengah sekalipun. Bisa jadi karena alasan itulah, ada kabar jika HMD memutuskan untuk membatalkan saja Nokia 9 dengan kapasitas memory 4 GB. Perubahan ini akhirnya menghapus kode angka sertifikat FCC TA-1004, dan kini diwakili hanya dengan TA-1012, yang saat ini diduga untuk varian dengan RAM 6 GB dan 8 GB.

Selain menggunakan chipset Qualcomm terkencang saat ini, Snapdragon 835, beberapa data bocoran spesifikasi Nokia 9 sebelumnya melalui hasil tes Geekbench menyebutkan jika smartphone ini bakal hadir dengan versi RAM 4 GB, 6GB dan 8GB. Kemungkinan besar HMD membatalkan versi 4 GB tersebut.

Selain penggunaan prosesor Snapragon 835, hal lainnya memang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Namun banyak yang meyakini dimensi layarnya 5.3 dan 5.7 inci, menggunakan resolusi Quad HD, kombinasi kamera utama 13MP dan kamera swafoto 13MP, yang menjadikannya pilihan menarik untuk fotografi, apalagi jika benar seperti rumor sebelumnya bakal menggunakan lensa Zeiss dan kombinasi kamera PureView.

Sebelumnya juga beredar bocoran foto yang diduga smartphone unggulan Nokia ini, namun kamera utamanya menggunakan konfigurasi dual-camera, satu dengan sensor warna, dan satunya sensor monokrom. Selain itu, sensor pemindai bola mata juga dikabarkan bakal diterapkan untuk flagship Nokia ini, dan menjadi teknologi yang saat ini baru diklaim hadir melalui Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 7. USB Type-C juga menjadi port standar, termasuk di sana, mempertahankan koneksi audio tradisional menggunakan port 3.5mm.

Menjelang Nokia 3 Dijual di Indonesia, Spesifikasi Nokia 9 Kembali Menggoda

Menjelang Nokia 3 Dijual di Indonesia, Spesifikasi Nokia 9 Kembali Menggoda, benchmark Nokia 9, harga Nokia 9 price, Nokia 9 spec
Baca Juga

Kabar lainnya, smartphone produksi HMD ini nantinya bakal menjadi yang pertama menerapkan teknologi audio baru HMD, yang disebut OZO spatial, yang diklaim memberi pendengar distribusi yang lebih akurat dari suara yang dihasilkan selama perekaman. Fitur ini memungkinkan Android Nokia nantinya merekam audio melalui beberapa mikrofon sekaligus. Jika tipikal smartphone memiliki setidaknya dua mikrofon (satu untuk noise cancellation), maka Nokia 9 ini dirumorkan akan memiliki tiga mikrofon.

Sisa spesifikasi Nokia 9 lainnya, seperti langsung menjalankan Android 7.1.2 Nougat, sertifikat Ingress IP68 untuk anti debu dan air, kapasitas baterai 3800mAh dan teknologi pengisian baterai fast charging Quick Charge 4.0. Pada hasil benchmark lainnya, konfigurasi hardware Nokia 9 ini juga tercatat mampu menandingi Huawei Mate 9 (Kirin 960), Galaxy S8 dan Galaxy S8+ (Snapdragon 835), dan iPhone 7 Plus yang diperkuat chipset Apple A10.

OPLover Pasti Nangis Ketika Tahu Fakta OnePlus 5 yang Satu Ini

OPLover Pasti Nangis Ketika Tahu Fakta OnePlus 5 yang Satu Ini, harga OnePlus 5 price, benchmark OnePlus 5 benchmark, jual OnePlus 5 Indonesia
Baca Juga

Jika benar Nokia 9 bakal dijual dengan pilihan kapasitas memory paling lega tahun ini, apakah kalian lebih berminat menantikannya, dibandingkan OnePlus 5 yang juga mengajukan kapasitas memory yang sama?

Sumber: Data FCC