Pengen Main Game PC di Android? Pakai Aplikasi Ini!

main game pc di android
Deus Ex Human Revolution jadi bisa dimainkan di Android

Main game Android di PC itu sekarang mudah karena sudah banyak emulator hebat yang bisa digunakan. Namun, bagaimana dengan sebaliknya, bisakah bermain game PC di Android? Bisa!

Sebenarnya hal ini memang bukan teknologi baru karena sebelumnya kamu bisa menggunakan NVIDIA Shield untuk streaming game PC di perangkat Android.

Namun, untuk bisa melakukan itu, kamu harus membeli NVIDIA Shield K1 yang bisa dibilang tidak murah (sekitar Rp4 jutaan).

6 Alasan Kenapa Main Game Pakai Emulator Android di PC itu Lebih Asyik

Emulator Android dapat mengatasi sejumlah masalah yang terjadi saat kamu bermain game di ponsel ataupun tablet. Apa sajakah keunggulannya?
Baca Juga

Sekarang, kamu sudah bisa streaming game PC di banyak perangkat Android selain NVIDIA Shield dengan satu aplikasi yang bernama Moonlight.

Sayangnya, tetap ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk bisa bermain game PC di Android.

Pertama, karena Moonlight merupakan versi open-source dari NVIDIA Gamestream, PC kamu juga harus pakai GPU NVIDIA, lebih tepatnya NVIDIA GeForce GTX 600 ke atas. GPU NVIDIA seri GT dan GPU AMD tidak bisa menggunakan fitur ini.

Sama juga dengan persyaratan NVIDIA Shield, kamu juga harus menginstal GeForce Experience 2.1.1 atau yang lebih baru di PC. PC kamu juga harus diinstal Chrome dan Java 8 (atau lebih tinggi). Lebih ideal juga jika PC kamu mendukung hardware-accelerated H.264 decoding.

Selain itu, perangkat Android kamu harus berbasis JellyBean (4.1) atau yang lebih baru. Spesifikasi jeroan perangkat kamu juga harus mumpuni. Semakin baru dan semakin kencang perangkat Android kamu, semakin baik pula ia akan menjalankan game PC tanpa gangguan.

Terakhir, baik PC dan perangkat Android kamu harus terhubung di satu jaringan yang sama.

Untuk informasi yang lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi Moonlight. Oh iya, pengguna iOS juga sebenarnya bisa menggunakan fitur ini karena sudah ada aplikasi Moonlight untuk iOS.

Ribet amat sih!!” Wkwkwkw… Sebenarnya tidak juga. Saya hanya ingin memastikan informasinya cukup lengkap di artikel ini agar tidak menyesatkan.

Saya sendiri mencobanya tidak sampai 5 menit karena memang kebetulan PC saya sudah memiliki semua persyaratan tadi.

Kalaupun kamu mengalami masalah, kamu bisa mengunjungi thread ini di forum XDA untuk cari solusi ataupun bertanya di komunitas tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi tambahan dari thread tersebut.

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia