Review CIAYO Comics: Berbagi Cerita dan Rasa Lewat Komik

review ciayo comics
CIAYO Comics

Industri komik lokal mulai bergairah. Selain punya ruang di jejaring sosial, para komikus juga punya ruang di beberapa aplikasi mobile, salah satunya CIAYO Comics yang satu ini.

Kalau kamu salah satu penggemar komik atau malah komikus lokal, kamu wajib datang ke Game Prime 2017 untuk bertemu dengan sesama pecinta komik ataupun bertemu dengan komikus-komikus lokal berbakat.

9 Aplikasi Hiburan Terbaik di 2017 untuk Teman di Jalan

9 aplikasi hiburan terbaik untuk semua orang dari yang hobi nonton, denger musik, baca komik, ataupun baca novel untuk menemani keseharian kamu.
Baca Juga

Sebelum kita masuk ke review nya, mungkin ada yang bertanya, ngapain sih baca komik? Sekarang sudah banyak hiburan berbentuk video, sama-sama gambar, tapi bisa gerak.

Buat saya pribadi, jawabannya ada 2. Pertama alasan ekonomis… wkwkwkwkw…

Memang paket data itu sekarang relatif lebih terjangkau. Beberapa paket penyedia layanan data juga bahkan ada yang memberikan kuota YouTube gratis. Namun, tetap saja, kamu harus bayar paket yang lebih mahal untuk bisa terus-terusan streaming video.

Selain itu, alasan keduanya adalah komikus-komikus lokal Indonesia juga cukup hebat dalam merangkai narasi yang berhasil menggugah rasa, baik itu dalam hal komedi ataupun emosi lain yang lebih serius.

Jadi, mungkin itu juga sebabnya CIAYO menyediakan ruang ini buat para komikus ataupun para pecinta komik.

Mari kita lihat lebih detil di beberapa aspek aplikasi yang satu ini.

1

Kenyamanan Pengguna

Saya suka sekali User Interface yang ditawarkan oleh CIAYO Comics. Desainnya elegan (tidak terkesan murahan) tapi juga intuitif alias tidak membingungkan.

Saya juga mencoba menggunakan aplikasi ini dengan koneksi Wi-Fi dan data (3G/4G). Saya tidak menemukan masalah apapun saat mencobanya. Pasalnya, komik (image) itu memang ringan dan tidak butuh kuota besar, tidak seperti video, yang tetap akan lancar meski pakai koneksi 3G.

Untuk aspek kenyamanan, saya tidak menemukan satu hal pun yang bisa dikeluhkan.

2

Fitur

Screenshot CIAYO Comics

Fitur ini akan mencakup beberapa hal. Pertama, mari kita berbicara kekuatan utamanya.

Meski memang menawarkan banyak jenis komik dari berbagai komikus, menurut saya, kekuatan utamanya bukan di ragam ataupun jumlah komiknya. Karena, harus saya sebutkan, jumlah komiknya masih kalah dengan jumlah yang ditawarkan oleh aplikasi sejenis (yang warnanya hijau itu…).

Namun, kekuatan utama CIAYO Comics ada di fitur Challenge.

Fitur Challenge ini seperti sebuah kompetisi komik dan setiap pengguna bisa menjadi jurinya. Buat pengguna, kita bisa memilih komik mana yang paling kita suka sambil memberikan dukungan ke komikus-komikus favorit kita.

Buat para komikus, fitur Challenge ini bisa jadi semacam tantangan untuk terus memacu diri. Saya suka sekali dengan fitur ini karena ia juga bisa digunakan untuk mencari komik-komik terbaik dengan cepat.

Berbicara soal memilih komik, saya kira di sinilah salah satu kekurangan aplikasi ini. Pasalnya, tidak ada kategori komik yang dipilih. Misalnya, saya ingin browsing komik-komik komedi, saya harus mencari sendiri secara manual.

Semoga saja fitur pencarian komik ini nantinya bisa ditambahkan, misalnya dengan pembagian berdasarkan kategori ataupun pengurutan (sorting) berdasarkan judul komik, ataupun fitur-fitur lainnya.

Untuk kualitas komik-komik di dalamnya, saya juga puas dengan aplikasi ini. Untuk gambar, saya tidak menemukan ada yang jelek satu pun.

Untuk cerita, mungkin ini selera pribadi saya saja atau saya yang terlalu tua wkwkwwk, tapi ada beberapa komik yang terlalu cheesy. Namun sekali lagi, penilaian tadi terlalu subjektif dan mungkin CIAYO Comics sendiri memang ingin menyuguhkan cerita yang beragam untuk semua kalangan.  

3

Monetisasi

Untuk aplikasi gratisan, saya kira aspek ini penting untuk dibahas. Saya pribadi beranggapan, aplikasi dan game gratis yang ideal adalah mereka-mereka yang dapat menyeimbangkan antara kepuasan pengguna dengan monetisasi.

CIAYO Comics tidak ada iklannya sedikit pun. Tidak ada juga fitur-fitur yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar. Ia benar-benar gratis tis tis… (setidaknya sampai artikel ini ditulis).

Buat pengguna awam, hal ini memang dianggap sempurna karena tidak perlu diganggu iklan dan dapat mengakses semua fitur. Namun, buat saya pribadi yang peduli dengan kesuksesan para developer lokal, hal ini jadi sedikit mengkhawatirkan.

Pasalnya, tanpa dana, perusahaan tidak akan mungkin bisa bertahan. Saya hanya takut ketika tiba-tiba aplikasi ini hilang dari Play Store dan saya tidak punya aplikasi baca komik lokal lain selain yang hijau-hijau tadi.

Penutup

Jangan lupa, kamu bisa bertemu dengan sejumlah komikus lokal ataupun kumpul-kumpul dengan sesama pecinta komik di acara Game Prime 2017.

Akhirnya, setidaknya sampai artikel ini ditulis, saya kira aplikasi ini memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangan. Ia wajib dicoba buat semua yang sedang cari aplikasi hiburan, baik yang suka baca komik ataupun tidak.

Semoga saja, aplikasi ini bisa lebih canggih lagi fitur-fiturnya nantinya.

Jangan lupa untuk datang ke Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017.