Belajar Sambil Bermain! Ini Dia 6 Kampus Dengan Jurusan Game di Indonesia!

Kampus dengan jurusan game

Pernahkah kamu berpikir tentang kampus yang mempelajari tentang game? Kampus yang mempunyai jurusan di bidang game itu ternyata sudah ada di Indonesia. Jika penasaran, simak pembahasan berikut tentang 8 kampus dengan jurusan game di Indonesia.

Oh iya, kalau kamu tertarik untuk jadi game developer? Kamu wajib datang ke Game Prime 2017 tanggal 29-30 Juli 2017 di Balai Kartini untuk bertemu dengan komunitas industri game developer Indonesia.

1

Institut Teknologi Bandung

Kampus ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu universitas yang sudah memiliki jurusan di bidang game, yaitu jurusan Teknologi Media Digital dan Game. Hal itu karena industri konten kreatif sudah menjadi bagian yang penting secara ekonomi maupun sosial budaya dalam kehidupan manusia saat ini secara global maupun nasional.

Program S1 jurusan Teknologi Media Digital dan Game di kampus ini sudah ada sejak 2011. Beberapa mata kuliah pilihan jurusan tersebut meliputi 3D modeling, desain engine game, VR dan lain-lain.

Visi dari ITB prodi (program studi) yang unik tersebut adalah adalah menjadi tempat pendidikan/pembelajaran, riset dan pengembangan Teknologi Media Digital dan Game yang unggul, handal, dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan bermartabat di dunia, yang diharapkan dapat menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang berharkat, bermartabat dan sejahtera.

Sedangkan misinya adalah memandu perkembangan dan perubahan masyarakat dengan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan dalam bidang Teknologi Media Digital dan Game, serta pelayanan yang inovatif, bermutu dan tanggap dalam perkembangan global dan tantangan lokal.

Prodi yang unik di ITB ini mempunyai 3 tujuan, yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi sehingga mampu bersaing secara global di bidang teknologi media digital dan game.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis, merancang dan merawat segala yang terkait dalam bidang teknologi media digital dan game.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pengembangan integrasi aplikasi terpadu antar perangkat lunak dan perangkat keras untuk menyelesaikan masalah.

Situs Resmi: Teknologi Media Digital dan Game ITB

2

Universitas Bina Nusantara

Kampus Binus

Jurusan Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara (Binus) telah membuka program studi game yang disebut dengan Game Application and Technology sejak 2012. Tidak hanya pada pemograman, prodi ini juga berfokus pada pembuatan seni dan desain sebuah game.

Prodi tersebut berfokus dalam mengajarkan aplikasi pembuatan game berdasarkan teori dari kondisi industri sekarang dan masa yang akan datang. Mata kuliah yang diajarkan antara lain desain dan analisis algoritma, software engineering, komputer grafis, bahasa pemograman dan lain-lain.

Lulusan dari prodi Game Application and Technology dapat berkarir sebagai Game Engineer, Game Developer, Game Artist, Game Designer, Game Director, Game Content Provider, Game Consultant, Game Trainer dan Game Researcher.

Hal yang menarik dari prodi ini adalah pihak Binus mendatangkan desainer game Final Fantasy VI, Takashi Tokita dari Square Enix untuk membicarakan potensi game mobile di masa mendatang. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan cek situs resmi Binus.

Situs Resmi: Game Application and Technology Binus

3

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Tidak mau kalah dalam menghasilkan developer game berkualitas, Universitas Negeri Malang (UM) juga memiliki program studi Game Animasi. Program ini dapat menghasilkan lulusan D3 yang dibekali kemampuan membuat game 2D dan 3D.

Prodi ini juga dapat dilanjutkan ke jenjang S1 melalui jurusan Desain Komunikasi Visual dengan berfokus di bidang game. Jadi para lulusan D3 di prodi Game Animasi tidak perlu ke luar kota untuk dapat melanjutkan program studi mereka.

Situs resmi: Prodi Game Animasi UM

4

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara

Kamu yang sedang mencari prodi (program studi) game bisa memilih program studi Interactive Media Design di Universitas Multimedia Nusantara. Tujuan dari dibukanya prodi ini yakni untuk menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain game dan desain media interaktif dengan penekanan pada sisi artistik visual, gameplay, dan interaktifitasnya.

Mahasiswa akan mempelajari tahapan-tahapan perancangan game dan media interaktif dimulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi. Melalui prodi ini mahasiswa dibekali mata kuliah yang untuk membantu persiapan mereka di industri game, khususnya dalam hal desain visual.

Beberapa prospek karir yang difokuskan oleh prodi ini antara lain 3D Game Modeler, Character Animator, Character Rigger, Cinematics Director, Concept Artist, dan Art Game Director. Di samping prodi game, UMN juga menyediakan sebuah co-working space dan inkubator untuk startup baik dari dalam UMN sendiri maupun dari luar bernama Skystar Ventures.

Tujuan dari program studi tersebut di Universitas Multimedia Nusantara adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain game dan desain media interaktif dengan penekanan pada sisi artistik visual, gameplay, dan interaktifitasnya. Mahasiswa akan mempelajari tahapan-tahapan perancangan game dan media interaktif dimulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi.

Situs Resmi: Desain Komunikasi Visual UMN

Ingin tahu kampus lainnya yang mempelajari tentang game? Simak halaman selanjutnya.