Tanpa Kalian Sadari, Ini Tanda-Tanda Xiaomi Bakal PHP Mifan dengan Fitur MIUI 9

UPDATE: Salah satu cara termudah install MIUI 9 yang aman dan tidak sampai membuat kehilangan data di penyimpanan internal bisa kalian cek dalam artikel ini!

Melalui konferensi pers yang digelar di Beijing National Convention Center Rabu, 26 Juli 2017, Xiaomi resmi mengkonfirmasikan MIUI 9, bersamaan dengan diungkapkannya smartphone terbarunya, Xiaomi Mi5X.

Sudah banyak yang diketahui dari antarmuka baru ini, seperti yang paling dinanti, pemutakhiran software ke versi OS Android 7.1 (untuk beberapa tipe saja sih!). Namun Xiaomi diduga bakal kembali PHP kalian dengan MIUI 9, kok bisa? Baca di bagian poin terakhir artikel halaman pertama ini. Untuk cara update MIUI 9, bisa kalian buka di halaman kedua. Sebelumnya, kita melhat dulu apa saja yang diberikan Xiaomi melalui fitur-fitur MIUI 9.

Alasan Lain Membuang Google Photos


MIUI 9 ditawarkan dengan tiga fitur utama, Image Search, Smart Assistant dan Smart App Launcher. Image Search berfungsi agar kalian bisa mencari file gambar dengan hanya mengetikkan kata kunci (keyword) saja, seperti yang sudah ditawarkan Google dengan versi terbaru aplikasi Google Photos.

Dengan demikian, dengan Image Search baru yang menjadi bagian fungsi Universal Search di MIUI 9 (sayangnya, fungsi search ini hanya ada di ROM China saja hingga detik ini di MIUI 8), kalian bisa mencari nama seseorang, lokasi, ekspresi, kejadia, dokumen, tangkapan layar, atau apa pun yang terpikir dan itu berhubungan dengan gambar atau foto yang pernah kalian simpan di smartphone.

Makin Kesini, Ponsel Xiaomi Makin Males Banget Desainnya!

Duh, Malasnya Xiaomi! Xiaomi Mi 5X Bagaikan Gado-Gado Mi Max 2 dan Mi 6, fitur Xiaomi Mi 5X price, harga Xiaomi Mi 5X spec, spesifikasi Xiaomi Mi 5X
Baca Juga

Bagi sebagian pengguna Android, Google Photos sebenarnya menarik, karena mempermudah kalian mencari gambar atau foto dalam smartphone hanya berdasarkan kata kunci, yang juga bisa dihubungkan untuk mencari foto umum melalui aplikasi browser. Namun karena terlalu bergantung pada akun Google, dan Xiaomi juga perlu memikirkan penggunanya di Cina, dimana Google tidak beroperasi di sana, mereka pun memberikan solusi seperti Google Photos ini.

Semoga saja, juga ada fasilitas tambahan di sini. Misalnya, jatah Mi Cloud kita membengkak menjai 25 GB secara permanen. Kalian pasti sadar bukan, pemilik akun Mi yang memanfaatkan Mi Cloud tiba-tiba mendapatkan keuntungan akun Mi berbayar dengan jatah ruang penyimpanan hingga 25 GB?

15 Fakta Xiaomi yang Pasti Belum Kalian Sadari (Ternyata Ada Rahasia Dibalik Logonya)

15 Fakta Xiaomi yang Pasti Belum Kalian Sadari (Ternyata Ada Rahasia Dibalik Namanya), Fakta Xiaomi 2017, Fakta Xiaomi 2018
Baca Juga

Xiaomi sepertinya merencanakan sesuatu di sana untuk agar kita bisa merasakan keleluasaan yang sama seperti ketika menggunakan Google Photos dengan ruang penyimpanannya yang tidak terbatas. Well, dengan catatan, file gambar atau fotonya bakal diunggah dengan kualitas maksimal resolusi 16 MP dan video Full HD 1080p.

Ngga Perlu (S)Iri Pada Assistant Bixby, Xiaomi Punya Sendiri!


Selanjutnya, Smart Assistant. Dari namanya sudah jelas ini aplikasi apa. Meskipun tidak semua pengguna membutuhkannya, sepertinya Xiaomi tidak ingin dianggap terlambat terjun ke ranah asisten pribadi virtual dalam smartphone. Ini solusi mereka untuk pengguna yang menginginkan pengganti Google Assistant, Siri-nya Apple, Bixby-nya Samsung, atau Cortana-nya Windows. Sayangnya, tidak disebutkan secara mendetail apakah perannya bakal secerdas para pesaingnya.

Awas Baper, Ternyata Hanya TIGA Xiaomi Saja yang Mendapatkan MIUI 9. Ini Bocorannya!

Awas Baper, Ternyata Hanya TIGA Xiaomi Saja yang Mendapatkan MIUI 9. Ini Bocorannya! Android Xiaomi yang bisa update MIUI 9, Cara Install MIUI 9 Download
Baca Juga

Menurut Xiaomi, dengan Smart Assistant ini kalian bisa mengakses melalui satu hub informasi penting, seperti semua catatan, acara yang ditandai di kalender, pengingat jadwal, serta informasi lainnya yang bersifat pribadi, menampilkan ke kalian informasi yang paling relevan.

Sodori Kalian Aplikasi yang Tepat


Terakhir, fitur ketiga dari tiga menu utama MIUI 9 ini adalah Smart App Launcher. Dengan yang satu ini, memungkinkan kalian dengan mudah menjalankan aplikasi berdasarkan konten yang ditampilkan pada layar. Yah, sesuai namanya, “smart,” launcher baru ini bakal mendeteksi kebiasaan kalian dan apa yang sedang ditampilkan pada layar, dan kemudian mempermudah hidup kalian dengan menyarankan aplikasi lain yang cocok untuk dieksekusi langsung dari antarmuka yang saat ini kalian lihat.

Selain Google Installer.APK, Ini Cara Terjitu Pasang Aplikasi Google di Xiaomi ROM Cina

Selain Google Installer.APK, Ini Cara Terjitu Pasang Aplikasi Google di Xiaomi ROM Cina, download Google Installer.APK, keunggulan Xiaomi ROM China
Baca Juga

Tidak perlu repot keluar ke layar Home, masuk ke app drawer (jika menggunakan launcher pihak ketiga yang ada app drawer-nya) dan mencari aplikasi yang dibutuhkan. Ya ya, ini juga tidak terlalu orisinal kok. Karena sudah diterapkan Google sejak tahun 2015 lalu melalui Google Now on Tap.

Juga yang Tak Kasat Mata


Itu yang kelihatan, karena Xiaomi mengaku juga membenahi banyak hal di level sistem untuk mengoptimalkan sistem operasi mereka ini. Seperti, dengan kinerja haptic feedback yang lebih baik (itu lho, fungsi getar jika kalian menekan tombol atau layar), akselerasi prosesor yang lebih cerdas, serta memperbaiki kinerja thread scheduling. Intinya sih, lebih halus dan cepat. Selain itu, mode multitasking yang membagi antarmuka secara split screen juga disinggung.

Keren dan Unik, Ini Nama Kode Android Xiaomi (Sandi Redmi Note 5 Ternyata Aneh!)

Sagit, Kenzo hingga Prada, Ini Nama-Nama Sandi Xiaomi yang Perlu Diketahui (Biar Nggak Dibilang Kudet!), Xiaomi Terbaik, Xiaomi Terbaru
Baca Juga

Kami bakal mengulas mengenai fitur barunya yang “tak kasat mata” ini pada artikel lainnya nanti.

Cuma Tiga Saja yang Mendapatkannya dalam Waktu Dekat!


Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, sebenarnya hanya tiga perangkat Xiaomi saja yang siap mendapatkannya dalam waktu dekat ini. Bahkan itu pun dalam bentuk ROM China saja, entah itu versi Developer, atau Stable. Selain itu, tidak semua fitur yang mereka presentasikan selama acara hari ini bakal muncul juga dalam ROM versi Global (kami curiga, asisten pribadi yang ikonfirmasikan hari ini nantinya bakal eksis di ROM China saja, seperti mode pencarian universal MIUI 8, yang raib dalam ROM Global).

Ini yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Download Update MIUI 9 untuk Ponsel Xiaomi

Ini yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Download Update MIUI 9 untuk Ponsel Xiaomi, Download MIUI 9 Xiaomi, Xiaomi MIUI 9 Download
Baca Juga

Karena kenala itulah kami sudah menuliskan panduan untuk pasang Google Apps di smartphone Xiaomi, untuk mengatasi kendala tidak adanya aplikasi Google di ROM China.

Detail tanggal perilisan pemutakhiran perangkat lunak MIUI 9 untuk perangkat Xiaomi yang masuk pada masing-masing gelombang bisa kalian lihat di bawah:

Kapan Jadwal OTA MIUI 9 Dirilis?

  • Gelombang pertama, 11 Agustus 2017: ROM China Developer MIUI 9 untuk Xiaomi Mi 6, Mi 5X, dan Redmi Note 4X Qualcomm dirilis.
  • Gelombang kedua, 25 Agustus 2017: ROM China Developer MIUI 9 untuk Xiaomi Mi MIX, Mi Note 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi 5c, Mi Max 2, Mi Max 32G, Mi Max 64G/128G, Mi 4S, Mi 4c, Mi Note Pro, dan Redmi 4X dirilis.
  • Gelombang ketiga, mulai akhir September 2017: ROM China Developer MIUI 9 untuk semua Xiaomi / Redmi sisanya yang sudah kami sebutkan pada artikel sebelumnya (kecuali Xiaomi Mi 1/1S dan Mi 2A) bakal dirilis.

Buka halaman 2… untuk cara update ke MIUI 9!