Dibalik Klaim “Lightning Fast” Xiaomi, Mengulik Satu Keunggulan MIUI 9 ROM Global

UPDATE: Salah satu cara termudah install MIUI 9 yang aman dan tidak sampai membuat kehilangan data di penyimpanan internal bisa kalian cek dalam artikel ini!

Melalui konferensi pers yang digelar di Beijing National Convention Center Rabu, 26 Juli 2017, Xiaomi resmi mengkonfirmasikan MIUI 9, bersamaan dengan diungkapkannya smartphone terbarunya, Xiaomi Mi5X. Ada tiga fitur utama yang menjadi fokus MIUI 9, mengintegrasikan peran asisten pribadi virtual dalam bentuk Image Search, Smart Assistant dan Smart App Launcher. Selain itu, ada juga fitur yang tak kasatmata. Triknya kami beberkan pada halaman kedua

Selama peluncurannya kemarin, Xiaomi mengaku juga membenahi banyak hal di level sistem untuk mengoptimalkan sistem operasi mereka ini. Seperti, dengan kinerja haptic feedback yang lebih baik (itu lho, fungsi getar jika kalian menekan tombol atau layar), akselerasi prosesor yang lebih cerdas, serta memperbaiki kinerja thread scheduling. Intinya sih, lebih halus dan cepat. Selain itu, mode multitasking yang membagi antarmuka secara split screen juga disinggung.

cara update miui 9

15 Fakta Xiaomi yang Pasti Belum Kalian Sadari (Ternyata Ada Rahasia Dibalik Logonya)

15 Fakta Xiaomi yang Pasti Belum Kalian Sadari (Ternyata Ada Rahasia Dibalik Namanya), Fakta Xiaomi 2017, Fakta Xiaomi 2018
Baca Juga

Klaim Xiaomi bahwa MIUI 9 ini bakal sangat cepat menjadi fitur baru tak kasatmata yang membuat para Mifan penasaran. Fitur optimalisasi sistem ini menjadi yang paling ditunggu kehadirannya di MIUI 9 ROM Global, karena selama peluncuran MIUI 9 kemarin, Xiaomi memberikan petunjuk jika tidak semua fitur yang mereka umumkan bakal tersedia juga di MIUI 9 ROM Global.

Ini juga sama seperti pada MIUI 8, dimana ROM Global harus kehilangan beberapa fungsi menarik, seperti Smart Assistant (ya, asisten ini sudah ada di MIUI 8, hanya perannya sebatas di Home saja), dan juga Screen Recorder. Beda kasus sih, jika kalian mau repot, ngoprek, dan install ROM Custom.

Tanpa Kalian Sadari, Ini Tanda-Tanda Xiaomi Bakal PHP Mifan dengan Fitur MIUI 9

MIUI 9 Dirilis! Fiturnya Meniru Google, Detail Jadwal OTA, hingga Cara Upgrade ke MIUI 9 ROM Download, Cara Update MIUI 9 Global Stable
Baca Juga

Dengan MIUI 9 yang diklaim “Lightning Fast” oleh Xiaomi, Mifan lebih berharap banyak pada optimalisasi sistem ini memberi perubahan pada pengalaman menggunakan MIUI, yang memang sudah dikenal boros RAM. Xiaomi sendiri mencapai pembenahan sistem ini dengan memadukan optimalisasi yang sudah diberikan Google dengan Android 7.0.

Duh, Males Banget! Xiaomi Mi 5X Bagaikan Gado-Gado Mi Max 2 dan Mi 6

Duh, Malasnya Xiaomi! Xiaomi Mi 5X Bagaikan Gado-Gado Mi Max 2 dan Mi 6, fitur Xiaomi Mi 5X price, harga Xiaomi Mi 5X spec, spesifikasi Xiaomi Mi 5X
Baca Juga

Ya, dengan kata lain, hanya mereka yang Xiaomi-nya mendapatkan pemutakhiran perangkat lunak ke Android 7.0, atau 7.1.1 Nougat saja yang bisa merasakan kecepatan maksimal MIUI 9. Masalahnya, tidak semua Xiaomi yang masuk dalam daftar bakal mendapatkan Android Nougat. Semoga saja nanti Xiaomi tetap bisa memberikan kecepatan sistem yang sama, meskipun di Xiaomi yang masih menggunakan OS Marshmallow.

Lebih Cangih dari Project Svelte?


Awas Baper, Ternyata Hanya TIGA Xiaomi Saja yang Mendapatkan MIUI 9. Ini Bocorannya!

Awas Baper, Ternyata Hanya TIGA Xiaomi Saja yang Mendapatkan MIUI 9. Ini Bocorannya! Android Xiaomi yang bisa update MIUI 9, Cara Install MIUI 9 Download
Baca Juga

Salah satu fitur yang disorot Xiaomi adalah Dynamic Resource Allocation, yang membantu pengguna memastikan jika aplikasi di foreground, atau yang sedang aktif kalian jalankan saat ini, mendapatkan prioritas resource dibandingkan aplikasi di background. Memang ini perlu dibuktikan dulu seperti apa eksekusinya, karena penulis merasa MIUI 8 dengan RAM 4 GB pun ketika menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan resource besar di background, terkadang bisa melambat, dan cenderung freeze antarmukanya.

Solusi Xiaomi ini sendiri sebenarnya mirip yang sudah dilakukan Google dengan Project Svelte mulai Android KitKat, yang bertujuan agar OS mereka masih bisa dijalankan oleh Android dengan spesifikasi rendah. Optimalisasi sistem tersebut terus disempurnakan Google hingga Android 7.0, yang kemudian dipadukan dengan peranan mode Doze untuk menghemat baterai.

Selain Google Installer.APK, Ini Cara Terjitu Pasang Aplikasi Google di Xiaomi ROM Cina

Selain Google Installer.APK, Ini Cara Terjitu Pasang Aplikasi Google di Xiaomi ROM Cina, download Google Installer.APK, keunggulan Xiaomi ROM China
Baca Juga

Baik Google dan Xiaomi terfokus “menggarap” proses di background agar tidak terlalu membebani foreground, meskipun Xiaomi dengan antarmuka mereka ini mungkin mampu memberikan peningkatan yang lebih baik dibandingkan solusi yang diberikan Google.

Seperti, dengan mengenalkan file system baru, Ya, kami menduga Xiaomi ini bakal mengikuti jejak OnePlus dan Motorola, yang mengalihkan format sistem file mereka dari EXT4 ke F2FS. Sementara dua smartphone terbaru mereka, Xiaomi Mi 6 dan Mi Max 2 masih menggunakan jenis sistem file EXT4 pada antarmuka MIUI 8, bisa jadi MIUI 9 dengan F2FS bakal membuat smartphone mereka yang sudah gahar spec-nya tersebut, makin gegas saja kinerjanya.

Lanjut ke halaman 2… untuk mengetahui kemungkinan trik yang diakukan Xiaomi dalam mempercepat MIUI 9