Lupakan Tragedi Layar dan Casing Retak, Galaxy S8 Versi Baru Ini Dibuat Tahan Banting

Samsung resmi memperkenalkan Galaxy S8 dan Galaxy S8+ pada 28 Maret 2017 lalu. Indonesia sudah mendapatkannya 5 Mei 2017 lalu. Meskipun penjualannya cukup menggembirakan di Indonesia, namun tidak sedikit juga yang merasa tidak nyaman dengan kedua sisi layar melengkungnya, yang rentan sekali tergores atau retak ketika terkena benturan. Karena alasan itulah, bakal ada varian Galaxy S8 dengan layar “normal” yang lebih tahan banting.

Pada beberapa seri Galaxy S Samsung, kita sudah biasa mendapatkan varian lain yang memiliki casing lebih sturdy, lebih memungkinkan diajar bertualang dengan balutan material casing yang kokoh dan tidak cengeng. Seri Galaxy S Acitive pun lahir sejak Juni 2013 lalu melalui Galaxy S4 Active.

Bukan hanya anti debu dan air dengan standar IP68 rating yang kini juga dimiliki duo Galaxy S8, namun tubuhnya dibuat kokoh dan memiliki sertifikasi militer MIL-STD-810G (seperti LG G6 dan LG V20) untuk menghadapi keadaan yang lebih ekstrem, seperti lebih tahan ketika terjatuh dan menghadapi benturan.

Khusus untuk Galaxy S8 Active yang tidak lama lagi dirilis, pasti juga bakal langsung dilirik mereka yang sedikit alergi dengan layar edge-nya Samsung, karena layarnya sudah dipastikan “normal,” bukan dual edge melengkung pada kedua sisinya.

Maksimalkan HP Android 10 Jutaan Kalian! Nih, 7 Tips Terbaik Samsung Galaxy S8

Setelah Samsung Galaxy S8 dirilis beberapa hari lalu, Teknosaurus siap berikan tips Samsung Galaxy S8 yang mungkin kamu tidak ketahui.
Baca Juga

Samsung Galaxy S8 Active memang belum dikonfirmasikan resmi oleh Samsung, namun sejak pertengahan Mei 2017 lalu, penerus seri S yang ikonik karena ketahanan fisiknya ini sudah terungkap. Spesifikasi Galaxy S8 Active dengan kode angka SM-G892A diantaranya mendukung pengisian baterai tanpa kabel Qi wireless charging, dan layarnya yang memilih dimensi 5.8 inci juga tidak melengkung (namun tetap dengan jargon Infinity Edge yang memadukan resolusi 1440p serta rasio 18.5:9), yang jelas memiliki daya tahan lebih tinggi (dan lebih mudah mencari pelindung layarnya). Plus, layarnya oleh Samsung juga diklaim anti retak, dan berpelindung Gorilla Glass 5.

Ada dua identitas seri Active sepertinya ditinggalkan Samsung. Pertama, tombol fisik. Mereka memilih mempertahankan tombol virtual di layar. Mayoritas bahan pembangun casingnya plastik polycarbonate (termasuk punggungnya, jadi tidak perlu kuatir retak jika terjatuh, seperti yang terjadi pada tipikal duo Galaxy S8), namun bagian bingkainya berbahan metal, dan terlihat sedikit lebih tebal dari duo Galaxy S8, karena memang kapasitas baterainya 4000mAh, atau, lebih besar 1000mAh dari Galaxy S8, dan 500mAh lebih banyak dibandingkan Galaxy S8+. Ya, ini ponsel Galaxy yang memang ngga cengeng dikit-dikit minta diisi baterainya, dan sudah siap untuk diajak bertualang.

Identitas kedua yang hilang, Active Key. Memang masih ada di sini, namun Samsung memilih menggunakannya untuk mempopulerkan asisten pribadi mereka, Bixby. Ya, di tengah persaingan asisten virtual tersebut yang makin ketat, bahkan Xiaomi juga fokus mengembangkan asisten mereka sendiri, Samsung perlu membuat Bixby lebih dikenal.

Pada seri sebelumnya, tombol Active tersebut secara default digunakan untuk mengakses Activity Zone, sebuah dashboard dimana kalian mendapatkan akses untuk menggunakan beberapa aplikasi yang menunjang aktifitas luar ruangan dan olahraga, seperti weather, barometer, S Health, compass, flashlight, hingga stopwatch.

Tombol tersebut juga bisa dikustomisasi untuk aplikasi lainnya. Berbeda dengan tombol Bixby pada Galaxy S8 Active yang ternyata paten. Alasan Samsung lainnya selain untuk membuat kalian bergantung pada Bixby, mungkin, karena memang beberapa fungsi Activity Zone tadi sudah bisa ditangani oleh asisten virtual tersebut.

Ini Bukti OnePlus 5 Lebih Cepat dari Galaxy S8! Jargon “Flagship Killer” Bukan Isapan Jempol

Ini Bukti OnePlus 5 Lebih Cepat dari Galaxy S8! Jargon "Flagship Killer" Bukan Isapan Jempol, benchmark OnePlus 5 vs Galaxy S8 benchmark
Baca Juga

Sisa spesifikasi Galaxy S8 Active lainnya (yang sejauh ini juga dirumorkan eksklusif untuk operator Amerika AT&T) sama dengan duo Galaxy S8 dengan layar melengkung, khususnya, varian internasional dengan chipset Snapdragon 835. Seperti adanya RAM 4GB, ruang penyimpanan 64GB, ada slot microSD (sayangnya, biasanya ser Active ini single SIM), iris scanner, kamera utama 12MP, hingga kamera swafoto 8MP. Kabarnya, seri Active terbaru ini bakal diluncurkan 1 Agustus 2017 besok.

Samsung Galaxy S8 Active

Sumber: Twitter