Efek #mendingxiaomi? Bukan Hanya Imbangi OPPO, Xiaomi Bikin Keok Samsung dan Apple

Strategy Analytics baru saja merilis data riset terbaru mereka mengenai pangsa pasar vendor smartphone dunia. Jika pada kuartal pertama yang dirilis Mei 2017 lalu menempatkan OPPO pada posisi ketiga, kini posisi bergeser. Samsung dan Huawei merangkak naik ke posisi pertama dan ketiga, sedangkan yang menarik, muncul nama Xiaomi pada posisi kelima.

Baca Juga

Mengesampingkan eksistensi iPhone 7, meskipun tidak disebutkan secara gamblang, namun bukan tanpa alasan Xiaomi Mi 5X memiliki desain yang mirip (pake) banget dengan OPPO R11, dan juga, tipikal smartphone Vivo di Cina. Bahkan beredar kabar sebelumnya, jika Mi 5X memang dibuat Xiaomi untuk berkompetisi dengan Oppo, vendor yang diganjar berhasil memperoleh pangsa pasar terbesar ketiga setelah Apple berkat OPPO R9s (ya, seri sebelum OPPO R11).

Dibalik Ramainya Tagar #mendingxiaomi, Ini Alasan Kenapa Lebih Baik Beli Xiaomi

Bukan bermaksud untuk kompor atau memicu perdebatan, tagar #mendingxiaomi yang lagi ramai akhir-akhir ini memiliki jalan panjang sampai akhirnya bisa menjadi alasan bagi kalian putuskan lebih baik beli Xiaomi daripada merek sebelah.
Baca Juga

Namun keadaan pasar pada kuartal berubah. Bisa jadi, ini bagian dari gencarnya langkah Xiaomi mengenalkan banyak produk di awal tahun ini, dan bahkan mereka juga menantang langsung OPPO, dengan mengenalkan smartphone yang sebelas-duabelas kemiripannya dengan smartphone terbaik OPPO tahun ini. Info yang dibagikan langsung dari CEO Xiaomi, Lei Jun ini bisa menjadi penyemangat Xiaomi untuk terus mengenalkan produk baru yang lebih inovatif, apalagi pasca kepergian salah satu eksekutif Google yang menjadi Vice President mereka, Hugo Barra, awal tahun ini.

Laporan terbaru Strategy Analytics ini menempatkan Samsung pada posisi pertama dengan pangsa pasar 22%, sementara Apple pada posisi kedua dengan jatah 11%, dan yang paling mengejutkan, peredaran smartphone Xiaomi meningkat 58% (dengan angka 23.16 juta unit menurut data Xiaomi, atau 23.2 juta unit berdasarkan laporan Strategy Analytics) untuk kuartal kedua tahun ini, dan pencapaian tersebut menempatkan mereka pada posisi kelima.

Ternyata Xiaomi Mi5X Ungkapkan Betapa Takutnya Xiaomi dengan OPPO

Xiaomi memang berhasil keluar dari stigma desain yang menjiplak Apple, namun kali ini musuhnya bukan iOS lagi, melainkan rekan senegaranya di Cina, yaitu OPPO. Inikah bukti ketakutan mereka dengan sepak terjang OPPO?
Baca Juga

Ini menjadi yang pertama selama setahun ini, dan dengan demikian Xiaomi berhasil menguasai marketshare pasar smartphone dunia sebesar 6% untuk kuartal kedua 2017 inim atau meningkat 4% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Xiaomi sendiri memiliki banyak model Android, dan awal tahun ini yang cukup populer dan mulai dipasarkan ke beberapa negara asia secara resmi, seperti Redmi 4A, yang sangat populer di India, berhasil menggeser nama-nama kompetitor di kelas yang sama seperti Lenovo dan Micromax.

Fakta Xiaomi

Samsung sebagai penguasa jumlah smartphone yang beredar pada kuartal kedua 2017 ini menorehkan angka 79.5 juta unit, yang berarti meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 77.6 juta. Apple yang berada pada posisi kedua mengedarkan 41 juta smartphone (sama dengan kuartal pertama), sedangkan Huawei yang absen pada daftar lima teratas Strategy Analytics kuartal pertama, kini berhasil mengedarkan 38.4 juta unit. Nama OPPO yang pada kuartal kedua duduk pada posisi ketiga, harus puas turun peringkat, meskipun perearan produk mereka juga meningkat menjadi 29.5 juta unit tahun ini.

Penelitian Terbaru, OPPO Kalahkan Samsung dan Xiaomi, Makin Dekat dengan Apple

HP-nya Raisa dan Isyana makin populer, bahkan kini mendekati iPhone 7 kelasnya!
Baca Juga

Kuasai Pasar Wearable


Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, nama Xiaomi bukan saja identik dengen smartphone. Ya, meskipun nama Xiaomi lebih banyak dikenal melalui produk smartphone-nya yang murah meriah namun tidak murahan, namun mereka kini juga berkonsentasi mengembangkan lini bisnis aksesoris perangkat mobile serta perangkat IoT (Internet of Things). Salah satu yang mereka kembangkan selama beberapa tahun belakangan ini adalah wearable device, berbentuk jam tangan pintar.

Meskipun hampir semua vendor smartphone ramai-ramai masuk ke pasar niche ini, ternyata hanya Xiaomi yang berhasil meraih jumlah pengapalan produk wearable device terbesar pada kuartal kedua tahun ini, berdasarkan data dari Strategy Analytics.

15 Fakta Xiaomi yang Pasti Belum Kalian Sadari (Ternyata Ada Rahasia Dibalik Logonya)

Kami suka menyebutkan dengan sebutan Spec "DEWA," Harga IMBA. Namun sukses Xiaomi selain karena produk yang terjangkau, juga karena faktor lainnya. Seperti, ada rahasia dibalik logonya yang pasti belum kalian ketahui sampai saat ini.
Baca Juga

Berdasarkan data di atas, Xiaomi berhasil melampaui Fitbit, produsen alat pendamping olahraga populer dari Amerika, yang menguasai marketshare tahun lalu. Pada kuartal kedua tahun ini, Xiaomi mengapalkan 3.7 juta unit wearable ke seluruh dunia, mejingkat 23% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 3 juta unit. Kalian salah satu pengguna fitness tracker Xiaomi Mi Band? Selamat, kalian berkontribusi membuat Xiaomi makin populer, bahkan melebihi Apple Watch dan Gear-nya Samsung!

Sumber: Strategy Analytics (1), (2)

SHARE
Previous articleArti Sebuah Hero Specialty di Mobile Legends!
Next articleTandai Tanggalnya, Ini Jadwal Resmi Download OTA MIUI 9 Xiaomi Dirilis