Sambut HARGAI, Mainkan Game Terbaru Karya Developer Indonesia: Wind Rider Racing

hari game indonesia

Tahun lalu, Asosiasi Game Indonesia (AGI) meresmikan tanggal 8 Agustus setiap tahunnya bakal diperingati sebagai Hari Game Indonesia (HARGAI). Momen tersebut menjadi awal baru perkembangan industri game Indonesia. Bagaimana dengan momen HARGAI tahun 2017 ini?

Baca Juga

Menyambut HARGAI, kalian bisa turut berpartisipasi dengan mendukung dan mendorong industri game buatan pengembang lokal. Atau, dengan cara yang sederhana, seperti memainkan game-game karya mereka yang cukup banyak bertebaran di store digital seperti Play Store, App Store atau Windows Store. Seperti yang satu ini, dan juga game karya pengembang Indonesia yang baru-baru ini dirilis, Wind Rider Racing. Game ini merupakan karya Krunchisoft dan salah satu ilustrator terkenal Indonesia, Is Yuniarto. Seperti apa gamenya?

Takjub, Foto 81MP dari Android Berkamera 52MP Ini Bisa Permalukan DSLR

Punya ngga hanya satu, atau dua kamera, Android ini gunakan 16, ya, total 16 kamera di tubuhnya untuk mengambil foto! Hasilnya, bisa membuat kalian lupa jika DSLR itu pernah eksis.
Baca Juga

Mendengar judul Wind Rider, kalian penggemar komik pasti familiar. Betul, itu adalah salah satu komik karya Is Yuniarto, yang baru-baru ini diterbitkan versi barunya. ada 26 Juli 2017 lalu, penerbit KOLONI menerbitkan kembali komik Wind Rider: Sky Age. Itu adalah langkah penerbitan kedua kali dari komik Wind Rider, sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 oleh penerbit Elex Media Komputindo. Menariknya untuk komik versi baru (remaster/cetak ulang cover baru) ini adalah bonus Augmented Reality yang memperlihatkan skybike, kendaraan terbang yang digunakan oleh karakter.

Bonus 'Augmented Reality' 3D skybike di komik Wind Rider: Sky Age (remaster/cetak ulang cover baru)Terbit mulai 26 Juli 2017, segera dapatkan di toko buku!

Posted by Is Yuniarto on Wednesday, 26 July 2017


Download Wind Rider Racing: Android – Gratis 

Versi gamenya, Wind Rider Racing, seakan dibuat sebagai pendamping untuk mempromosikan komiknya. Tergambar pada judulnya, game ini berjenis arcade racing, dimana kalian mengendalikan karakter rider dengan mengendarai masing-masing skybike-nya, melalui beberapa level dunia fantasi. Kalian mengendalikan rider tersebut untuk menjadi yang tercepat di jagat Aeropolis, mengendarai skybike, sambil menghindari rintangan yang muncul di tengah lintasan.

Disediakan 6 karakter rider dengan masing-masing skybike mereka yang bisa di-ugrade:
  • Roulette Otovic – SkyBike: Hurricane
  • Mel Julikova – SkyBike: Cyclone
  • Red Baron – SkyBike: Tornado
  • Griffin Vorkowski – SkyBike: Typhoon
  • Sasha Ingebolt – SkyBike: Gale
  • Sky Clown – SkyBike: Twister

Juga total ada 6 level atau lintasan untuk kalian berpacu melawan rider lainnya:
  • Aeropolis Moskova
  • Mega Aeropolis Rostov
  • Aeropolis Belyvo
  • Sky Border
  • Vladistan
  • Valley Of The Broken Wings

Sayangnya tidak semua stage tersebut terbuka dari awal. Kalian perlu memenangkan stage sebelumnya tiga kali (yang sepertinya sangat susah), atau jika kalian tidak sabaran dan ingin segera mencoba stage yang baru, bisa dengan membeli item in-app purchase-nya yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Setidaknya untuk membuka semua stage yang baru, kalian bisa membeli 1500 Gem, yang dirupiahkan hanya senilai Rp36 ribu saja. Jika kalian berkomitmen main gratisan (ya, game ini bisa diunduh dengan gratis), kalian harus sabar, karena mendapatkan satu Gem saja di setiap sesi balapan juga cukup susah.

Gameplay Wind Rider Racing tergolong mudah. Kontrolnya juga tidak perlu pembelajaran yang cukup panjang sampai kalian menguasainya. Untuk menggerakkan skybike, sentuh tombol virtual ke atas atau bawah. Dua tombol tersebut menjadi modal kalian untuk selamat, seperti untuk menghindari rintangan dan tembakan musuh.

Efek #mendingxiaomi? Bukan Hanya Imbangi OPPO, Xiaomi Bikin Keok Samsung dan Apple

OPPO terbukti masih sangat kuat, namun Xiaomi mulai mengekor raksasa dari Cina tersebut. Mungkinkah ini efek viralnya tagar #mendingxiaomi yang berhasil menarik minat pasar untuk membeli Xiaomi daripada merek sebelah?
Baca Juga

Disediakan juga tombol Evade jika kalian tidak sempat menghindari rintangan. Tombol ini bisa ditahan, agar karakter melakukan manuver Evade lebih lama. Namun tidak bisa terus menerus, karena menguras jatah energi untuk Evade. Tidak semua rintangan bisa dihindari dengan Evade. Seperti misalnya, naga berukuran besar, mutlak memaksa kalian bergeser dari jalurnya.

Karakter mendapatkan tiga health pada setiap sesi racing. Health yang ditandai dengan ikon bergambar hati ini berkurang setiap terkena tembakan atau bertabrakan dengan rintangan. Jika ketiganya habis, maka permainan usai. Tombol lainnya yang kalian temui pada antarmuka permainan adalah Turbo.

Kalian perlu kumpulkan 10 kristal hijau di tengah permainan untuk mendapatkan jatah 1 Turbo. Setelah menggunakan Turbo selama 10 detik, tombol Hyper akan muncul. Tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan skill terkuat masing-masing karakter. Saat melakukan Hyper, karakter menjadi kebal akan apa pun, kecepatannya meningkat.

Lanjutkan Permainan, Trooper! Kalian Bisa Download Update PB Strike 1.0.7 APK di Sini!

Update PB Strike ke ke versi 1.0.7 menandai dimulainya maintenance untuk fitur barunya, sekaligus menutup akses pemain dengan APK versi lama. Agar bisa mulai bermain kembali, langsung saja download versi baru PB Strike di dalam!
Baca Juga

Keseluruhan Wind Rider Racing adalah pendamping terbaik versi komiknya. Kontrol yang mudah dan artwork yang menarik menjadi nilai lebih. Sayangnya, gameplay-nya menurut kami terlalu retetitif, dan mendapatkan Gem-nya cukup susah. Kembali lagi, kalian yang memang penggemar Wind Rider, dan tidak sabar menikmati beberapa tempat khas dari versi komiknya muncul lebih berwarna dalam game ini, tidak ada salahnya ambil “jalan pintas” dengan belanja Gem, yang totalnya untuk membuka semua stage, tidak lebih mahal kok dari harga buku komiknya.

Oh ya, sebagai alternatif, kalian juga bisa memainkan game Krunchisoft lainnya yang tidak kalah menarik. Penulis merekomendasikan Late Night Hero, jika kalian ingin merasakan nuansa uji nyali dalam sebuah permainan, atau Town Delivery, yang mengangkat tentang perkerjaan seorang kurir.