Kangen Game Jadul? Pakai 7 Emulator Console Lawas di Windows dan Android Ini!

Buat gamer senior, memang tidak ada JRPG yang lebih berkesan ketimbang Breath of Fire, Suikoden, Chrono Trigger, dan kawan-kawannya dari PSX dulu.

Buat gamer muda, kamu bisa merasakan pengalaman istimewa dari game-game mahakarya yang mungkin tak akan terlupakan.

Selain nostalgia, kamu juga bisa memainkan game-game berkualitas tanpa bayar. Pasalnya, game-game gratisan sekarang ini memang banyaknya bukan kepalang tapi tidak banyak yang meninggalkan kesan mendalam.

6 Alasan Kenapa Main Game Pakai Emulator Android di PC itu Lebih Asyik

Emulator Android dapat mengatasi sejumlah masalah yang terjadi saat kamu bermain game di ponsel ataupun tablet. Apa sajakah keunggulannya?
Baca Juga

Emulator mengijinkan kita untuk memainkan game-game jadul di platform modern dan juga menawarkan kelebihan lainnya.

Berhubung 2 sistem operasi paling populer di Indonesia adalah Windows dan Android, kami akan memilihkan 7 emulator yang bisa dijalankan di platform Windows atau Android. Mari kita lihat satu per satu.

1

snes9x / Snes9x EX+

Super Nintendo Entertainment System yang dirilis tahun 1991 mungkin memang bukan console pertama yang pernah ada. Saudara tuanya, NES (Nintendo Entertainment System) yang dirilis global tahun 1985 bahkan juga bisa mengalahkan angka penjualannya.

Namun demikian, SNES tetap menjadi salah satu console paling legendaris yang pernah ada. Karena, jujur saja, game-game NES, sudah terlalu tua untuk dimainkan sekarang ini.

Snes9x (versi Windows) dan Snes9x Ex+ (versi Android) mengijinkan kamu memainkan game-game legendaris SNES di platform masing-masing. Asiknya lagi, berbeda dengan emulator untuk platform lain, Snes9x sungguh-sungguh gratis.

Namun, jika boleh kami menyarankan, kalau kamu punya laptop atau desktop, jalankan emulator di laptop atau dekstop ketimbang di perangkat Android karena fungsinya yang lebih lengkap.

Oh iya, kalau kamu ingin cari game-gamenya (alias ROM), kamu bisa mengunjungi Emuparadise.

Download Snes9x: Windows – Gratis / Android – Gratis

2

Virtual Boy Advance

Gameboy Advance sebenarnya memang punya game-game yang ikonik yang serinya bahkan masih dirilis sampai hari ini di platform-platform yang lebih modern, seperti Fire Emblem, Metroid, Pokemon, Zelda, dan yang lain-lainnya.

Karena itu, jika kamu melewatkan kesempatan memainkannya di handheld legendaris ini, kamu bisa menggunakan Virtual Boy Advance yang dibuat untuk Windows.

Dari sejumlah emulator GBA lainnya, VBA inilah yang paling lengkap fiturnya dan stabil performanya. Karena yang ini untuk Windows, kami akan membahas emulator GBA di Android di nomor selanjutnya.

Download Virtual Boy Advance: Android – Gratis

3

My Boy!

Fungsi utama emulator ini sama dengan yang sebelumnya, yaitu memainkan game-game GBA. Bedanya, emulator ini dibuat untuk platform Android.

Sayangnya, tidak seperti VBA yang sepenuhnya gratis, My Boy! versi gratis ini memiliki fitur yang terbatas. Kamu harus membayar versi premiumnya (Rp66.000, saat artikel ini ditulis) untuk mendapatkan keseluruhan fiturnya.

Oh iya, kalau kamu bingung mencari ROM untuk GBA, kamu juga bisa mengunduhnya di Emuparadise.

Download My Boy!: Android – Gratis / Android – Rp66.000

4

ePSXe

Nah ini salah satu emulator untuk console paling legendaris yang memulai perjalanan panjang nama besar PlayStation.

Meski memang sebenarnya banyak emulator lain untuk PlayStation, PS1, atau PSX, dari pengalaman kami pribadi, inilah yang paling lengkap, mudah, dan stabil.

Sama seperti Snes9x, ePSXe juga tersedia untuk Windows dan Android. Namun, sama seperti emulator SNES tadi, kami lebih nyaman bermain di Windows karena layar dan kendali laptop dan desktop yang lebih ideal ketimbang di perangkat Android.

Download ePSXe: Windows – Gratis / Android – Gratis

5

PCSX2

Ini generasi kedua PlayStation yang juga laris manis bak kacang goreng, baik di pasar nasional ataupun internasional.

Sayangnya, meski console ini dirilis 17 tahun silam (2000), emulator yang benar-benar stabil dan tidak banyak masalah saat digunakan hanya ada di Windows, yaitu PCSX2 ini.

Kami sudah mencoba sendiri beberapa emulator lain, baik yang ada di Windows atau Android, yang katanya cukup hebat namun nyatanya hasilnya tidak stabil dan tidak semua game bisa dimainkan.

6

Project64

Console ini juga sebenarnya menelurkan game-game legendaris namun sayangnya Nintendo64 memang tidak sepopuler PS2 di jamannya. Penggunanya di Indonesia, kala itu, juga memang sangat sedikit.

Karena itu, barangkali kamu ingin game-game Nintendo jadul tapi sudah bergrafis 3D, N64 adalah jawabannya. Project64 juga merupakan yang paling asyik yang pernah kami coba.

Seperti yang tadi, karena Project64 juga tersedia untuk Windows dan Android, jika kamu punya laptop atau desktop, kami sarankan untuk mencoba yang di Windows terlebih dahulu.

Download Project64: Windows – Gratis / Android – Gratis

7

PPSSPP

Kami kira inilah salah emulator di Android yang paling populer sekarang ini. Karena, game-game PSP bisa dengan mudah diunduh gratis tapi kualitas grafisnya sudah jauh lebih baik ketimbang console-console jadul lainnya.

PPSSPP ini punya versi Android dan Windows juga dan ia bahkan punya versi berbayarnya juga di tiap platform. Untuk Android, versi berbayarnya (Rp66.000) menyuguhkan fitur yang lebih lengkap.

Sedangkan di Windows, kami tidak menemukan dokumentasi yang jelas antara versi gratis dan berbayar. Jadi, coba dulu saja di Windows jika kamu punya PC nya.

Download PPSSPP: Windows – Gratis / Android – Gratis

Itu tadi 7 emulator di Windows dan Android yang paling asyik yang pernah kami temukan. Kamu punya pertanyaan, kritik, atau masukkan? Tuliskan di komentar ya!