5 Alasan Mengapa Wi-Fi di Hotel-Hotel Tertentu Terasa Lambat

Pernahkah kamu bermalam di sebuah hotel dan merasa kesal dengan jaringan internet yang disediakan? Mengapa Wi-Fi di hotel terasa lambat?

Bagi beberapa orang, hotel dengan fasilitas mewah tidak berarti apa-apa jika tidak diimbangi dengan koneksi Wi-Fi yang kencang. Lalu mengapa hotel-hotel tertentu memiliki jaringan yang terasa lambat? Inilah jawabannya:

1

Jumlah Pengguna


Wi-Fi di hotel terasa lambat

Alasan pertama mengapa Wi-Fi di hotel terasa lambat adalah jumlah penggunanya. Berbeda dengan koneksi internet di rumah yang memiliki jumlah orang jauh lebih sedikit, hotel memiliki jumlah orang jauh lebih banyak.

Hal ini menyebabkan jaringan terbagi-bagi dan kita tidak tahu apa yang dilakukan oleh orang lain. Bisa jadi ada yang download menggunakan Torrent yang mengakibatkan jaringan terasa jauh lebih lambat.

12 Aplikasi Android Termahal 2017: Dari 800 Ribu Hingga 5,5 Juta!

Ada aplikasi berbayar. Lebih lagi, ada aplikasi yang dijual dengan harga tidak masuk akal. Teknosaurus siap sajikan daftar aplikasi Android termahal 2017.
Baca Juga
2

Hotel Tidak Mempromosikan Wi-Fi


Wi-Fi di hotel terasa lambat

Pernahkah kamu melihat iklan-iklan hotel baik itu di website maupun di majalah? Semua iklan memfokuskan pada kenyamanan dan keindahan hotel. Wi-Fi hanyalah tambahan.

Mayoritas orang Indonesia saat ini menyewa kamar hotel bukan dengan tujuan internetan, melainkan untuk beristirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan keesokan atau beberapa hari setelahnya.

Jarang ada orang yang mau menghabiskan uang banyak hanya untuk berdiam di kamar dan internetan. Bukankah akan lebih murah internetan di cafe?

3

Posisi Router Hotel Tidak Strategis


Wi-Fi di hotel terasa lambat

Di hotel-hotel bagus, banyak pemancar internet (router) yang tidak disimpan di lorong hotel demi menjaga kerapihan. Kita akan lebih sering menjumpai router diletakkan di ruang operasional atau ditumpuk di dalam sebuah kotak penyimpanan khusus.

Hal ini tentunya akan berakibat pada berkurangnya optimalisasi jaringan karena terhadang oleh tembok atau media lainnya. Serba salah bukan?

4

Kontrak Jangka Panjang dengan Perusahaan Internet


Wi-Fi di hotel terasa lambat

Alasan berikutnya mengapa jaringan Wi-Fi di hotel terasa lambat adalah karena kontrak kerja sama yang ditandatangani oleh pihak hotel dan penyedia jasa internet.

Biasanya durasi kerja sama berlangsung 5 hingga 10 tahun. Jadi, selama jangka waktu tersebut sebuah hotel akan menerima jasa internet perusahaan dengan paket router yang disediakan.

Nah jika sebuah hotel memiliki router-router lama, mereka akan menghabiskan uang yang cukup signifikan jika ingin langsung menggantinya ke router-router yang lebih bagus.

5

Biaya Perawatan yang Mahal


Wi-Fi di hotel terasa lambat

Lalu alasan yang terakhir adalah biaya perawatan internet khususnya di Indonesia yang mahal. Indonesia bukanlah negara seperti Singapura yang disediakan fasilitas Wi-Fi gratis di seluruh penjuru negara untuk warganya.

Indonesia memang masih jauuuuuuuuuuuh dari sempurna untuk urusan internet. Bahkan banyak daerah yang belum bisa merasakan internet secara langsung. Sehingga hal ini menjadikan internet sebagai sebuah bisnis yang potensial terutama untuk hotel-hotel.

Itu tadi merupakan 5 alasan mengapa Wi-Fi di hotel terasa lambat. Jadi, jika kamu membaca artikel ini karena sedang berada di hotel yang Wi-Fi-nya lambat, mungkin lebih baik kamu keluar kamar dan nongkrong di kolam renang.

SUMBER: Techquickie

Diedit oleh Yabes Elia

SHARE
Previous articleBerhadiah Rp600 Juta, Samsung Indonesia Next Apps Tingkatkan Peran Developer Lokal
Next articleMenantikan Kolaborasi Paling Greget, Kingdom Story X Samurai Showdown

The love for gadget starts from an iPhone 3 which made him wondered what lies within the vast world of technology.