Review Ipega PG 9021: Ketika Sentuhan Tak Lagi Memuaskan Hasrat Gaming

Ipega pg 9021

Smartphone gaming controller memang sudah tersedia sejak lama baik untuk Android ataupun iOS, namun sepertinya baru sekarang kebutuhan untuk benar-benar menggunakan controller baru terasa.

Ipega PG 9021 mencoba menawarkan solusi atas masalah tersebut. Berikut adalah alasan kamu harus menggunakan Ipega PG 9021 sebagai controller.

Awalnya saya menganggap bahwa controller seperti ini akan berukuran mini atau setidaknya lebih kecil dari controller untuk console. Tapi begitu saya pegang, ternyata Ipega PG 9021 adalah controller dengan ukuran yang besar dan bahkan lebih besar dari controller PlayStation 4. Hal itu membuat saya bersemangat karena telah menemukan yang dicari.

Saat ingin memainkan game-game dari console PSX atau PSP di smartphone, rasanya tidak akan terasa nyaman jika kita menggunakan touchscreen karena dari dulu kita menggunakan joystick untuk memainkannya.

Di sinilah kegunaan Ipega PG 9021 sebagai controller untuk memainkan game-game console tersebut selain bisa memainkan game mobile itu sendiri.

Pertama kali membaca tutorial yang ada di buku manual Ipega, saya merasa sedikit kebingungan karena Ipega mempunyai empat mode untuk berbagai kebutuhan. Tapi pada dasarnya dua mode umum yang akan sering terpakai adalah mode X untuk Android dan mode B untuk iOS.

Cara menghubungkannya cukup mudah, yaitu nyalakan Ipega, tekan tombol X + home secara bersamaan, nyalakan Bluetooth, kemudian pairing antar device, dan selesai.

ipega

Hook yang terdapat di Ipega tersebut cukup tinggi sehingga memuat hampir semua jenis smartphone yang ada saat ini. Smartphone yang pernah saya coba adalah Asus Zenfone 5 dan Xiaomi Redmi Note 2.

Layar dari kedua ponsel tersebut kurang lebih sama lebarnya dengan kebanyakan smartphone saat ini. Itupun masih ada sisa sekitar 3 cm. Jadi, kemungkinan besar, semua smartphone kompatibel dengan Ipega PG 9021 (kecuali Tablet).

Saya pernah mencobanya dengan memainkan Tekken 6, game PSP yang dimainkan dengan menggunakan emulator. Game ini jauh lebih mudah dimainkan saat kamu bermain menggunakan controller.

Karena pada dasarnya game fighting memang harus dimainkan menggunakan joystick atau controller lainnya. Melakukan combo atau special move terasa jauh lebih mudah.

Contoh lain adalah saat memainkan game hack and slash seperti Warrior Orochi di console PSP. Dengan bermain menggunakan controller, kamu akan mendapatkan sensasi berbeda saat menghabisi lawan dengan berbagai combo yang kamu lakukan.

ipega

Dilihat dari kualitas produknya sendiri, saya akui bahwa Ipega dibuat dengan sangat baik. Walaupun ia produk buatan Cina dengan harga yang murah, tapi sama sekali tidak ada indikasi bahwa ini produk murahan.

Meski tidak memberikan kesan gagah seperti controller Xbox, finishing build yang dilakukan terasa mantap.

Analog utama yang merupakan elemen terpenting terasa enak untuk digunakan dan responsif. Sayangnya D-pad yang berada di kiri bawah tidak memberikan pengalaman yang sama.

Ketika ditekan D-pad ini tidak memberikan respon balik yang enak, tapi karena D-pad ini juga jarang digunakan maka saya juga tidak terlalu memikirkannya.

GIGABYTE GZ1DTi7-1070-NK, Si Kecil yang Liar untuk Meladeni Para Sultan

Desktop gaming mungil GIGABYTE GZ1DTi7-1070-NK ini dijejali dengan jeroan sangar, termasuk kartu grafis berukuran bongsor. Apa saja sih isinya?
Baca Juga

Bagian tombol A, B, X dan Y terasa oke untuk digunakan walaupun tidak senyaman controller PlayStation.

Satu elemen yang terasa berguna adalah tombol media di bagian kanan bawah. Tombol media ini berguna untuk menambah dan mengurangi volume. Tombol ini sangat membantu karena begitu smartphone kita berada dalam klip maka mengatur volume bisa jadi masalah yang menyulitkan.

Untuk masalah baterai, Ipega cukup di charge sekitar 1 jam sampai penuh untuk penggunaan sekitar 5 -10 jam, tergantung game apa yang kamu mainkan.

Game fighting, misalnyajelas akan membuat penggunaan baterai semakin boros jika dibanding dengan bermain Temple Run yang hanya mengandalkan 2 tombol saja. Bagaimana pendapatmu? Tertarik untuk menggunakan Ipega PG 9021?

Diedit oleh Yabes Elia