Mana yang Lebih Jelek? BBM, Whatsapp atau LINE?

whatsapp

Semua manusia memang butuh berkomunikasi dengan manusia lainnya. Di jaman modern sekarang ini, media komunikasi kita juga semakin beragam. Kita juga menggunakan berbagai aplikasi untuk berkomunikasi seperti BBM, Whatsapp dan LINE.

Namun demikian, pertanyaan paling pentingnya adalah perbedaan dari ketiga aplikasi komunikasi terlaris tersebut? Apa sajakah kelemahan dan kelebihannya?

BBM atau BlackBerry Messenger merupakan aplikasi bawaan dari ponsel Blackberry yang bisa digunakan untuk BlackBerry, Android, iOS dan Windows. Aplikasi ini banyak digunakan orang untuk berkomunikasi sehari-hari. BBM bisa digunakan untuk mengirim pesan, BBM juga bisa digunakan untuk video call.

BBM

Tiap pengguna BBM akan mempunyai pin BBM yang digunakan untuk menambahkan berbagai kontak ke akun mereka. Yang menjadi kelebihan BBM adalah pesan yang bisa diset durasinya. Jadi pesan yang sudah terbaca akan terhapus sendiri dalam waktu yang ditentukan. Selain itu BBM juga bisa menghapus pesan yang kita kirim dari kedua ponsel milik kita dan teman.

Untuk masalah privasi, BBM terlihat lebih baik untuk digunakan. Tidak mau kalah dengan Whatsapp atau LINE, BBM juga mempunyai emoticon sendiri yang bisa ditambahkan ke pesan. BBM juga bisa melakukan Group Voice Chat yang bisa membuat kesendirian menjadi ramai.

bbm

Whatsapp

Whatsapp juga merupakan aplikasi yang digunakan sehari-hari untuk komunikasi. Whatsapp telah di-download sebanyak 1 milyar di Google Play Store. Ini merupakan jumlah yang tertingi dibanding dengan BBM atau LINE.

Jika BBM menggunakan pin BBM untuk menemukan kontak, Whatsapp cukup menggunakan nomor telepon untuk menemukannya. Ini jauh lebih bermanfaat karena kita bisa menemukan teman lama yang mungkin sudah tidak bisa dihubungi. Atau kita juga bisa melihat foto dari nomor misterius yang tidak dikenal.

Whatsapp juga memiliki emoticon yang terlihat lucu walaupun tidak sebagus LINE. Di fitur Whatsapp yang terbaru, kita bisa mengirim file berbentuk dokumen. Whatsapp juga dapat mengubah video menjadi GIF. Lalu kita juga dapat menyembunyikan last seen jika sedang tidak ingin diganggu oleh orang.

whatsapp

Jika ada pesan penting yang perlu untuk dilihat kembali nantinya, cukup beri tanda bintang di kolom atas pesan dengan menyentuh dan menahannya selama beberapa detik. Itulah fitur Starred Message yang memprioritaskan pesan yang telah kamu tandai.

Masih banyak fitur bermanfaat lainnya dari Whatsapp yang tidak bisa disebutkan satu-persatu di sini. Sekarang sudah jelas kan kenapa Whatsapp mendapatkan download terbanyak dibanding dengan BBM atau LINE.

5 Aplikasi Berbayar Terbaik di Google Play Store Agustus 2017!

Ingin membeli aplikasi yang berkualitas di Google Play Store? Berikut adalah 7 aplikasi berbayar terbaik di Google Play Store versi Agustus 2017.
Baca Juga

LINE

LINE merupakan aplikasi chat yang terkenal dengan stiker-stiker yang sangat lucu dan unik. Bisa dibilang LINE merupakan aplikasi chat dengan stiker terbaik.

Pada awalnya kita akan diberikan beberapa stiker gratis bawaan dari LINE. Untuk mendapatkan stiker lucu lainnya, kita harus membelinya di LINE Shop. Stiker yang ada di LINE sangat banyak dan beragam mulai dari kartun, anime, komik terkenal bahkan selebriti.

Group Chat yang ada di LINE terlihat cukup membantu karena kita bisa tahu berapa banyak orang yang telah melihat pesan kita. Terkadang LINE juga mengadakan berbagai event dengan hadiah menarik. Seperti kuis yang berhadiah pulsa atau smartphone untuk peserta tercepat.

line

Jika hanya melihat jumlah fitur yang disuguhkan, mungkin BBM bisa dibilang yang terjelek dari ketiga aplikasi tersebut.

Alasannya jika dilihat dari segi informasi, BBM hanya dapat menemukan orang yang sudah berada di kontaknya yang berupa pin BBM.

Hal ini kurang membantu untuk menemukan seseorang jika dibandingkan dengan Whatsapp atau LINE yang bisa menemukan orang dari nomor teleponnya. Meski memang, hal itu juga berarti BBM bisa digunakan untuk privasi yang lebih baik

Dari segi tampilan, BBM juga terlihat biasa saja dibanding dengan Whatsapp dan LINE yang dari awal terlihat menarik. Selain itu BBM memakan RAM yang cukup besar sehingga bisa membuat ponsel menjadi lemot.

Itulah pendapat saya tentang perbandingan dari ketiganya. Bagaimana pendapatmu?

Diedit oleh Yabes Elia