Unboxing Zenfone 4 Max PRO, Youtuber Ini Ternyata Salah Sebut Spec-nya!

Unboxing Asus Zenfone 4 MAX PRO

Asus memang belum secara global resmi mengungkapkan seri Asus terbarunya. Saat ini Zenfone 4 yang pertama kali diperkenalkan adalah varian Max Pro (Zenfone 4 Max ZC554KL), yang sudah dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp2.8 jutaan. Ya, sudah dijual resmi, namun belum launching. Imbasnya, minim informasi spesifikasi resmi, dan membuat mereka yang menantikan Zenfone 4 bingung dengan banyaknya varian Android Asus Zenfone 4.

Baca Juga

Seperti yang sudah kami tuliskan sebelumnya, Zenfone 4 Max tipe ZC554KL memang sudah dijual di Rusia awal bulan Juli lalu. Seharusnya, acara peluncuran resmi keluarga Zenfone 4 berlangsung 17 Agustus nanti. Meskipun belum diluncurkan resmi, di Asus Rusia sudah memajang varian tersebut di situs web resmi mereka. Informasi pun bisa didapatkan dengan mudah, walau, tetap saja rancu, mengingat disebutkan prosesornya ada dua pilihan, Snapdragon 425 dan 430.

Kebingungan kembali berlanjut, ketika kemarin muncul bocoran versi kecil dari Zenfone 4 Max. Menggunakan layar 5.2 inci, Asus menggunakan nama yang sama seperti varian yang lebih gahar. Jelas, ini bisa menimbulkan kebingungan pasar. Apalagi nama Zenfone 4 ini sendiri sudah mereka gunakan pada keluarga Zenfone pertama, Zenfone 4 yang dijual tahun 2014 lalu.

Ya, bukan Asus namanya jika mereka tidak sanggup membuat pasar bingung dengan banyaknya tipe smartphone-nya mulai Zenfone 2, banyak sekali variannya. Ada yang berlayar 5 inci, 5.5 inci, Selfie, Laser, Max, sampai yang layarnya 6 inci. Zenfone 3 pun demikian (ada varian biasa 5.2 inci yang ini pun terbagi dalam pilihan dua jenis RAM, layar 5.5 inci, Laser, Max, Deluxe sampai Zoom), memaksa siapa pun yang ingin membeli Android Asus mutlak harus buka katalog dan menghafalkan kode Zenfone mereka, yang dalam hal ini untuk seri Max mengambil basis kode “ZC.”

Spesifikasi Asus Zenfone 4 ZE554KL Gahar Banget! Sayang, Harganya Bikin Illfeel

Bocor! Spesifikasi Asus Zenfone 4 ZE554KL Gahar Banget Pakai CPU Snapdragon Terbaru, benchmark Asus Zenfone 4 price, harga Asus Zenfone 4 Indonesia
Baca Juga

Seperti Zenfone 3 sebelumnya, varian Max untuk Zenfone 4 juga datang dengan tiga pilihan. Setidaknya, sampai artikel ini ditulis, ada tiga tipe terungkap. Ulasan kami sebelumnya terfokus pada pilihan berlayar 5.5 inci resolusi Full HD, dengan kamera dual beresolusi 16+5 megapiksel. Itu adalah varian tertingginya, dan banyak yang menyebutnya sebagai tipe Pro (yang melegakan, tipe ini sudah dijual resmi di Indonesia). Karena sudah dijual resmi, walaupun belum diluncurkan secara resmi, sudah ada banyak Zenfoner yang mendapatkannya. Termasuk seorang Youtuber Indonesia ini, Arrinish.

Korban Pertama Banyaknya Tipe Zenfone 4!


Ketika kami masuk ke situs web resmi Asus Indonesia, jelas Zenfone 4, khususnya varian Max-nya, belum menunjukkan batang hidungnya.

Pada kenyataannya, ketika kami mengecek salah satu toko online Indonesia, Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL sudah banyak yang menjual dengan harga berkisa Rp2.7-2.9 jutaan. Itu garansi resmi, dengan label salah satu distributor Indonesia pada kemasannya.

Tantang OPPO dan Vivo, Piksel Kamera Selfie Asus Zenfone Terbaru Ini Gede Banget

Selfie Expert Sebenarnya, Kamera Swafoto Asus Zenfone 4 Selfie Mencapai 29MP, benchmark Zenfone 4 Selfie benchmark, harga Zenfone 4 Selfie
Baca Juga

Oke, hilangkan kebingungan jika sudah ada yang melakukan unboxing Android yang belum diluncurkan resmi ini. Namun yang penulis sorot adalah imbas dari banyaknya tipe Zenfone 4 (khususnya varian Max), yang (mungkin) mungkin bisa membuat seseorang salah dalam mengenali variannya yang cukup banyak tersebut (sejauh ini diketahui ada tiga tipe Zenfone 4 Max). Youtuber yang dianggap menjadi yang pertama melakukan unboxing Asus Zenfone 4 Max Pro ini cukup pede menyebutkan kembali informasi spesifikasi pada stiker di kemasannya (perhatikan pada menit ke 1:08). Kalian bisa melihat sendiri videonya di bawah.

“Kenapa dibilang Pro, karena dia itu punya kamera belakang itu dua, sama-sama 16MP.”

Unboxing Asus Zenfone 4 MAX PRO Indonesia

Sekali lagi, mungkin karena kurangnya informasi resmi (karena belum launching), atau karena kebingungan sang Youtuber, mengingat ada banyak banget tipe Zenfone 4 Max Pro yang muncul beberapa waktu belakangan, dia tidak sadar sebenarnya spesifikasi Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL tersebut sudah tertulis jelas di bagian belakang kemasannya:

Ta da, jelas tertulis, kamera swafoto 16MP, dan dual-camera utamanya 16MP+5MP untuk lensa wide-angle.

Ini Tablet Android Asus Terbaru Lawannya iPad, Tapi Ada yang Aneh dengan Spec-nya!

Ini Tablet Android Asus Terbaru Lawannya iPad, Tapi Ada yang Aneh dengan Spec-nya! Zenpad 3S 8.0 vs iPad mini, spesifikasi Zenpad 3S 8.0
Baca Juga

Yup, varian Pro ini kamera swafotonya 16MP, dengan dual-camera utamanya mengkombinasikan sensor 16MP + 5MP dengan lensa wide-angle. Spesifikasi ini megejutkan, mengingat Asus Rusia yang sudah menampilkan smartphone ini pada situs web mereka menuliskan jika varian Pro menggunakan kombinasi kamera 8MP untuk swafoto, dan kamera dual 13MP + 5 MP (wide-angle). Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max Pro Indonesia tersebut juga berbeda dengan klaim banyak situs web lainnya yang menyebutkan varian Pro menggunakan kamera dual 13MP + 5 MP.

Bagaimana pun, kami menilai kesalahan sang Youtuber menyebutkan spesifikasinya tersebut, selain karena minimnya informasi produk yang belum diluncurkan resmi, juga ditambah dengan informasi pada kemasannya yang kurang jelas. Seharusnya ditulis juga dual-camera 16MP+5MP, bukan sekadar “16MP dual rear cameras” yang bisa dipastikan membuat siapa saja berpikir kamera Zenfone 4 Max Pro ini ada 3x 16MP.

Kalian Pasti Ngga Sadar, Ini Keunggulan Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max PRO ZC554KL

Banyak yang Belum Sadar, Ini Sebenarnya Keunggulan Spesifkasi Asus Zenfone 4 Max Indonesia, harga Asus Zenfone 4 Max price, camera Asus Zenfone 4 Max
Baca Juga

Sebagai pembanding, satu-satunya rujukan resmi mengenai Asus Zenfone 4 Max ini adalah melalui Asus Rusia (buka tautan ini), yang pada kenyataannya juga membingungkan karena tidak secara gamblang memisahkan spesifikasi antara tipe Pro dengan tipe yang lainnya. Selain itu, juga ada Asus Perancis, yang halamannya sudah diturunkan karena sepertinya tidak sengaja diaktifkan. Kalian bisa melihat versi cache-nya di sini.

Keterangan spesifikasi dari Asus Rusia

Bagaimana menurut kalian, apakah juga pernah merasa bingung ketika akan membeli smartphone Android Asus yang pilihannya banyak banget, namun namanya sama? Untuk keluarga Zenfone 4, khususnya varian 4 Max Pro yang dijual di Indonesia dengan harga berkisar Rp2.8 jutaan, sudah cukup sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan? Tungkan pendapat kalian melalui kolom komentar di bawah.

Mau Beli Asus Zenfone 4 Max ZC520KL? Baca Dulu Artikel Ini (Agar Tidak Salah Beli)

Mau Beli Asus Zenfone 4 Max ZC520KL? Baca Dulu Artikel Ini (Biar Ngga Salah Tipe), harga Asus Zenfone 4 Max Price, benchmark Asus Zenfone 4 Max ZC520KL
Baca Juga

Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL dan Zenfone 4 Max Plus ZC554KL 

  • Chipset: 64-bit Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430, dengan prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 untuk varian Pro. Atau Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425, dengan prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 untuk varian Plus
  • GPU: Adreno 505 dengan 48 ALU dan kecepatan 450MHz untuk varian Pro. Atau Adreno 308 dengan 24 ALU serta kecepatan 500MHz
  • Layar: 5.5-inci Full HD IPS (1080 x 1920-pixel / 401ppi) untuk varian Pro. Atau 5.5 inci HD IPS (720 x 1280 pixels / 267ppi) untuk varian Plus. Keduanya memiliki lapisan kaca 2.5D, berpelindung Corning Gorilla Glass (tidak disebutkan tipenya), layar Tru2Life dengan kecerahan mencapai 450 nits
  • Memory: 3/4GB LPDDR3 RAM untuk varian Pro. RAM 3GB untuk varian Plus
  • Storage: 32/64GB eMMC, plus slot micro SD tersendiri hingga 256GB (bukan hybrid dual SIM) untuk varian Pro. Atau 32GB saja untuk varian Plus.
  • Kamera utama #1: Dual-camera, sensor CMOS 16-megapixel dengan bukaan lensa f/2.0. Didukung teknologi autofocus Phase Detect, Electronic Image Stabilization, lensa 80o dan Dual LED flash. Mampu merekam video pada kualitas 1080p@30fps.
  • Kamera utama #2: Dual-camera 5-megapixel menggunakan lensa wide-angle 120o untuk varian Pro. Untuk varian Plus dual-camera-nya turun menjadi 13MP+5MP.
  • Kamera depan: 16-megapiksel untuk varian Pro (atau 8-megapiksel untuk varian Plus) dengan bukaan lensa f/2.0, lensa wide-angle 76o, ada lampu kilat LED flash, mampu merekam video pada kualitas 1080p@30fps
  • Baterai: 5,000mAh (non-removable), ada fitur Fast battery charging, ada fitur reverse charging (bonus USB OTG dalam paket pembelian).
  • OS: Android 7.1 Nougat, Zen UI 4.0
  • Dimensi: 154 x 76.9 x 8.9 mm
  • Berat: 181gram
  • Jaringan: Cat4 hingga kecepatan maksimal unduh dan unggah 150/50 Mbps, 3G / 2G (dual SIM pada beberapa wilayah), mendukung 4G+ VoLTE
  • Ada Radio FM, ada port audio 3.5mm
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b, g, n / micro USB 2.0 / USB Host / USB OTG / Bluetooth 4.1 / A-GPS dengan dukungan satelit GLONASS dan BDS
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, light
  • Warna: Titanium Gray, Rose Pink, dan Sand Gold

Sumber: Youtube