7 Alasan Kenapa Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis!

baterai smartphone

Sehebat apapun smartphone Android atau iPhone kamu, ia tidak akan berguna saat kehabisan daya baterai. Tidak jarang juga, baterai smartphone kamu sudah sekarat meski hari masih siang.

Memang, salah satu solusi yang paling mudah adalah membeli ponsel baru dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Namun, mungkin kondisi kantong kamu sedang tidak bersahabat.

Lagipula, mungkin ada sejumlah hal yang bisa kamu cek terlebih dahulu sebelum membuang ponsel lama kamu. Berikut ini adalah 7 alasan terbesar yang mengakibatkan baterai smartphone kamu cepat habis.

1

Layar Terlalu Terang

Salah satu penyedot daya baterai smartphone terbesar adalah tingkat kecerahan layar yang diset terlalu tinggi. Kalau kamu malas menggantinya secara manual setiap kali keluar masuk ruangan, kamu bisa menyetelnya di auto adjust.

Namun jika kamu termasuk yang jarang keluar rumah atau menggunakan ponsel di luar saat siang hari, ada baiknya kamu menyetelnya cukup redup secara manual.

Lupa Password Wi-Fi? Ini Caranya Melihat Password Wi-Fi yang Tersembunyi di Android!

Kamu lupa password Wi-Fi kamu? Kamu baru beli perangkat baru yang harus terhubung ke jaringan Wi-Fi lama? Lihat caranya di sini.
Baca Juga

Kamu juga bisa mempercepat layar dimatikan saat ponsel tidak digunakan untuk sedikit menghemat daya.

2

Smartphone Selalu Mencari Wi-Fi

Menggunakan Wi-Fi ketimbang koneksi 3G / 4G memang lebih bersahabat untuk kantong. Namun jika smartphone kamu terus menerus mencari jaringan Wi-Fi saat kamu sedang di perjalanan, pergi bareng teman, atau kegiatan outdoor lainnya, hal tersebut dapat membuat baterai boros daya.

Jika kamu tahu tidak akan terhubung dengan jaringan Wi-Fi dalam waktu yang cukup lama, matikan Wi-Fi agar ponsel kamu tidak terus menerus mencari jaringan yang tidak bisa kamu gunakan.

3

Terlalu Banyak Notifikasi

Jika kamu sudah lama menggunakan ponsel pintar, kamu pasti tahu bahwa ponsel pintar kamu tambah lama tambah cerewet.

Kalau kamu tidak mengaturnya, ponsel kamu akan bergetar-getar tiap sekian detik, entah itu gara-gara Facebook, grup-grup Whatsapp yang sebenarnya tidak pernah kamu baca, game, ataupun pesan singkat yang berisi iklan dari provider seluler kamu.

Hal tersebut akan membuat baterai ponsel kamu cepat kehabisan daya. Karena itu, kamu harus mengatur notifikasi tadi satu per satu. Mute grup Whatsapp yang mungkin tidak pernah dibaca atau matikan fitur notifikasi dari semua game yang diinstal di ponsel kamu.

4

Aplikasi yang Sibuk Sendiri di Balik Layar

Kamu bisa mencari tahu sendiri aplikasi apa yang paling boros untuk baterai kamu, dengan membuka bagian Battery di Setting.

Kemungkinan besar, aplikasi-aplikasi yang ada di sana adalah aplikasi yang baru saja atau sering kamu gunakan. Jika ada aplikasi lainnya yang sebenarnya jarang kamu gunakan tapi ada di daftar tersebut, tenggelamkan, eh maksudnya matikan saja.

5

Terlalu Banyak Aktivitas yang Boros Baterai

Mungkin kamu lagi galau jadi sering buka tutup jejaring sosial atau Whatsapp dalam satu menit, buka tutup Google Maps tanpa alasan yang jelas, streaming YouTube seharian, atau aktivitas ponsel lain yang butuh konsumsi data yang intensif.

Internal Storage Penuh? Ini 4 Cara Memindahkan Aplikasi & Game ke SD Card di Android!

Batasan storage itu mungkin memang jadi salah satu masalah gamer mobile yang paling menyebalkan. Namun ternyata ada beberapa solusi untuk hal ini.
Baca Juga

Segala macam aktivitas di ponsel yang butuh data intensif, otomatis juga akan butuh daya yang lebih boros. Pastikan saja kamu tidak terlalu banyak beraktivitas yang butuh koneksi data tinggi jika kamu ingin baterai ponsel kamu tetap menyala sampai malam hari.

6

Aplikasi yang Butuh Resource Besar

Selain aplikasi yang butuh konektifitas tinggi, aplikasi yang butuh resource besar juga membuat baterai ponsel lebih cepat habis. Menonton video atau bermain game itu jauh lebih boros resource alias lebih berat ketimbang sekedar membaca berita.

Jadi, jika kamu tetap ingin bermain game atau menonton video, pastikan saja kamu sudah punya akses ke colokan listrik.

7

Sinkronisasi Data dan Aplikasi Otomatis

Hal ini mungkin jarang disadari oleh banyak pengguna tapi salah satu alasan lain kenapa baterai smartphone kamu cepat habis adalah ponsel kamu terus menerus melakukan back-up dan sinkronisasi.

Back-up dan sinkronisasi memang fitur canggih namun jika ponsel kamu selalu tewas atau sekarat meski hari masih terang, tak ada salahnya untuk mematikan fitur tersebut dan lakukan back-up dan sinkronisasi manual secara berkala.