170GB Ngga Sebanding dengan Fakta Mengejutkan FF XV: Pocket Edition Berikut Ini

Final Fantasy XV: Pocket Edition

Banyak yang kaget dengan kebutuhan ruang penyimpanan di PC untuk memainkan Final Fantasy XV versi Windows, yang mencapai 170 GB. Namun tampaknya kendala tersebut tidak akan ditemui untuk versi mobile-nya yang baru nantinya, Final Fantasy XV: Pocket Edition

Mungkin banyak diantara kalian yang sudah memainkan game Android Final Fantasy XV: A New Empire, dan merasa kecewa karena ternyata pola permainannya berbeda dari Final Fantasy pada umumnya.

Square Enix sepertinya paham. Antara mereka mendengar keluh-kesah ppenggemar, dan juga belum puas memanen franchise terbarunya, anggota Final Fantasy XV, melalui acara pamera game Gamescom 2017 yang berlangsung mulai hari ini hingga 26 Agustus 207 besok, Square Enix mengumumkan Final Fantasy XV: Pocket Edition.

Layak untuk dinantikan, terutama bagi kalian yang belum memainkan gamenya di konsol. Yah, walaupun kualitasnya tidak akan seperti aslinya, namun setidaknya dari presentasi yang sudah diberikan, juga tidak akan membuat gadget mobile kalian kehabisan ruang penyimpanan.

Akhirnya, MMORPG Final Fantasy XV: A New Empire Muncul di Android!

Akhirnya, MMORPG Final Fantasy XV: A New Empire Muncul di Android! Download Final Fantasy XV: A New Empire APK, APK Final Fantasy XV: A New Empire MOD
Baca Juga

Menurut Square Enix, Final Fantasy XV Pocket Edition bakal membawa isi versi konsolnya ke perangkat mobile. Seperti tipikal game mobile, dan juga banyak game ponsel mereka dewasa ini, kalian bisa mencoba memmainkannya terlebih daahulu secara gratis.

Apa yang bisa membuat kami bisa menyimpulkan kebutuhan ruang penyimpanan untuk game ini tidak semasif versi Windows-nya adalah, ketika melihat presentasi visualnya. Karakternya tidak seperti yang kita ketahui, proporsional, dan detialnya tinggi. Gaya visual karakternya lebih berkesan begitu imut dengan mode chibi, seperti beberapa game remake Final Fantasy mereka sebelumnya untuk Android dan iOS, atau lebih spesifik, gaya desain game PS4 dan PS Vita World of Final Fantasy yang sudah dirilis tahun 2016 lalu.

Untungnya, hanya gaya desain karakternya saja yang berbeda. Bisa jadi, resolusi keseluruhan visual selama permainannya juga tidak sebesar versi konsol dan PC, yang memang mendukung sampai tampilan 4K 3840 x 2160 piksel. Square Enix mempertahankan semua personel dan jalan cerita utama versi konsol. Selain itu, penyesuaian lain diberikan untuk kontrolnya, agar bisa lebih mudah dioperasikan pada perangkat berlayar sentuh, agar lebih nyaman selama kalian mengendalikan karakter menjelajahi dunia Eos.

Dibalik Gerhana Matahari dan 69 Emoji, Ini Fitur Android 8.0 Oreo yang Perlu Diketahui

Dibalik Gerhana Matahari dan 69 Emoji, Ini Fitur Android 8.0 Oreo yang Perlu Diketahui, download Android 8.0 Oreo download, HP yang dapat Android Oreo
Baca Juga

Bagi yang familiar dengan cara monetisasi Square Enix untuk game Final Fantasy mereka di level mobile, pasti juga tidak heran jika game ini nanti bakal terbagi dalam bentuk episode. Kami mendengar bakal ada 10 episode Final Fantasy XV Pocket Edition, dengan yang pertama bisa diunduh dan dimainkan gratis, dan yang chapter lanjutannya tersedia sebagai in-app purchase. Semua episode tersebut bakal mereka selesaikan ketika Final Fantasy XV Pocket Edition dirilis akhir tahun ini untuk platform Android, iOS dan Windows 10.

Mengenai harganya, belum diungkapkan dalam press-release mereka. Namun melihat ke belakang, game-game Final Fantasy mereka tergolong mahal. Kami memprediksi keseluruhan episode Final Fantasy XV Pocket Edition dijual hingga lebih dari Rp200 ribuan.

FINAL FANTASY XV POCKET EDITION Announcement Trailer

Fakta Lain Final Fantasy XV Pocket Edition


Beberapa fakta lain mengenai game ini yang terungkap dari mulut sang sutradara, Hajime Tabata, melalui wawancara media Jepang Dengeki, diantaranya sebagai berikut:

  • Pengembangan game ini dimulai dua tahun yang lalu, setelah mereka selesai merilis Final Fantasy XV Episode Duscae.
  • Final Fantasy XV Android ini sudah direncanakan eksistensinya oleh tim inti Final Fantasy XV sejak versi konsolnya dikembangkan empat tahun yang lalu.

Redmi Note 5A Dikeroyok OPPO A57 + F1s dan Vivo V5! Hasilnya, No.5 Menyakitkan

Hasil Pertarungan Redmi Note 5A vs OPPO A57 + F1s dan Duo Vivo V5 (No.5 Menyakitkan!), harga Redmi Note 5A Prime, spec Redmi Note 5A Prime benchmark
Baca Juga
  • Tidak akan ada side quest dan konten tambahan seperti versi konsolnya, namun skenarionya fokus pada cerita, serta menyampaikan kembali apa yang paling penting dari jalan cerita Final Fantasy XV.
  • Total ada 10 chapter, dengan chapter pertama gratis, serta setiap chapter lanjutannya dijual dengan harga 360 Yen, atau sekitar Rp45 ribuan. Ya, totalnya menjadi sekitar Rp400 ribuan!
  • Pembelian secara bundle, atau keseluruhan chapter sekaligus akan mendapatkan diskon.
  • Waktu permainan untuk setiap chapter sekitar 2 jam saja, dengan total diperkirakan membutuhkan waktu 20 jam untuk menyelesaikan semua permainan.

Lanjutkan Permainan, Trooper! Kalian Bisa Download Update PB Strike 1.0.7 APK di Sini!

Versi baru PB Strike, cara update PB Strike versi terbaru, download update PB Strike 1.0.7, cara mainkan PB Strike update terbaru
Baca Juga

Paling menarik dari penuturan Tabata dalam wawancara Dengeki di atas adalah harganya. Kalikan angka Rp45 ribu dengan 9 chapter, maka didapatkan harga keseluruhan Rp400 ribuan. Jika dibandingkan dengan game konsolnya yang saat ini dijual sekitar Rp600-700 ribuan (yang kondisi 2nd pun banyak bertebaran di harga Rp400 ribu, dengan kondisi yang masih ok), jelas versi mobilenya ini sangat mahal (bahkan kelewat mahal)! Square Enix memang paham bagaimana menambah pundi-pundi mereka dari proyek sampingan Final Fantasy XV seperti ini!

Sumber: Square Enix