Prototipe NVIDIA Shield Portable 2 Ditemukan di Tukang Loak!?

nvidia shield
image credit: FwrigginRwootbeer

Jika kamu suka dengan PC gaming ataupun mobile gaming, kamu pasti pernah mendengar sebuah perangkat gaming Android yang bernama NVIDIA Shield yang dirilis di tahun 2014 silam.

Sayangnya, perangkat tersebut memang tidak resmi masuk Indonesia karena, kala itu, menurut perwakilan dari NVIDIA Indonesia, tidak banyak unit yang tersedia untuk dijual.

Pengen Main Game PC di Android? Pakai Aplikasi Ini!

Main game Android di PC itu sekarang mudah karena ada banyak emulator. Namun bagaimana jika sebaliknya? Bisakah kita main game PC di Android?
Baca Juga

NVIDIA Shield ini sebenarnya memang sangat fenomenal dan istimewa berhubung memang tidak banyak perangkat Android yang ditujukan khusus untuk kebutuhan gaming. Hebatnya lagi NVIDIA Shield juga memiliki teknologi GPU-stream dari NVIDIA yang memungkinkan kamu memainkan game PC di perangkat Android tersebut.

image credit: FwrigginRwootbeer

Karena itu, rumor dan berita tentang penerus NVIDIA Shield ini juga selalu ditunggu dan dicari.

Menariknya, salah seorang Redditor asal Kanada dengan nama akun FwrigginRwootbeer menemukan sebuah prototipe yang diduga NVIDIA Shield Portable 2 di satu toko loak.

Perangkat dengan code-named loki_e_wifi tersebut dibekali dengan sebuah prosesor NVIDIA Tegra quad-core yang berjalan pada kecepatan 1.91 GHz (A57). Menurut buku manualnya yang sempat diunggah ke situs FCC (Federal Communications Commissions) di Januari 2017, namanya Tegra X1.

image credit: FwrigginRwootbeer

Selain prosesor tadi, prototipe ni juga dibekali dengan internal storage sebesar 32GB, RAM 3GB, dan layar beresolusi 1440×810 dengan ukuran sebesar 5,89 inci.

Sayangnya, prototipe ini masih berjalan pada sistem operasi Android 5.0.1 Lollipop. Hal ini berarti ia memang prototipe lama. Bisa jadi, perangkat ini tadinya dijadwalkan untuk dirilis di tahun pertengahan 2015 atau awal 2016 sebelum akhirnya dibatalkan.

Menurut buku manual tadi, perangkat ini juga mampu menjalankan Android TV yang mungkin nantinya akan berbasis Marshmallow atau bahkan Nougat. Ia juga mampu menjalankan game di resolusi 1080p di 60 fps seperti Nintendo Switch (yang juga menggunakan CPU Tegra X1).

image credit: FwrigginRwootbeer

Namun demikian, ada satu ketidakcocokkan spesifikasi antara ukuran layar yang ditampilkan di CPU-Z di perangkat ini dengan yang ada di buku manualnya.

Di CPU-Z, layarnya tertulis selebar 5,89 inci. Sedangkan di buku manualnya tertulis 5,66 inci. Selain software dan perbedaan ukuran layar tadi, semua spesifikasi lainnya tertulis sama persis. Bahkan foto yang diunggah juga terlihat identik dengan gambar yang diunggah di situs FCC tadi.

image credit: FCC

Jadi, kemungkinan besar, perangkat ini memang prototipe NVIDIA Shield Portable 2.

Meski begitu, sebelum kalian semua kegirangan, penemuan ini tidak menunjukkan adanya indikasi apakah memang proyek NVIDIA Shield Portable 2 memang akan dilanjutkan, kapan, dan apakah akan masuk ke Indonesia atau tidak.

Saya akan mencoba menanyakan hal tersebut ke NVIDIA Indonesia namun jangan berharap banyak ya…

sumber:FwrigginRwootbeer via Reddit