ZenUI 4.0 vs 3.0! Selain Bersih-Bersih Bloatware, ASUS Puaskan Gamer dan yang Berkepribadian Ganda!

zenui 4.0

ZenUI mungkin memang jadi salah satu keistimewaan ZenFone dari ASUS. Namun, sayangnya, ZenUI sebelumnya justru malah dikenal dengan banyak bloatware alias aplikasi pre-installed yang tidak penting.

Namun, ASUS mendengarkan masukkan dari para penggunanya dan memberikan versi terbaik ZenUI mereka di versi 4.0 ini. Lalu apa sajakah sebenarnya fitur-fitur baru dari ZenUI 4.0 yang tidak bisa didapat di versi pendahulunya?

1

Bersih-Bersih Bloatware

Mungkin inilah perbedaan yang paling pantas diacungi jempol. Di versi sebelumnya, ada 35 bloatware yang terinstall sedangkan, di versi 4.0, jumlah tersebut sudah dipangkas jadi 13 aplikasi, ditambah dengan Facebook, Facebook Messenger, dan Instagram.

Bloatware ini memang sungguh menyebalkan karena, selain memakan ruang di internal storage, bisa jadi mereka juga memakan memori ponsel karena terus berjalan di background.

Tanpa Perlu Beli Asus Zenfone 4, Ini Cara Install Aplikasi ZenUI 4.0 di Zenfone Tipe Lama

Tanpa Perlu Beli Asus Zenfone 4, Ini Cara Install Aplikasi ZenUI 4.0 di Zenfone Tipe Lama, download Aplikasi ZenUI 4.0.APK, download ZenUI 4.0.APK
Baca Juga

Kami sungguh mengagumi keputusan ASUS soal pemangkasan bloatware ini. Semoga produsen-produsen lainnya yang masih hobi menjejali bloatware bisa mengikuti jejak ASUS.

2

Fitur Baru Game Genie

Berhubung saya memang gamer, inilah salah satu fitur pertama yang saya perhatikan. Memang Game Genie sebelumnya sudah diberikan di ZenUI 3.0 namun, di versi 4.0 ini, ASUS menambahkan fungsi makro dengan Game Genie!

Iya, fungsi makro. Buat kalian yang suka dengan PC gaming dan mengikuti tren peripheral gaming, kalian pasti tidak asing dengan fungsi makro.

Buat yang belum tahu, fungsi makro mengijinkan kamu menjalankan sejumlah perintah hanya dengan satu tombol. Jadi misalnya, kamu bisa merekam fungsi makro yang isinya tap-tap tanpa henti.

Dengan begitu, kamu bisa memainkan tapping game seperti Tap Titans, Bitcoin Billionaire, atau yang lainnya hanya dengan satu kali perintah alias kamu tak perlu lagi terus-terusan tap-tap.

Selain itu, kamu juga bisa menjalankan berbagai combo-combo maut yang mungkin memang sulit untuk dilakukan berulang-ulang, hanya dengan satu kali sentuhan.

Ini juga fitur fenomenal sebenarnya namun jarang dibahas di media lainnya, mungkin karena penulisnya bukan gamer. Pasalnya, fitur tersebut sebenarnya memang bisa didapatkan dengan menginstall aplikasi tambahan, Hiro Macro misalnya. Namun aplikasi tersebut hanya bisa digunakan di ponsel yang sudah di-root.

Game Genie tidak mengharuskan kamu nge-root Android tapi kamu tetap bisa mendapatkan fitur istimewa ini.

3

Dual Kepribadian

Maksudnya, ZenUI 4.0 juga akan mengijinkan kamu menggunakan 2 aplikasi yang sama dengan login akun yang berbeda. Misalnya 2 Facebook, satu untuk akun bujangan, satu untuk akun yang sudah jadi bapak-bapak.

Whatsapp juga diberlakukan seperti itu. Jadi, kamu bisa selingkuh jauh lebih mudah lagi dari sebelumnya… wkwkwkwkw…

Hal ini juga sangat-sangat berguna. Saya sendiri sudah mencoba berbagai aplikasi tambahan yang juga mengijinkan fungsi yang sama. Namun saya harus hapus-install berbagai aplikasi sampai menemukan yang paling sesuai. Apalagi selingkuhan saya banyak – ada yang fiktif dan ada yang tidak nyata nyahahaha

Lagi-lagi, aplikasi-aplikasi semacam itu juga biasanya mengharuskan kamu nge-root Android jika fungsi semacam ini tidak disematkan langsung oleh sang produsennya.

4

Safeguard

Apa ini semacam bodyguard? Mungkin bisa dibilang seperti itu. Safeguard mengijinkan keluarga dan orang-orang terdekat kamu untuk mencari tahu lokasi kamu jika kamu mengijinkannya.

Kamu juga bisa mengirimkan fitur bantuan darurat ke nomor yang sudah kamu setel sebelumnya atau nomor-nomor penting lain untuk kondisi darurat – misalnya fast food delivery karena darurat banget ketika lapar melanda.

Fitur ini memang sangat-sangat menarik namun, jujur saja, saya masih belum terbayang fungsinya di Indonesia jadi seperti apa. Di AS, ada nomor 911 yang selalu siap dihubungi saat darurat. Di Indonesia?

Saya benar-benar tidak bisa membayangkan fungsi ini untuk kebutuhan darurat, seperti di luar sana. Walau memang yang salah ya bukan ASUS nya juga sih tapi pelayanan publik kita yang …. (isi sendiri ya).

5

Page Maker

Fitur selanjutnya akan sangat berguna buat kamu yang suka keluar masuk rimba dunia maya sampai seringnya tidak tahu lagi bagaimana kamu bisa sampai ke sana, atau kembali lagi ke sana.

Page Maker ini sangat berguna sekali sebagai penanda artikel yang nantinya bisa kamu akses lewat ponsel, laptop, atau malah desktop. Mungkin bisa dibilang fitur ini semacam pembatas buku digital yang bisa diakses di berbagai platform.

Lalu bedanya apa sama fitur Bookmark di Chrome?  Bedanya, mungkin fitur ini jauh lebih rapih dan lebih mudah dicari kembali di kemudian hari.

6

Tampilan yang Lebih Seksi dan Elegan

zenui 4.0

Mungkin memang fitur ini yang pertama kali dibanggakan atau ditampilkan pertama oleh ASUS sendiri. Namun, saya ingin tampilan ini yang jadi penutup artikel kita sekarang.

Dandani Android dengan 7 Tema Android Terbaik Biar Lebih Seksi

Tema Android memang menjadikan perangkat kita jadi lebih sedap dipandang. Namun manakah yang paling cantik dan cakep di antara ribuan tema?
Baca Juga

Meski memang terlihat lebih seksi, minimalis, dan elegan, tampilan ini juga sebenarnya sangat subjektif – bisa jadi kamu lebih suka desain gonjrang ganjreng yang norak abis. Plus sejumlah launcher atau custom ROM juga bisa menawarkan tampilan visual yang tak kalah seksi.

Meski demikian, mencoba launcher dan custom ROM yang jumlahnya puluhan itu buang waktu yang cukup lama. Jadi, kalau kamu suka desain yang bersih dan elegan, ZenUI 4.0 akan membuat kamu semakin jatuh cinta kepadanya.

Itu tadi 6 fungsi baru yang membedakan ZenUI versi 4.0 dengan pendahulunya. Memang sebenarnya masih ada lagi beberapa fitur barunya, namun, setidaknya menurut saya pribadi, ke 6 fitur tadilah yang akan membuat ZenFone lebih centil menggoda berkat ZenUI nya.

Sumber: ASUS