Sudah Saatnya Gelombang Kedua Xiaomi Mencicipi Versi Beta dari MIUI 9!

MIUI 9

Kini Xiaomi telah merilis ROM MIUI 9 Beta/Developer, untuk barisan ponselnya yang kedua. Bagian yang pertama sendiri muncul pada awal Agustus kemarin. Di bawah ini akan disebutkan daftar smartphone bagian kedua yang mendapatkannya.

Sebelumnya, Xiaomi telah mengumumkan giliran kedua dari MIUI 9 versi Beta/Developer, yaitu: Xiaomi Mi Mix, Mi Max, Mi Max 2, Redmi 4, Redmi 4X, Mi 5, MI 5s, Mi 5s Plus dan Mi Note 2. Xiaomi merilis versi developer dari MIUI 9 untuk barisan pertama pada minggu kedua di bulan Agustus. Redmi Note 4, Redmi Note 4x dan Mi 6 termasuk di barisan pertama.

Download ROM

Di bawah ini kami berikan tautan untuk masuk halaman download file .zip tiap ROM. Cek di bagian Beta/Developer ya, baik yang Global/China, untuk menemukan ROM MIUI 9, yang kode versinya 7.8.24. File ini untuk kalian yang sudah menjalankan ROM Beta / Developer (tinggal install file .zip melalui Updater).

Namun jika kalian menggunakan ROM Stabil, harus gunakan ROM fastboot 7.8.24 untuk masing-masing Xiaomi tersebut bisa kalian unduh disini: http://en.miui.com/a-234.html. Untuk install ROM fastboot berbentuk file.tgz tersebut, ikuti panduan kami di bagian bawah artikel ini. Sedangkan berikut tautan untuk mengunduh file ROM fastboot.

Dengan rilisnya versi Beta secara bergiliran, saat ini Xiaomi sedang mencoba UI baru untuk barisan smartphone-nya yang luas. Xiaomi memamerkan MIUI 9 miliknya pertama kali pada bulan Juli lalu, bersamaan dengan dirilisnya Mi 5x.

Versi MIUI yang terbaru diklaim dapat memuat aplikasi lebih cepat, asisten yang cerdas, launcher yang canggih dan lain-lain. MIUI 9 akan tersedia untuk semua smartphone Xiaomi setelah versi Beta miliknya selesai dirilis sampai pada giliran ketiga, yang termasuk Redmi 2, Redmi 2 Prime, Mi 3, Mi 4 dan lainnya.

Segala masalah yang terjadi pada UI selama tahap uji coba akan dicatat dan diperbaiki secara keseluruhan oleh tim Xiaomi sebelum MIUI 9 dipamerkan ke masyarakat umum.

Jika smartphone milikmu sebelumnya telah berada di versi Beta, kamu bisa menggunakan update OTA yang seharusnya sudah didapatkan ponselmu. Dan jika ponselmu berada pada ROM yang stabil, kamu harus melakukan flash pada update ini via fastboot (ingat untuk membuka bootloader dahulu jika terkunci).

Jika kamu merasa tidak nyaman menggunakan software yang belum resmi dirilis, kamu bisa menunggu sampai versi stabilnya dirilis pada bulan September nanti.

Cara Install MIUI 9 Beta Rom

MIUI 9
Sumber: Pickaboo Official Blogspot

Pada dasarnya ROM berikut merupakan bagian dari MIUI 9 Beta Program, namun kalian yang tidak termasuk di dalamnya bisa juga mendapatkan tautan untuk mengunduhnya dan install secara manual (baca, flashing). Panduan berikut memang untuk Xiaomi Redmi Note 4X atau Xiaomi Mi 6, namun kalian yang sudah mengunduh file ROM fastboot di atas bisa menggunakan panduan mulai pada bagian flashing via Mi Flash.

Pertama, kalian perlu download ROM MIUI 9 Beta (sesuaikan untuk tipe smartphone yang kalian miliki) dan program Xiaomi MiFlash dari tautan berikut.

Keduainstall MiFlash di PC kalian (disarankan restart PC setelah install). Program flashing terbaru ini sudah mendukung sistem 32/64 bit, dan driver yang diperlukan juga built-in di dalamnya. Jika program ini sudah ada di PC kalian, langsung ke langkah selanjutnya.

Ketiga, siapkan ROM yang sudah kalian unduh di atas. Jika formatnya .TGZ, ekstrak dulu menggunakan WinRAR. Jika Mido kalian ada TWRP-nya, tinggal salin ROM format .ZIP ke dalam ruang penyimpanan internal, dan flash via TWRP. Melalui TWRP juga, kalian bisa backup ROM Mido yang saat ini digunakan, untuk sewaktu-waktu kembali ke kondisi awal setelah puas mencoba MIUI 9 Beta ini.

MIUI 9

Keempat, khusus yang flashing menggunakan MiFlash, siapkan dulu perangkat kalian. Aktifkan USB Debugging, yang diperlukan untuk proses flashing dan instalasi driver. Kalian bisa aktifkan USB Debugging melalui developer option.

Jika opsi pengembang ini belum muncul, bisa kalian aktifkan dengan cara masuk ke Settings-> About Phone, dan ketuk pada kolom nomor versi MIUI, sampai muncul notifikasi di layar yang mengatakan jika kalian kini sudah menjadi developer. Kembali ke menu Setting utama, masuk ke Additional setting, dan di sana ada opsi baru Developer option, dimana kalian bisa aktifkan mode USB Debugging.

Kelima, kalian harus masukkan Xiaomi kalian ke dalam mode Fastboot. Caranya, matikan dulu Xiaomi kalian. Kini sebelum menyalakan, tahan tombol Volume Bawah, lalu tahan juga tombol Power, sampai masuk ke mode Fastboot.

Kabel Deep Flash untuk Xiaomi. Sumber: AliExpress.com

Pada beberapa kasus, proses flashing via MiFlash akan menjadi lebih mudah ketika Xiaomi kalian berada dalam mode EDL, salah satu mode khas perangkat yang menggunakan chipset Qualcomm.

Untuk yang satu ini, cara termudah masuk ke mode EDL adalah dengan menggunakan kabel Deep Flash, yang banyak dijual di Toko Hijau atau Toko Merah. Khusus untuk mode EDL ini, hanya dengan catatan jika Xiaomi kalian tidak dikenali MiFlash ketika masuk dalam mode Fastboot.

Keenam, dengan catatan kalian menggunakan metode flashing melalui Fastboot,saat Mido atau Sgit dalam mode tersebut, hubungkan ke PC.

Kedelapan, lanjutkan dengan klik tombol Refresh untuk memunculkan Xiaomi kalian yang sudah terhubung ke PC.

Langkah kesembilan, klik tombol Flash untuk memulai flashing ROM MIUI 9 Beta tersebut. Tunggu sampai ROM tersebut selesai di-install.

Setelah selesai, dan sukses prosesnya, kalian bisa lepas kabel, tahan tombol Power sampai Mido atau Sagit menyala, dan nikmatilah MIUI 9 Beta tersebut. Walaupun masih OS Beta yang identik dengan kata uji coba, namun banyak pengguna Mido dan Sagit yang mencobanya mengaku kagum dengan kehalusan antarmuka baru ini, dan terasa lembut animasinya serta cepat perpindahan UI-nya.

Tandai Tanggalnya, Ini Jadwal Resmi Download OTA MIUI 9 Xiaomi Dirilis

Tandai Tanggalnya, Ini Jadwal Redmi Download OTA MIUI 9 Dirilis, cara install MIUI 9, Download MIUI 9 di Xiaomi, cara upgrade Xiaomi MIUI 9
Baca Juga

Selain itu, install ROM Beta MIUI 9 ini juga langsung meningkatkan versi Android Mido khususnya, menjadi Android 7.0 Nougat. Kalian mungkin butuh sedikit waktu untuk mengenali beberapa hal baru di sini, seperti adanya option baru yang disebut my device, yang menunjukkan informasi mengenai detail hardware dan software dan Mido dan Sagit, hingga adanya fitur split screen yang sudah lama dirumorkan kehadirannya.