Berkat Intel Myriad X, Drone atau Kamera Pengawas Bisa Saja Gantikan Peran Manusia

Intel Myriad X

Intel Myriad X, VPU pertama dengan Neural Compute Engine yang akan memberikan kemampuan pada perangkat untuk bisa melihat, memahami dan berinteraksi dengan dunia sekitar secara Real-Time.

Intel selalu memiliki mimpi di mana teknologi akan membawa kita semua ke tingkat yang lebih tinggi, bahkan lebih dari sekedar merancang masa depan. Myriad X, merupakan VPU (Vision Processing Unit) pertama di dunia yang bisa mengirimkan Neural Compute Engine, demi menyampaikan kemampuan kecerdasan buatan dengan tenaga minimum, namun memiliki performa tinggi. 

Di tahun-tahun mendatang, akan banyak sekali rangkaian besar dari produk baru yang dibuat lebih otonom yang memiliki kemampuan intelijen real-time di dalam perangkat – mulai dari drone dan smart camera hingga augmented reality – yang akan memberikan mereka kemampuan untuk melihat, mengerti, berinteraksi dan beradaptasi dengan cepat di sebuah keadaan.

Myriad X menggabungkan teknologi pencitraan khusus, computer vision processing dan Neural Compute Engine – pertama di industri – yang akan memberikan performa maksimal di dalam chip yang sama. Dengan kecepatan lebih tinggi yang tertanam di perangkat, hal ini akan meningkatkan potensi untuk membuat dunia lebih aman, produktif dan personal yang tak terbatas. Dengan adanya teknologi drone dan smart camera, Myriad X akan merilis inovasi untuk masa depan perangkat cerdas yang memiliki sistem otomatis.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Intel telah menghilangkan batasan waktu dan daya komunikasi dengan Cloud sehingga bisa menjalankan proses deep learning pada level perangkat. Di sinilah kekuatan VPU masuk – platform Movidius dirancang khusus untuk menjawab tantangan perangkat otonom. VPU kecil kami menempatkan kecerdasan visual langsung di atas perangkat yang memberikan kinerja komputasi terdepan di ambang batas ultralow power.

Inilah saat yang dinantikan sejak Movidius bergabung menjadi bagian dari Intel hampir satu tahun yang lalu. Movidius sudah ikut ambil bagian di berbagai bidang keahlian Intel – mulai dari AI Product Group dan IoTG sampai ke bagian Intel Labs dan RealSense.  Tentunya, hal ini dapat memberikan kekuatan ke dalam teknologi dan mendorong kinerja deep learning dari masa depan ke hari ini melalui Myriad X ke dalam bentuk yang lebih baik dan lebih cepat dari yang pernah dibayangkan.

Intel baru saja memulai ini semuanya. Dari sini, Intel akan terus memanfaatkan kemampuan uniknya, demi menghadirkan solusi end-to-end bagi kecerdasan buatan. Hal ini akan memberikan jalan pada teknologi VPU yang memberikan efek peningkatkan performa pada edge compute tanpa mengorbankan konsumsi daya. Pada sepuluh tahun ke depan, hal ini akan menjadi penanda lahirnya perangkat baru yang akan membuat kita tidak sabar untuk melihat inovasi dari Myriad X.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Saint-Exupéry, “Untuk masa depan, tugas Anda bukan untuk meramalkannya, tapi untuk merealisasikannya,” dan Intel, mencoba untuk merealisasikannya untuk Anda!

Introducing Myriad X: Unleashing AI at the Edge

VPU Intel Movidius Myriad ini merupakan hasil dari pembelian Intel terhadap perusahaan computer vision Movidius di September 2016. Seperti disebutkan melalui press-kit Myriad-X, VPU ini diklaim mampu mengolah hingga 4 TOPS (triliun operasi per detik), atau meningkat hingga 2x lipat dibandingkan chip sebelumnya, Myriad 2. Hal itu jika diaplikasikan pada perangkat, seperti drone atau kamera pengawas misalnya, alat tersebut bukan hanya sanggup mendeteksi obyek yang terlihat pada jarak jangkauan pandangannya saja, namun bisa memproses data lainnya, seperti jenis kelamin hingga usianya.

Intel juga berupaya agar chip terbaru mereka ini bisa bekerja dengan daya yang ekonomis, sehingga cocok diaplikasikan untuk perangkat seperti drone, VR atau AR headset, robot maupun kamera digital cerdas yang mulai banyak diciptakan akhir-akhir ini. Jadi penasaran nih, bakal seperti apa fitur yang diberikan perangkat seperti drone ketika memiliki otak chipset AI yang terintegrasi dengan Neural Compute Engine khusus seperti ini.

Sumber Video: Intel