Ternyata Fitur ”Curian!” Ini 8 Teknologi iPhone X yang Sudah Eksis di Android

iPhone X yang baru saja diresmikan begitu di dewa-dewakan dengan teknologi revolusionernya. Bahkan, ada fiturnya yag diklaim oleh bos Apple, Tim Cook, sebagai yang pertama diterapkan di iPhone mereka. Tetapi jangan salah, Mmyoritas fitur di iPhone X sudah bisa ketebak karena smartphonesmartphone Android udah dari dulu menggunakannya. Berikut daftar fitur iPhone X yang mengambil dari Android.

Percaya nggak, ada beberapa fitur iPhone X yang mengambil dari Android padahal fitur tersebut sudah ada di sebuah smartphone Android dari tahun 2011? Nggak cuman itu aja, berikut ini daftarnya:

10 Alasan Galaxy Note8 Bisa Buat Hidupmu Lebih Damai Dibandingkan iPhone X

Ternyata Galaxy Note8 memiliki keunggulan yang lebih banyak. Penasaran apa saja? Teknosaurus hadirkan perbandingan Galaxy Note8 vs iPhone X Indonesia.
Baca Juga
1

Wireless Charging


Fitur pertama yang menjadi sorotan adalah teknologi wirelss charging. Teknologi ini memungkinkan sebuah smartphone untuk di charge tanpa perlu mencolok kabel ke dalam smartphone. Perantara yang dilakukan biasanya berupa sebuah alat yang menjadi tempat smartphone diletakkan. Kemudian secara otomatis baterai akan terisi.

Nah, Apple mengumumkan teknologi ini tidak hanya untuk iPhone X melainkan iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus. Tetapi apakah kamu tahu bahwa sebuah smartphone Android sudah menerapkan teknologi ini dari tahun 2011?

Ya, smartphone tersebut adalah LG Revolution dan Nexus 4 beberapa lama setelah itu. Teknologi yang digunakan adalah Qi. Awalnya Apple dirumorkan akan menggunakan teknologi wireless charging mereka sendiri. Namun, akhirnya mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan Qi yang menyediakan alat-alat wireless charging yang juga bekerja sama dengan Android.

2

Desain Tipis Bezel


Fitur berikutnya dan saya rasa merupakan fitur paling menonjol dalam mengidentifikasi apakah sebuah smartphone menikuti zaman atau tidak adalah tampilan bezelless-nya. Nah iPhone X nampaknya begitu telat dalam hal ini.

Beberapa smartphone Android seperti Samsung Galaxy S8 dan Essential Phone tentunya sudah mengikuti tren bezelless smartphone. Tetapi sebenarnya yang pertama datang dari Sharp Aquos Pad pada tahun 2014. Tak lama setelah itu Mi Mix semakin mempopulerkan teknologi layar bezelless pada smartphone. 

Hal terpenting dalam bezelless display adalah menjaga agar smartphone tidak terlalu besar dan mudah dipegang. iPhone X memberikan tampilan 5,8 inci diagonal dan saya rasa cukup bagus dalam hal ini. Tetapi kembali lagi bahwa Android sudah sebelumnya mengimplementasikan hal ini.

 

3

Facial Recognition


Facial Recognition/Face Unlock/Face ID adalah fitur sama namun hanya beda nama. Pada intinya teknologi ini memungkinkan smartphone melakukan scanning pada muka pemilikinya dan kemudian membuka smartphone tersebut secara instan. Seharusnya sih instan lebih tepatnya.

Teknologi ini menurut saya adalah teknologi yang harus memiliki banyak uji coba serta pengembangannya karena masih terkesan repot. Di iPhone X contohnya, selain kamu harus memencet layar terlebih dahulu, pihak Apple sempat gagal dalam melakukan scanning yang menyebabkan stock price Apple turun beberapa saat.

Tetapi berbicara mengenai siapa duluan yang menerapkan teknologi ini ke dalam smartphone, Samsung adalah jawabannya. Ya, walaupun tidak sebagus Samsung Galaxy S8 dan Note8, tetapi pada tahun 2011, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Nexus yang menghadiri fitur Face unlock.

4

Video 4K dengan Dual Kamera dan Optical Image Stabilization


Optical Image Stabilization atau OIS adalah teknologi terbaru pada kamera smartphone yang hanya bisa ditemukan pada kategori flagship dan smartphone kelas menengah yang fokus pada kamera. Teknologi ini memungkinkan kita mengambil foto dengan cepat karena kamera begitu cepat melakukan adjustment dalam fokusnya.

Jika berbicara mengenai kemampuan mengambil video kualitas 4K Resolution dengan fitur OIS, maka iPhone X hanya telat sebulan dari pesaingnya, Samsung Galaxy Note8. Maklum, teknologi OIS pantasnya hanya digunakan pada kamera-kamera bagus khususnya yang memiliki dual kamera seperti Note8 dan juga iPhone X.

Sumber: GSMArena

Masih penasaran dengan fitur iPhone X yang mengambil dari Android? Simak halaman selanjutnya. Dijamin pasti bikin kamu kaget dan nggak nyangka!