Ternyata Alasan Twitter 280 Karakter Hanya Karena Masalah yang Sangat Sepele Lho!

fitur baru Twitter 280 Karakter
Sumber: themalaymailonline.com

Kamu pengguna Twitter pastinya kesal dengan batas karakter yang maksimum hanya 140. Jika ada tweet yang terasa penting, tidak akan bisa termuat semuanya karena keterbatasan karakter tersebut. Namun semua itu telah berubah semenjak 2 hari yang lalu saat Twitter mengumumkan bahwa maksimum jumlah karakter yang bisa digunakan sudah menjadi lebih banyak. Tahukah kalian alasan di balik Twitter 280 Karakter?

Saat ini karakter yang bisa digunakan sudah menjadi 280, dua kali lipat lebih banyak dari jumlah sebelumnya yang hanya 140. Berdasarkan informasi dari blog resmi Twitter, inspirasi dari perubahan ini datang dari analisa pengguna bahasa tertentu (Jepang, Korea dan Cina) yang hampir semuanya masih mempunyai ruang dan bisa menulis lebih dalam batasan 140 karakter itu, disamping pengguna yang menggunakan bahasa Inggris, Italia, Spanyol dan Perancis.

Contohnya 9% dari tweet berbahasa Inggris mencapai batasan 140 karakter, namun hanya 0.4% tweet berbahasa Jepang yang mencapai jumlah itu. Demi membuat penguna Twitter lebih nyaman dan bisa mengekpresikan perasaannya dengan lebih mudah, si perusahaan memutuskan untuk mencoba memberikan jumlah karakter yang dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya, yaitu 280.

Twitter berharap ini dapat menghilangkan kekesalan pengguna yang tidak dapat mengekpresikan perasaannya ke dalam tweet yang karakternya ternyata melebihi batas. Tentunya ini juga bertujuan agar lebih banyak orang yang tertarik menjadi pengguna Twitter.

Analisa Pengguna Twitter Berbahasa Inggris dan Jepang. Sumber: Twitter

Saat ini hanya pengguna tertentu saja yang dapat menikmati tweet dengan menggunakan 280 kata, karena mereka dipilih oleh Twitter secara random. Jika belum mendapati kalau maksimum karakter yang dibuat sudah melebihi batas awal pada akunmu, kamu masih mempunyai kesempatan menjadi salah satu pengguna yang dipilih oleh Twitter untuk mencobanya, mungkin minggu atau bulan depan.

Kamu Pecinta One Piece? Mungkin Ponsel Bajak Laut Ini Cocok Untukmu

Belum lama ini telah diumumkan edisi khusus dari perangkat terbaru Meizu, yaitu Meizu M6 Note One Piece. Tertarik untuk memiliki Android One Piece ini?
Baca Juga

Beberapa pengguna mungkin telah terbiasa dengan batasan 140 karakter, sehingga mereka biasa membuat tweet dengan mempersingkat kata-kata. Bahkan sebagian dari mereka membuat bahasa gaul agar muat dalam batasan tersebut. Mereka yang merasa butuh mencurahkan perasaannya di dalam lebih dari 140 kata mungkin akan merasa lega setelah mendengar berita ini.

Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi membuat kata-kata gaul yang mungkin akan dianggap alay di Indonesia. Kita akan segera melihat pengaruh dari perubahan ini. Sudah bosan kan menyingkat kata-kata sampai dianggap alay? Apa kamu salah satu dari mereka yang bersemangat dengan perubahan ini?