Jangan Sampai Terkecoh Flash Sale Mi A1, Ini yang Perlu Kalian Ketahui Lebih Awal

UPDATE: Mi A1 Android One warna Black langsung ludes hanya dalam waktu kurang dari 10 menit! Varian warna Gold sendiri laku tidak sampai 60 menit setelah dijual pada 2 Oktober 2017, pukul 11:00.

UPDATE 2: Flash Sale kedua digelar 10 Oktober 2017. Agar kalian bisa membelinya, pastikan daftarkan dahulu email kalian di http://bit.ly/RegistrasiMiA1.

Hari ini, 2 Oktober 2017, mulai pukul 11:00 WIB, Xiaomi Indonesia bekerjasama dengan Lazada menggelar Flash Sale Mi A1 pertama. Penjualan perdana Android One terbaru Google hasil kerjasama dengan Xiaomi ini sudah lama dinantikan. Bahkan beberapa minggu belakangan sudah ramai tagar #BawaMiA1keIndonesia. Namun sebelum kalian membelinya, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini, terutama untuk mengetahui beberapa kekurangan dan kelebihan Mi A1.

Ngga Kebagian Flash Sale Mi A1? Toko Ini Masih Jual Mi A1 Black, Harga Normal!

Flash Sale Mi A1 Usai, dan kalian Ngga Kebagian? Tenang, toko Ini Masih Jual Mi A1 Black, dengan Harga yang Masih Normal!
Baca Juga

Xiaomi resmi menggumumkan Mi A1 Android One di Indonesia pada 20 September 2017 lalu. Mi A1 dijual resmi dengan harga Rp3.099.000. Harga Mi A1 di Indonesia tersebut sama persis dengan harga Rs.14999 di India. Ya, ini kehebatan Xiaomi Indonesia, berhasil menyamakan harganya dengan Android One terbaru ini di negara lainnya. Hasilnya, ulah spekulan mempermainkan harga seperti biasa kita temui pada Xiaomi yang harga jualnya di negara asalnya lebih murah, tidak akan ditemui di Indonesia.

Sayangnya nih, kita akan kembali ke masa beberapa tahun lalu, ketika ponsel Xiaomi terbaru ditawarkan dengan sistem “rebutan” seperti ini, atau biasa disebut Flash Sale. Kemungkinan besar persediaan awal bakal segera ludes, dan kemudian berpindah ke lapak-lapak reseller online, dengan harga yang melambung tinggi. Contohnya, reseller di bawah ini!

Menambah keyakinan kami, yang memborong Mi A1 semuanya para reseller. Atau, bisa juga mereka para distributor yang memiliki stock Mi 5X terlalu banyak, dan berusaha mempertahankan harga Mi 5X-nya. di Indonesia… hehehe!

Selain yang Pertama Dapatkan Android P, Ini Keunggulan Mi A1 Indonesia dibandingkan HP Xiaomi Terbaru

Android One Terbaru Mi A1 Indonesia dirilis 20 September 2017. Selain menjadi wakil Xiaomi untuk melawan dominasi OPPO, ini keunggulan Mi A1 lainnya.
Baca Juga

Terlepas dari sistem penjualan flash sale Lazada (atau jika di negara lain, retailer lainnya yang bekerjasama), Xiaomi Mi A1 merupakan Android yang hot banget spesifikasinya. Dengan harga Rp3,1 juta memang lebih mahal dari beberapa merek sebelah untuk kelas konfigurasi dual-camera. Namun kalian mendapatkan teknologi zaman now, dual-camera, kapasitas RAM lega, ruang penyimpanan berlimpah, dan chipset yang ngga malu-maluin, Snapdragon 625.

Xiaomi Mi A1 Android One yang ditawarkan dengan pilihan warna Black, Gold dan dan Rose Gold (emas kemerahan, atau lebih jamak disebut merah muda) ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Xiaomi Mi 5X. Dan karena sama persis dengan Xiaomi Mi 5X, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui dari Mi A1 ini, yang bisa menjadi kelebihan, sekaligus kekurangannya.

Flagship ini diperkenalkan dengan dual-camera. Semua pun berpikir, dual-camera adalah milik flagship!

Kameranya Ngga Sama dengan Xiaomi Mi 6


Flagship Xiaomi tahun ini, Xiaomi Mi 6 menjadi yang pertama mengenalkan teknologi dual-camera Xiaomi. Smartphone ini dibangun dengan dua modul sensor kamera, 12MP + 12MP, satu dari Sony (Exmor RS IMX386), dan satu lagi dari Samsung (ISOCELL S5K3M3). Keduanya termasuk sensor terbaik yang dirilis tahun lalu.

Ngga Cuma #TeamDobel dan Tebak Harga Mi A1, Ini Hal Lain yang Bisa Kalian Lakukan

Ngga Cuma #TeamDobel dan Tebak Harga Mi A1, Ini yang Bisa Kalian Lakukan. Install kamera Mi A1, ROM Mi A1 untuk Mi 5X dan juga pasang wallpaper Mi A1
Baca Juga

Namun ketika Xiaomi mengumumkan Xiaomi Mi 5X akhir Juli 2017 lalu, banyak yang menyimpulkan kalimat “teknologi yang sama seperti yang digunakan di Mi 6” adalah kita mendapatkan sensor yang sama. Pada kenyataannya, Mi 5X tidak menggunakan teknologi sensor kamera yang sama seperti Mi 6, melainkan kalian hanya mendapatkan dua sensor OmniVision.

Dan Mi 5X disebut memiliki dual-camera ”as used in Mi 6”. Siapa pun akan berpikir, sensornya sama!

Tepatnya, dual-camera, sensor utama OmniVision OV12A10 PureCel Plus 12MP, ukuran sensor 1/2.9 inci, jarak fokal 26mm, ukuran piksel 1.25 μm, dengan bukaan lensa f/2.2, didukung fokus Phase Detect, berlapis lensa 5 elemen, ada lampu kilat dua LED, mampu merekam video maksimal pada kualitas 2160p@30fps dan 720p@120fps. Itu spesifikasi sensor kamera utamanya.

Duh, Males Banget! Xiaomi Mi 5X Bagaikan Gado-Gado Mi Max 2 dan Mi 6

Duh, Malasnya Xiaomi! Xiaomi Mi 5X Bagaikan Gado-Gado Mi Max 2 dan Mi 6, fitur Xiaomi Mi 5X price, harga Xiaomi Mi 5X spec, spesifikasi Xiaomi Mi 5X
Baca Juga

Kemudian untuk sensor kedua dari dual-camera-nya, yang memiliki lensa telefoto, kita dapati sensor OmniVision OV13880 PureCel Plus 12MP, ukuran sensor 1/2.9 inci, jarak fokal 50mm, ukuran piksel 1 μm, dengan bukaan lensa f/2.6, berlapis lensa 5 elemen, lensa telefoto dengan fungsi 2x optical zoom.

Mi A1 juga disebutkan dengan kalimat ”flagship dual camera”, sama dengan Mi 6?

Hanya jenis sensornya yang berbeda dari Xiaomi Mi 6, namun secara spesifikasi, Xiaomi sebenarnya tidak berbohong. Dual-camera-nya dibangun dengan satu sensor dengan yang pertama memiliki ukuran 1.25 micron, dan yang kedua 1 micron. Bahkan, ukuran sensor Mi 6 pun sama dengan Mi 5X, yaitu 1.29 inci.

Xiaomi Mi MIX 2 Menakjubkan! Bezel Tipis, Berlapis Emas, Cuma Rp6 Jutaan!

Desain Xiaomi Mi MIX 2 Terungkap, Kini AMOLED, dengan Ketipisan Bezel yang Bikin Takjub, spesifikasinya juga masih tetap gahar!
Baca Juga

Namun tentu saja ada perbedaan lain. Lensa di sensor utama pada Mi 6 bukaannya F1.8, sedangkan pada Mi 5X dan Mi A1 hanya F2.0. Ditambah lagi adanya filter 6 elemen serta optical image stabilization pada Mi 6, dipastikan membuat foto low light yang jelas bakal berbeda diantara keduanya.

Screenshot informasi hardware Mi 5X, yang diasumsikan akan sama seperti yang digunakan Xiaomi pada Mi A1.

Selain itu, di sisi kamera depan, Mi 6 sudah mengadopsi sensor Sony Exmor RS IMX 298, atau, sensor yang mereka gunakan pada kamera utama Mi 5. Untuk Mi 5X dan Mi A1, kalian hanya mendapatkan sensor CMOS BSI Samsung ISOCELL S5K5E8 dengan resolusi 5MP saja.

Makin Mahal, Xiaomi Mi6 Edisi Terbatas Ini Harganya Bakal Melambung Tinggi

Makin Mahal, Xiaomi Mi6 Edisi Terbatas Ini Harganya Bakal Melambung Tinggi, harga Xiaomi Mi6 Jackie Chan price, buy Xiaomi Mi6 Jackie Chan released
Baca Juga

Prosesornya Bagai Bumi dengan Lagit!


Ya, kami tahu ini versi hemat dari Xiaomi Mi 5X, yang bahkan masih ditawarkan di angka Rp3.5 jutaan oleh para distributor, dan versi jauh lebih hemat dari Mi 6, yang kini dijual di angka Rp5.5 jutaan untuk konfigurasi RAM 6GB dan ROM 64GB. Namun terpaut Rp2 jutaan dibandingkan Mi 6, Mi 5X dan Mi A1 memang harus mengakui Mi 6 yang menggunakan chipset Snapragon 835. Detilnya, chipset 64-bit Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 dengan proses 10nm ini dibangun dari prosesor octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo) serta GPU Adreno 540 dengan 256 ALUs dan kecepatan 710 MHz.

Snapdragon 845

Di sisi lain, Snapdragon 625 pada Mi 5X dan Mi A1 hanya memiliki core jenis Cortex-A53 yang biasanya digunakan untuk menghemat daya. Detailnya, chipset 64-bit Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, berteknologi 14 nm, dengan octa-core processor 2.0 GHz Cortex-A53, serta didukung oleh GPU Adreno 506 dengan 96 ALUs dan kecepatan 650 MHz.

Jika yang sebelumnya dpasti lancar melahap semua tugas grafis pada resolusi Full HD, bahkan Quad HD, maka Snapdragon 625 dengan GPU kelas menengah Adreno 506, mungkin memadai untuk menjalankan tugas render grafis pada resolusi Full HD saja. Dalam uji benchmark Antutu, rata-rata Snapdragon 625 menorehkan angka 62-65 ribuan, atau lebih dari separuh dari apa yang bisa dicapai Snapdragon 835 yang rata-rata di angka 160-170 ribuan.

Ada Radio FM


Ini juga menarik, dan menjadi kelebihan seri Xiaomi Mi 5X dan Mi A1. Ternyata ada modul radio FM di kelas Mi! Sesuatu yang sangat jarang, khususnya untuk seri Mi. Ya, kami tahu keluarga Mi Max memilikinya, namun biasanya radio FM absen untuk kelas Mi, lebih sering ditemukan di tipe Redmi. Hal ini sebenarnya juga membuat kami bingung dengan pengkategorian smartphone Xiaomi, karena fitur kelas bawah dibawah ke kelas atas, demikian juga sebaliknya.

Lanjut ke halaman 2, untuk hal penting lainnya dari Mi A1 yang perlu diketahui, termasuk spec-nya!