Harga Google Pixel 2 Kelewat Mahal? Ini Cara Termurah Rasakan Fitur Eksklusifnya

Nova Launcher terbaru

Kami yakin kalian tidak akan membeli duo Pixel 2-nya Google yang sangat premium harganya itu hanya karena ingin mencoba launcher Pixel terbaru. Buat yang memperhitungkan budget, ada cara mudah, murah, merasakan Pixel Launcher pada Pixel 2 menggunakan kustomisasi Nova Launcher terbaru.

Generasi kedua smartphone Pixel “Made by Google” (yang diproduksi oleh HTC dan LG), Pixel 2 serta Pixel 2 XL, diumumkan 4 Oktober 2017 lalu. Salah satu fitur barunya, yang sejauh ini masih eksklusif adalah versi baru Pixel Launcher yang mendapatkan overhaul menyeluruh, dengan identitas search bar di sisi bawah layar.

Meskipun tidak semua pengguna menyukai posisinya, namun tidak bisa dipungkiri banyak yang penasaran bagaimana rasanya berinteraksi dengan launcher tersebut. Membeli produk premium duo Pixel 2 yang harganya tinggi sepertinya bukan solusi terbaik untuk semua kalangan. Cara lain, kalian bisa mencoba yang satu ini, membat semua Android menjadi seperti Pixel 2 menggunakan Nova Launcher terbaru.

1

Unduh Nova Launcher Terbaru


Pertama kalian perlu unduh dan pasang Nova Launcher terbaru. Jika sudah memilikinya, lewati saja poin ini. Jika belum, kalian bisa unduh melalui tautan berikut. Kalian bisa mendapatkan sebagian besar fungsinya hanya dengan menggunakan versi gratis Nova, namun beberapa kustomisasi lebih lanjut dari panduan ini akan memerlukan versi berbayar. Di bawah bakal disebutkan kustomisasi terbatas pada versi berbayar tersebut, sehingga kalian dapat dengan mudah memutuskan apakah worth it membelinya hanya untuk mendapatkan tampilan ala Pixel ini.

Google Pixel 2 Hadir! Dijual 10 Jutaan, Nilai DxOMark 98 Bikin Lupa iPhone 8 dan Note8

Mungkin ini bukan yang terbaik, termahal, atau yang ter-update fiturnya. Namun inilah generasi kedua Android Made by Google dengan nilai DxOMArk Tertinggi!
Baca Juga
2

Jalankan Nova Launcher


Sekarang jalankan aplikasi, dan ikuti langkah-langkah yang disebutkan di aplikasi untuk menyiapkan Launcher. Tidak perlu melakukan kustomisasi saat ini, karena kalian tetap bakal menyesuaikannya nanti. Namun pastikan saja Nova menjau default launcher kalian ketika ada perintah muncul di layar.

3

Bersihkan Home Screen


Langkah awal adalah kalian harus membersihkan semua ikon di layar Nova. Sentuh dan tahan ikon atau widget, lalu pilih remove. Lanjutkan sampai tidak ada yang tersisa.

4

Masuk ke Nova Settings


Sekarang, kalian perlu masuk ke “Nova settings” untuk menyiapkan pegaturan. Sentuh dan tahan di sembarang bagian layar, lalu pilih “Settings”. Di sinilah kita akan membuat semua perubahan.

5

Gesture untuk Membuka Drawer


Pertama, kalian bisa membuat fungsi gesture “sapukan jari ke atas untuk membuka app drawer“, fungsi yang sama seperti pada Pixel 2 Launcher. Untuk melakukannya, pilih “App & Widget drawers” dan kemudian aktifkan “Swipe to open” dan nonaktifkan “Swipe indicator.”Sekarang, kembali ke menu utama.

6

Bersihkan Label Aplikasi


Seperti pada MIUI 9 dan juga launcher Pixel 2, tidak ada “label aplikasi” di layar home Pixel 2 Launcher. Untuk mendapatkan tampilan yang sama, bersih, dan menghapus label aplikasi, cukup pilih pada “Desktop” lalu ke “Icon layout.” Di sini, nonaktifkan opsi “Label”. Sekarang ikon Anda tidak akan memiliki label di layar awal / home.

Tanpa Perlu Beli Asus Zenfone 4, Ini Cara Install Aplikasi ZenUI 4.0 di Zenfone Tipe Lama

Tanpa Perlu Beli Asus Zenfone 4, Ini Cara Install Aplikasi ZenUI 4.0 di Zenfone Tipe Lama, download Aplikasi ZenUI 4.0.APK, download ZenUI 4.0.APK
Baca Juga
7

Mengatur Jarak Antar Ikon


Kelebihan lain Nova adalah kustomisasi panel pada layar home. Kalian bisa mendapatkan ukuran seperti launcher Pixel 2 dengan cara ini. Saat masih berada dalam pengaturan Desktop, kalian bisa menyesuaikan tinggi dan lebar lapisan layar home. Pilih “Height Padding” lalu pilih opsi “Medium”. Lakukan hal yang sama untuk “Width Padding.” Ini akan memastikan bahwa semua ikon dan widget yang kalian pasang di layar home tersebut nantinya bakal tampil semirip mungkin dengan tampilan launcher Pixel 2.

8

Hapuskan Indikator Halaman


Ini juga diperlukan untuk membuat Nova menjadi seperti launcher Pixel 2. Masih dalam pengaturan Desktop, gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Page Indikator,” sentuh di sana, dan pilih “None.”

9

Pengaturan Transparansi


Sekarang, kembali dari Desktop ke menu pengaturan utama. Di sini, pilih “Dock,” lalu pilih “Dock Background” dan kemudian atur “Transparency” menjadi 100%.

Cara Termudah Rasakan Update Android Oreo di Xiaomi, Samsung, dan bahkan Oppo

Update Android Oreo di Xiaomi, Samsung, dan bahkan Oppo, download wallpaper Android Oreo, download ringtone Android Oreo, download emoji Android Oreo
Baca Juga
10

Keluarkan Widget Pencarian Google


Sekarang kembali ke home screen, sentuh dan tahan di sana, dan kemudian pilih widget. Cari dan temukan widget “Quick Search Bar” di bagian Nova Launcher dan tambahkan ke layar awal tersebut.

Ups, ukurannya belum cocok dengan layar kalian? Cukup sentuh dan tahan pada widget tersebut, dan pilih opsi “Resize”. Sekarang, ubah ukuran widget agar sesuai dengan lebar layar home kalian.

11

Ganti Ikonnya Agar Seperti Pixel


Belum selesai, kini sentuh dan tahan lama pada widget, tapi kali ini, pilih opsi “Edit”. Pada bagian “Bar Style” pilih opsi pertama. Sekarang gulir ke bawah untuk menemukan “Logo Style” dan pilih ikon “G” berwarna. Masih di opsi yang sama, kalian bisa mengaktifkan “Search as overlay”. Dengan cara itu kalian mendapatkan efek animasi yang halus seperti pada launcher Pixel 2.

12

Pasang Wallpaper Pixel 2


Sekarang kembali saja ke home, dan dan seret widget pencarian Google tersebut ke bagian bawah layar, sesuai dengan posisinya pada launcher Pixel 2. Sekarang, tambahkan ikon aplikasi favorit kalian di atas widget pencarian tadi, untuk mendesain layar utama kalian sendiri. Selain itu, unduh wallpaper default Pixel 2 dan atur sebagai wallpaper default home screen Nova kalian, agar memberi tampilan seperti Pixel 2 yang asli.

Cara Mudah Install MIUI 9 Melalui Mi PC Suite China, Tanpa Perlu Factory Reset!

Jarang ada yang tahu, ternyata ini caranya Install MIUI 9 Melalui Mi PC Suite Cina, Tanpa Perlu Mengalami Factory Reset! Anti ribet, dan aman!
Baca Juga
13

Tambahkan Widget Kalender ala Pixel 2


Ada satu hal lagi yang harus dilakukan. Kalian perlu menambahkan widget keren, “At a glance widget,” yang akan menunjukkan kepada kalian acara kalender, sekaligus juga informasi lainnya seperti waktu dan cuaca. Untuk melakukannya, pertama, unduh aplikasi “Business Calendar 2”  dari Play Store. Sekarang, luncurkan aplikasi, lalu atur permission-nya.

14

Tambahkan Widget Business Calendar


Sekarang, di layar utama, sentuh dan tahan bagian kosong, lalu pilih opsi widget dan menambahkan widget Business calendar 2 di layar home kalian. Lanjutkan dengan mengatur ukurannya, seperti yang kalian lakukan dengan widget pencarian Google dulu tekan sebentar untuk mengubah ukurannya agar sesuai dengan lebar layar. Setelah selesai mengubah ukuran, klik ikon gear/setting di kanan atas widget tersebut.

Lanjutkan dengan pilih opsi “Colors” lalu atur opacity menjadi 0%, dan save pengaturannya. Widget tersebut memang tidak akan terlihat sama persis dengan yang ada di launcher Pixel 2, tapi cukup mendekatinya. Menurut kami yang terpenting fungsinya, yang berfungsi dengan baik.

Bisa kalian lihat di bawah, gambar kiri adalah tampilan home launcher Pixel 2 yang asli, dan yang kanan adalah kustomisasi Nova Launcher terbaru. Memang tidak sama persis, namun dibandingkan kalian harus merogoh kocek hingga Rp10 jutaan untuk mendapatkan tampilan tersebut, ini cara termudah dan terhemat mendapatkan tampilan seperti Pixel 2.

Mengintip Dapur Google, Ini Rahasia Kamera Pixel 2 dapatkan Nilai DxOMark 98

Google Pixel 2 resmi diluncurkan, dan DxOMark sudah me-review-nya, mengganjar kamera Pixel 2 ini dengan nilai yang sangat tinggi, 98.
Baca Juga

Karena Pixel 2 Launcher juga berbasis pada Android Oreo, kalian jga mendapatkan fungsi seperti “Notification Dots,” ini adalah indikator kecil pada ikon yang menunjukkan jika ada notifikasi untuk aplikasi bersangkutan. Sayangnya, untuk kustomisasi kita kali ini, kalian bisa mendapatkan fitur yang sama hanya dengan menguduh versi berbayar Nova Launcher Prime, yang dijual dengan harga Rp65 ribu.

Setelah membeli versi Prime, kalian bisa mendapatkan langsung opsi untuk mengaktifkan Notification Dots ini (yang juga dijelaskan untuk membuat launcher Nova menjadi seperti Android O).

Perbandingan di atas memang tidak serupa, namun fungsinya sama. Dan itu semua berkat Nova Launcher. Bicara launcher ini, baru-baru ini TeslaCoil Software selaku pengembangnya mengumumkan jika aplikasi launcher mereka ini sudah diunduh hingga lebih dari 50 juta kali.

Tidak mengherankan, ini merupakan salah satu launcher terfavorit. Bahkan pengembangnya selalu berhasil menghadirkan fitur OS Android terbaru. Mulai dengan kustomisasi ikon, memilih gaya app drawer, kustomisasi Google search bar, dan bahkan kalian bisa aktifkan Google Feed (Assistant-nya Google) dengan gesture ke kanan dari layar utama (ya, ala Pixel, Nexus, atau Android lainnya yang mengintegrasikan aplikasi Google tersebut).

Sumber: Beebom