Menganalisa Desain Redmi Note 5, Selain Layar FullView-nya Vivo, Ada Apalagi di Sini?

harga Redmi Note 5

Biasanya Xiaomi mengumumkan penerus seri Redmi Note mereka di bulan Agustus. Antisipasi sudah tinggi, namun kenyataannya, fakta menjatuhkan ekspektasi karena yang muncul justru versi terendahnya, Redmi Note 5A. Selang beberapa bulan setelah versi lite-nya eksis, rumor mengenai eksistensi varian terkuat Redmi Note 5 kembali terungkap.

Fakta Redmi 5 Plus yang Perlu Diketahui, Calon Perusak Pasar HP Layar Full-Screen

Karena kabar Redmi 5 Plus sudah terdengar kuat saat ini. Apakah benar Xiaomi bakal langsung menggelontor pasar dengan tiga varian Redmi bersamaan?
Baca Juga

Bocoran terbaru ini memperlihatkan beberapa foto yang diambil menggunakan Xiaomi Mi 6. Memang tidak bisa dipastikan kebenarannya, namun media sosial Tiongkok, Weibo, kerap menjadi sumber banyak bocoran produk smartphone Android Tiongkok yang bisa dipercaya. Foto-foto yang beredar ini hanya diberi caption Redmi Note, namun banyak yang langsung berasumsi ini adalah Redmi Note 5.

Mengecewakan! Ternyata Spesifikasi Redmi Note 5 Downgrade-nya Kenzo

Mengecewakan! Ternyata Lagi-lagi Spesifikasi Redmi Note 5 Downgrade-nya Kenzo! Benchmark Redmi Note 5 benchmark, harga Redmi Note 5 price
Baca Juga

Bisa jadi Xiaomi sebelumnya memang sengaja mengeluarkan varian “A” terlebih dahulu, untuk menunggu perkembangan pasar, sekaligus melihat apa yang akan menjadi tren ke depannya. Hasilnya, mereka melengkapi smartphone yang diduga Redmi Note 5 ini dengan beberapa fitur yang masih akan ramai sampai setahun ke depan. Apa membuat banyak publik yakin (sekaligus skeptis) ini adalah Redmi Note 5, karena adalah karena beberapa faktor berikut ini.

1

Gambar Sepertinya Sengaja di-Edit


Xiaomi akhir-akhir ini memang dikenal malas melakukan pembaruan desain. Mi Note 3 sama persis dengan Mi 6, Mi MIX 2 juga hanya sedikit berubah dari Mi MIX pertama. Demikian juga dengan Redmi Note 5A yang seakan sekadar memperbesar Redmi 4A, serta Xiaomi Mi 5X (atau Mi A1) yang tak ubahnya desain OPPO dan tipikal smartphone Tiongkok kelas menengah dengan tambahan label Xiaomi. Bagaimana dengan desain yang diduga Redmi Note 5 ini?

Duh, Ngga Cuma Downgrade, Ternyata Mi Note 3 Ini Juga Lebih Cocok Buat Cewek!

Banyak yang kecewa, ternyata harga Xiaomi Mi Note 3 dan spesifikasinya di-downgrade dari Mi 6, dan bahkan fiturnya tidak semenarik Mi Note 2. Ini sebabnya!
Baca Juga

Di sisi belakang, tak ubahnya Redmi Note 4 yang hanya mendapatkan tambahan kamera kedua untuk sebuah konfigurasi dual-camera. Bahkan sekilas diamati, bentuk kameranya itu seperti hasil editan. Posisi garis antena di sisi atas dan bawah juga demikian, sama persis dengan Redmi Note 4. Apakah benar ini Redmi Note 5? Kami sedikit sangsi ketika memperhatikan dual-camera-nya tersebut. Ini satu poin yang membuat kami skeptis!

2

Layarnya Sudah Minim Bezel dan Full-View


Meskipun tiap vendor punya istilah masing-masing menyebut konsep layar lebar dengan bezel minim, namun di Tiongkok, produsen smartphone sepertinya kompakan menyebut teknologi layar ala Infinity-nya Samsung dan Full Vision-nya LG tersebut sebagai Full View. Jika melihat desain layar Android yang diduga Redmi Note 5 ini, Xiaomi tampaknya ingin membekalinya dengan teknologi yang menjadi tren tersebut.

Bisa jadi, rasio layarnya juga 18:9 atau 2:1. Rasio layar yang mengedepankan kenyamanan dalam menikmati konten multimedia. Gamer juga bisa mendapatkan antarmuka yang terasa lebih lega selama memainkan game mereka (terutama tipikal MOBA, karena arena battle-nya menjadi lebih lebar).

Kalian Pasti Ngga Sadar, Ini Bukti Xiaomi Mi Note 3 Tidak Lain adalah Mi 6 Plus

Eksistensi Xiaomi Mi 6 Plus nyaris terlupakan, namun, kami punya bukti jika Xiaomi Mi Note 3 itu tidak lain adalah Mi 6 Plus, versi "besar" Xiaomi Mi 6
Baca Juga

Jika Xiaomi ingin menebus kekecewaan penggemar karena Redmi Note 5A dianggap downgrade, maka fitur ini memang wajib masuk ke dalam daftar fiturnya, agar tidak dianggap ketinggalan.

Salah satu Android Tiongkok yang baru saja diumumkan di Indonesia dengan layar Full View
Terbaru, Huawei nova 2i yang juga ikut-ikutan pakai layar Full View
3

Spesifikasinya Masih Samar-samar


Ini juga belum jelas. Sebelumnya kami mendengar jika spesifikasi Redmi Note 5 bakal menggunakan chipset antara Snapdragon 630 (atau Snapdragon 660), layar 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1080p (jika benar rasionya 18:9, maka besar kemungkinan resolusinya juga bakal membengkak menjadi Full HD+), casing metal unibody, baterai 4000mAh, hingga pilihan RAM 3GB atau 4GB. Jika bocoran foto di atas benar adanya itu Redmi Note 5, maka bisa jadi sensor kameranya mengkombinasikan sensor 16+5MP, dengan sensor keduanya sekadar berfungsi untuk mengukur kedalaman ruang dan membantu menghasilkan efek bokeh.

Snapdragon 660

Androidnya Gamer, Smartphone Ini Bisa Bantu Kalian Menang Main Mobile Legends

Selain Layar 18:9, Kualitas Foto Bokeh Vivo X20 Bisa Bikin Ngeces! Spesifikasi Vivo X20 Plus dengan Snapdragon 660 juga bakal disuka pecinta benchmark.
Baca Juga

Mengenai jenis chipset-nya, kami lebih yakin jika Xiaomi bakal menggunakan Snapdragon 630, atau, bahkan kembali dengan Snapdragon 625. Jika mereka tetap menggunakan Snapdragon 660, itu sama saja mengancam eksitensi seri di atasnya, seperti Mi Note 3, dan juga Mi 5X. Selain itu, penggunaan Snapdragon 660 kembali membuat pengelompokan smartphone Xiaomi menjadi kacau. Pada kenyataannya, seri Redmi sampai saat ini masih dianggap sebagai pilihan di kelas menengah.

4

Harganya Pasti Muahal!


Satu lagi yang membuat kami skeptis dengan bocoran foto yang banyak diyakini sebagai Redmi Note 5 ini, adalah pada harga Redmi Note 5 itu sendiri. Seandainya benar Xiaomi memasukkan layar Full View dengan rasio 18:9, maka logikanya itu juga mengharuskan mereka memperbesar resolusi layarnya untuk mengakomodir pembagian tampilan yang sama rata pikselnya.

Sebenarnya itu bukan masalah. Yang jadi pertanyaan, teknologi semacam itu masih tergolong baru, dan, mahal. Sebut saja Vivo V7+, yang meskipun chipset-nya kelas bawah, nyatanya masih saja ditawarkan dengan harga yang tinggi. Dari pantauan penulis, tipikal smartphone Tiongkok dengan layar Full View semacam ini juga ditawarkan di angka Rp3 jutaan.

6 Keunggulan Vivo V7+ dari Vivo V5, No. 4 dan 5 Sangat Menyakitkan!

Vivo V7+ vs Vivo V5 Plus, Ini Bukti Smartphone Zaman Now Ngga Selalu Downgrade, keunggulan Vivo V7+ dibandingkan Vivo V5 Plus
Baca Juga

Tambahkan dengan konfigurasi dual-camera-nya, dan jika benar, chipset Snapdragon 630 (oh tidak, jangan Snapdragon 450, bisa-bisa kembali dianggap downgrade), harga Redmi Note 5 bisa mencapai Rp4 jutaan nantinya. Kami kuatir harga seri Redmi Note yang dikenal affordable itu bakal tinggal kenangan saja.

Kami kangen dengan harga murah Redmi Note…

Bocorannya sendiri menyebutkan jika harga Redmi Note 5 nantinya bakal bisa ditekan serendah mungkin, hingga mulai 999 Yuan saja pada model 3GB RAM+ 32GB (sekitar Rp2 jutaan), hingga 1299 Yuan untuk 4GB RAM (sekitar Rp2.7 jutaan), dan 1599 Yuan untuk model 4GB RAM + 64GB storage (sekitar Rp3.3 jutaan).

Lanjut ke halaman 2… untuk faktor lain yang membuat harganya masih masih akal jika dijual di angka Rp2 jutaan!