Redmi 5A, Smartphone Xiaomi Murah yang Mengecewakan di Penghujung 2017

xiaomi murah
Sumber: Xiaomi Ninja

Belum genap satu bulan setelah memperkenalkan Redmi Note 5, di penghujung tahun 2017 ini Xiaomi kembali perkenalkan senjata pamungkas terbarunya. Senjata yang ditujukan untuk menghabisi pesaing di segmen smartphone murah tersebut adalah Redmi 5A.

Redmi 5A merupakan perangkat yang akan melanjuti eksistensi Redmi A series milik Xiaomi, yang dikenal sebagai pilihan smartphone paling murah diantara perangkat lain yang ada di pasaran.

Xiaomi sendiri menghadirkan Redmi 5A sebagai smartphone yang berukuran 5 inci. Layar dari perangkat tersebut memanfaatkan teknologi IPS, dan akan menyuguhkan resolusi 720p atau resolusi yang telah menjadi standar perangkat entry level di tahun 2017 ini.

Kehadiran Redmi 5A sebenarnya bertujuan untuk melanjutkan kesuksesan dari Redmi 4A. Seharusnya, sebuah perangkat yang menjadi penerus wajib mengemban konten yang jauh lebih tinggi, sayangnya Xiaomi tak melakukan hal tersebut.

Redmi 5A bisa dibilang tak banyak mengalami perubahan. Pasalnya, perangkat tersebut masih ditenagai oleh Snapdragon 425, yang juga dapat ditemui pada Redmi 4A.

Selain itu, perangkat tersebut juga masih dibekali oleh RAM sebesar 2GB, yang juga sama dengan kapasitas RAM yang dimiliki oleh seri sebelumnya. Tentu hal ini tidak mencapai ekspektasi mereka yang telah menanti kehadirannya.

Hal mengecewakan lainnya yang dapat ditemui di dalam Redmi 5A adalah kapasitas ruang penyimpanan yang dimilikinya. Bagaimana tidak? Redmi 5A masih dibekali dengan ROM sebesar 16GB, yang bahkan cukup sulit untuk menampung banyak aplikasi di tahun ini.

Walaupun demikian, Xiaomi memberikan kamu opsi lain untuk memperbesar ruang penyimpanan. Opsi yang diberikan olehnya adalah slot Micro SD, yang bisa menampung kapasitas hingga 256GB, yang memanfaatkan slot SIM kedua.

Pada bagian kamera, tepatnya dibagian belakang, kamu akan disajikan dengan lensa 13MP f/2.2. Tenaga lensa tersebut juga sama dengan apa yang disajikan oleh Redmi 4A. Saat melakukan perekaman dengan lensa utama dari Redmi 5A, maka kamu bisa mendapatkan hasil 1080p/30fps.

Sementara itu, pada bagian depannya kamu akan menemukan lensa berukuran 5MP. Walau ukurannya sama dengan perangkat seri sebelumnya, namun bukaan aperture lensa ini jauh lebih kecil, karena hanya f/2.0.

5 Battle Theme Terbaik RPG Mobile Ini Bisa Naikkan Semangat Ngegame

Battle theme adalah salah satu alasan kita betah memainkan game yang saat ini kita sukai. Kita bisa mendapat moodbooster dari musik tersebut.
Baca Juga

MIUI 9 akan menjadi user interface dari Redmi 5A, yang juga mengindikasikan jika perangkat tersebut akan mengemban sistem operasi Android Nougat. Dan seluruh aktifitasnya akan ditopang oleh baterai sebesar 3000 mAh, sedikit lebih kecil dari perangkat sebelumnya.

Satu hal menarik dari perangkat ini adalah harganya. Karena Xiaomi menjual Redmi 5A mulai dari CNY600 (USD91) atau sekitar Rp 1,2 jutaan dengan pilihan warna merah muda, gold dan silver platinum.