Xiaomi Resmikan Redmi 5A, dan Ini Bedanya dari Redmi 4A (Awas, No.6 Bikin Nangis!)

UPDATE: Xiaomi telah meluncurkan Redmi 5A versi Global pada 1 Desember 2017 kemarin, dengan beberapa perbedaan spesifikasi. Indonesia kemungkinan besar bakal mendapatkan spesifikasi yang sama seperti versi Globalnya tersebut.

Rumor adalah fakta yang tertunda. Meskipun tanpa acara yang megah, ternyata beneran Xiaomi meluncurkan seri Android paling affordable miliknya, Redmi 5A, kemarin malam di Tiongkok. Bisa jadi karena ini tipe termurah, Xiaomi tidak merasa tidak perlu gembar-gembor di dengan acara offline, dan bahkan tidak ada peluncuran secara online.

Jika itu kalian anggap kabar baik, dan berharap harganya bisa ditekan semurah mungkin, maka kabar buruknya adalah, spesifikasi Redmi 5A sebelas-duabelas dengan Redmi 4A yang dirilis tahun lalu. Meskipun terkesan biasa saja, namun tetap ada beberapa hal yang menarik dari seri Android termurah Xiaomi ini. Berikut beberapa diantaranya:

1

Casing Metal Unibody yang Ringan


Menurut Xiaomi, spesifikasi Redmi 5A dilengkapi dengan balukan casing full metal yang ringan, dan ini salah satu yang membedakannya dengan Redmi 4A. Kami sendiri merasa Redmi 4A sudah cukup kokoh, meskipun tidak sepenuhnya metal, maka kini Redmi 5A tampil lebih baik.

2

Detail Posisi Garis Antena


Desainnya sendiri mirip dengan Redmi 4A, seperti posisi speakernya yang masih berada di sisi belakang, di bagian bawah. Bedanya. kini lubang speaker tersebut berada di sisi paling bawah dari punggungnya, atau di sisi bawah dari garis antena sisi bawah (ada dua, di sisi atas dan bawah).

Fakta Redmi 5 Plus yang Perlu Diketahui, Calon Perusak Pasar HP Layar Full-Screen

Karena kabar Redmi 5 Plus sudah terdengar kuat saat ini. Apakah benar Xiaomi bakal langsung menggelontor pasar dengan tiga varian Redmi bersamaan?
Baca Juga

Kemudian kamera utamanya masih sama, di sisi kiri atas, dengan lampu kilat satu LED berada di sebelah kirinya. Tidak ada yang berbeda dibandingkan Redmi 4A dalam hal ini. Namun, kamera dan lampu kilat tersebut penempatannya lebih rapi, ada di atas garis antena di sisi atas. Pada Redmi 4A, kamera dan lampu kilat LED posisinya tepat pada garis antena, sehingga tampak ditemubus dengan garis tersebut.

3

Spec JELATA untuk yang Pertimbangkan Budget


Ini yang membuat kami agak kecewa. Oke, memang ini seri Redmi terendah, namun ternyata di bagian hardware, spesifikasi Redmi 5A sama persis dengan Redmi 4A. Ada layar IPS 5-inchi pada resolusi HD 720p (720 x 1280 piksel), chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang memiliki empat core ARM Cortex-A53 1.2 GHz, dengan GPU Adreno 308, RAM 2GB dan ROM 16GB yang masih bisa diperbesar menggunakan slot micro SD (menggunakan slot kartu SIM kedua atau hybrid) yang mendukung kapasitas hingga 128GB.

Xiaomi Redmi 5 Punya 3 Model dan Banyak Varian Warna, Langsung Dijual di Luar Cina

Xiaomi Redmi 5 Langsung Muncul dengan 3 Model dan Banyak Varian Warna, dan dikabarkan bakal diluncurkan pertengahan Oktober 2017
Baca Juga

Belum diumumkan adanya varian RAM 3GB untuk saat ini. Tidak ada sensor sidik jari di sini, namun kalian mendapatkan kamera utama 13MP autofocus biasa (lampu kilat LED-nya juga hanya satu) serta fokus phase-detect (PDAF), dan kamera selfie 5MP, yang syukurlah, kini bukaan lensanya sudah F2.0.

4

Ternyata Ada yang di-Downgrade!


Bukan hanya kecepatan prosesornya yang diturunkan (Redmi 4A menggunakan Snapdragon 425 dengan empat core Cortex-A53 1.4GHz), namun ternyata kapasitas batetainya juga menurun. Kali ini Xiaomi hanya membekalinya dengan baterai 3,000mAh saja (vs 3,120mAh pada Redmi 4A). Xiaomi jelas tidak menunjukkan perbedaan tersebut, justru mereka mengatakan waktu standby Redmi 5A bisa mencapai 8 hari!

Sudah itu saja downgrade-nya? Masih ada lagi, dan itu yang paling menyakitkan. Cek halaman kedua untuk mengetahui apa downgrade yang paling menyedihkan tersebut.

5

Ini Poin Lebihnya!


Ya, kalian tidak perlu lagi ngoprek atau melakukan penantian panjang merasakan MIUI 9, karena Redmi 5A langsung menjalankan antarmuka terbaru Xiaomi tersebut. Selain itu, versi Android-nya juga sudah Android 7.0 Nougat.

Siap Merusak Pasar (Lagi), Kalian Bakal Kaget Jika Tahu Perkiraan Harga Redmi 5A

Selama ini seri Redmi Xiaomi berhasil mempertahankan predikat sebagai smartphone affordable yang ngga murahan, Mampukah Xiaomi Redmi 5A melanjutkannya?
Baca Juga

Fitur lainnya, ada dua slot kartu SIM di sini, satu micro SIM dan satunya nano SIM (yang sayangnya, hybrid dan menyatu dengan slot micro SD), dukungan jaringan dual standby, koneksi 4G LTE, 3G, WiFi, Bluetooth serta bakal dijual dengan pilihan warna Champagne Gold, Pink dan Grey.

Awas, kuatkan hati sebelum membaca poin terakhir pada halaman kedua!