Kerjasama Qualcomm dan Microsoft, Laptop Snapdragon Bakal Pakai CPU Terkuat

Laptop Snapdragon
Sumber: Adslzone

Selama acara Qualcomm 5G yang berlangsung di Hong Kong minggu lalu, Microsoft juga mendemokan laptop baru mereka yang ternyata kini bakal menggunakan chipset terkuat mereka yang sudah sangat familiar, Snapdragon 835. Tahun lalu, laptop Microsoft ini memang tidak begitu menarik karena direncanakan menggunakan Snapdragon 820. Kini menjelang peluncurannya Desember 2017 mendatang, Qualcomm dan Microsoft mengungkapkan kelanjutan kerjasama mereka.

Setahun yang lalu, Microsoft menujukkan sistem operasi Windows 10 mereka yang berjalan pada sebuah laptop diperkuat chipset Snapdragon 820. Saat itu mereka menjelaskan, jika semua aplikasi Windows 10 bakal berjalan melalui lapisan Win32 yang diemulasikan, sehingga kita bisa berharap mendapatkan pengalaman yang sama ketika menggunakan laptop Windows dengan prosesor Snapdragon tersebut, seperti ketika menggunakan chipset laptop pada umumnya.

Qualcomm Dikabarkan Bakal Ceraikan Samsung dan Rujuk dengan Pasangan Lama?

Qualcomm Dikabarkan Bakal Ceraikan Samsung dan Rujuk dengan Pasangan Lama? Benchmark Snapdragon 845 vs Snapdragon 835, Android dengan Snapdragon 845
Baca Juga

Kini, setahun kemudian, Microsoft dan Qualcomm terus berusaha menjaga agar laptop Snapdragon mereka ini bakal tetap bisa dirilis sesuai jadwal, pada bulan Desember 2017 nanti. Bahkan ada kabar yang lebih baik, karena ternyata kini mereka telah meng-upgrade chip Snapdragon di dalamnya menjadi chip terbaru, Snapdragon 835.

Dengan demikian laptop Snapdragon ini bakal mendapatkan keuntungan dari peningkatan kinerja dan peningkatan efisiensi daya chip 10nm tersebut, serta bisa diharapkan bisa meningkatkan ketahanan baterainya. Lebih lagi, Microsoft mengklaim selama acara bahwa sudah banyak laptop Snapdragon yang mereka uji coba dan ternyata mampu melampaui ekspektasi mereka dalam hal ketahanan baterai. Bukan dalam hitungan jam, bahkan hari!

Modem Snapdragon X50 Janjikan Koneksi 5G Berstandar Gbps, Seberapa Cepat?

Memang koneksi 5G masih angan-angan saja di banyak negara di dunia, namun sudah banyak yang mengujinya, seperti Qualcomm. Seberapa cepat modem 5G mereka?
Baca Juga

Microsoft juga mengungkapkan jika mereka melihat ke depan, bukan ke belakang. Sehingga nantinya ketika dijual, hanya ada satu model yang tersedia untuk dibeli, yaitu menjalankan Snapdragon 835. Mereka tidak berencana menggunakan chipset yang lebih tua, seperti Snapdragon 820 yang sebelumnya mereka demokan tahun lalu. Microsoft juga mengaku bakal bekerja pada kemitraan dengan banyak OEM, dan harapannya adalah melihat banyak bekerjasama dengan banyak OEM untuk mewujudkan lebih banyak laptop bermerek yang berbeda yang menjalankan Windows 10 dan chipset Qualcomm.

Lebih Kuat dari 835, Snapdragon 845 Sudah Disiapkan untuk LG G7 dan Galaxy S9

Lebih Kuat dari 835, Snapdragon 845 Sudah Disiapkan untuk LG G7 dan Galaxy S9, spesifikasi LG G7, spesifikasi Galaxy S9, LG G7 vs Galaxy S9
Baca Juga

Di saat yang sama, Microsoft juga melihat kemungkinan akan memasukkan teknologi embedded SIM (eSIM), sehingga nantinya pengguna bisa membeli laptop Snapdragon tersebut melalui kerjasama dengan operator, yang dijual sepaket dengan paket data internet operator tersebut.

Sumber: Trusted Reviews