Waspada, Robot Penghisap Debu Bisa Bocorkan Rahasia Kamu!

Robot Penghisap Debu
Waspada, Robot Penghisap Debu Bisa Bocorkan Rahasia Kamu! (sumber: The Indian Times)

Manusia tidak akan menjadi makhluk paling pintar lagi di Bumi, karena banyak robot yang akan hadir menemani dengan beragam kecerdasan yang diembannya, salah satunya adalah robot penghisap debu. Sayangnya, selain mampu membantu manusia dalam membersihkan ruangan, robot tersebut juga mampu membocorkan rahasia penggunanya karena memiliki kemampuan mata-mata.

Dari sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Forbes, diketahui jika terdapat celah keamanan pada sebuah robot penghisap debu. Adapun contoh robot yang tertulis pada laporan tersebut adalah robot keluaran LG, Hom-Bot.

Laporan yang muncul tersebut merupakan hasil penelitian dari sebuah perusahaan keamanan asal Israel, Check Point. Perusahaan itu mengklaim, aplikasi yang menghubungkan pengguna dengan robot tersebut, LG SmartThinQ memiliki sistem keamanan yang rentan terhadap serangan peretas (hacker).

Robot Penghisap Debu
sumber: newatlas

Sebelum mengeluarkan laporan tersebut, Check Point melakukan uji coba peretasan ke dalam sistem LG SmartThinQ. Hasilnya cukup mencengangkan, pasalnya Hom-Bot dapat diatur pergerakannya dengan bebas dan pastinya tidak disadari oleh penggunanya.

Tidak hanya itu, mereka yang melakukan peretasan pun dapat menerima gambar isi rumah dalam bentuk video, melalui komponen yang memang tersemat di dalam Hom-Bot. Tentu semua aktifitas penggunanya di dalam rumah, bahkan yang bersifat pribadi dapat dibocorkan melalui Hom-Bot.

Lagi-Lagi Hacker Menyerang, Kini Lewat Aplikasi Zomato

Kamu pasti pernah mendengar atau menggunakan aplikasi Zomato bukan? Aplikasi referensi restoran dan menu makanan, Zomato terkena hack.
Baca Juga

Hal mencengangkan lainnya adalah seluruh perangkat elektronik yang dapat terkoneksi dengan aplikasi tersebut, selain Hom-Bot, bisa juga menjadi alat pemantau sang peretas. Tentu ini merupakan hal yang sangat berbahaya.

Ancaman berupa peretasan melalui perangkat elektronik bukanlah hal yang baru. Pasalnya, sejak era Internet of Things (IoT) dimulai, banyak pihak yang telah mengingatkan jika keamanan adalah sudut yang paling krusial dan sangat mudah untuk mengalami serangan.

Robot Penghisap Debu
sumber: digitaltrend

Ancaman dunia maya saat ini tidak hanya menghantui sebuah perusahaan atau badan organisasi saja. Dengan temuan dari Check Point tersebut, maka ancaman tersebut juga akan menghantui pengguna rumahan.

Terorisme Atau Hack? Kenali Lebih Lanjut Mengenai Malware Ganas WannaCry!

Indonesia kembali dihebohkan dengan aksi hacker. Kali ini datang dari malware atau ransomware yang ganas bernama "WannaCry."
Baca Juga

Hom-Bot sendiri merupakan robot penghisap debu yang diperkenalkan oleh perusahaan asal Korea Selatan, LG. Hingga saat ini robot tersebut sudah terjual sebanyak 1 juta unit ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, berdasarkan penelusuran kecil yang kami lakukan, robot tersebut sudah hadir di Indonesia melalui retailer online asing, Amazon.