Kamera Smartphone makin Canggih Aja, Buktinya bakal Ada Lensa 5x Optical Zoom!

Kamera Smartphone
Kamera Smartphone Makin Canggih Aja, Bakal Ada Lensa 5x Optical Zoom! (sumber: business insider)

Sebuah kabar menyenangkan menghampiri para pengguna smartphone. Pasalnya, kamera smartphone akan semakin canggih berkat adanya lensa berkemampuan 5x optical zoom dalam waktu dekat.

Kabar ini berdasarkan pengembangan yang tengah dilakukan oleh Asia Optical dan Coreophotonics. Teknologi lensa dengan kemampuan 5x optical zoom tengah dikembangkan oleh kedua perusahaan yang memang ahlinya di bidang kamera tersebut.

Kedua perusahaan tersebut bahkan akan memulai proses sertifikasi akan teknologi yang masih dikembangkannya itu. Dengan demikian, kabar ini bukan hanya isapan jempol belaka, dan teknologi lensa 5x optical zoom di dalam sebuah smartphone akan menjadi kenyataan.

Menurut informasi yang diraih, proses sertifikasi teknologi lensa 5x optical zoom pada perangkat smartphone akan dimulai pada akhir tahun ini. Cepatnya waktu sertifikasi tersebut mengindikasikan jika teknologi memang dalam masa pengembangan.

Kamera Smartphone
sumber: engagdet

Jika proses sertifikasi selesai, maka dapat dipastikan jika kedua perusahaan tersebut akan memulai pengiriman unit pada kuartal ketiga di tahun 2018 mendatang. Dan, perangkat smartphone pertama dengan teknologi lensa 5x optical zoom akan muncul di awal tahun 2019.

Berdasarkan informasi yang dilontarkan oleh Robert Lai, Chairman Asia Optical, teknologi tersebut nantinya akan memiliki potongan lensa kaca berjenis aspherical dan empat kaca berjenis plastik. Asia Optical sendiri sudah bersiap untuk memproduksi unit lensa itu secara massal.

LG Pamer Satu Kelebihan LG V30, Kameranya Pertama di Dunia Gunakan Lensa F1.6

LG Pamer Satu Kelebihan LG V30, Kameranya Pertama di Dunia Gunakan Lensa F1.6, kamera LG V30, fitur LG V30, keunggulan LG V30
Baca Juga

Pasalnya, Asian Optical mengaku mampu menciptakan 12 juta unit lensa 5x optical zoom. Hal tersebut berdasarkan 220 mesin injeksi aspherical glass yang telah disiapkannya.

Proses penciptaannya nanti tidak hanya melibatkan satu pabrik saja, melainkan dua pabrik sekaligus. Kedua pabrik itu pun berlokasi cukup jauh, yakni Taiwan dan Myanmar. Pembagiannya sendiri adalah 160 mesin di Taiwan dan 60 sisanya di Myanmar.

Kamera Smartphone
sumber: engagdet

Asia Optical sendiri merupakan perusahaan yang kini tengah menggandrungi dunia otomotif dengan produk modul kacanya. Mereka telah mampu mengirimkan 500 ribu hingga 550 ribu unit setiap bulannya.

Sedangkan, perusahaan lainnya, yakni Coreophotonics merupakan perusahaan lensa kamera asal Israel yang kini tengah sibuk mengajukan tuntutan hukum terhadap Apple terkait hak cipta. Menurutnya, Apple telah menggunakan teknologi lensa kamera ganda mereka di iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus tanpa pernah meminta izin.

Diedit oleh Ridwan Hidayah