Jargonnya Flagship Killer, Tapi Fitur OnePlus 5T yang Satu Ini Ngga “Killer” Banget

Bagaimana cara menghadirkan fitur Face Recognition (ala Galaxy S8, Note8, iPhone X, atau OnePlus 5T) di semua Android, bahkan tanpa perlu aplikasi tambahan?

Medote penguncian smartphone menggunakan wajah memang tergolong baru. Meskipun vendor mengklaim keamanannya tidak sebaik fingreprint, namun banyak yang latah dan ikut-ikutan menerapkannya setelah Samsung dan Apple mempopulerkannya, termasuk itu, OnePlus 5T. Namun mengingat secara hardware OnePlus 5T tidak selengkap kompetitor (baca: iPhone X), ini membuat kita tergelitik memberikan tips hadirkan fitur Face Recognition di semua Android, bahkan tanpa perlu aplikasi tambahan!

Salah satu metode penguncian smartphone adalah menggunakan wajah sebagai kunci. Cara ini tergolong baru, dan mulai populer setelah Samsung memberikan sensor khusus di dekat kamera depan, untuk melakukan opsi Face Recognition (selain medote pengenalan bola mata atau Iris Scanner). Metode ini makin menjadi tren ketika Apple juga menggunakannya untuk iPhone X melalui Face ID. Bisa ditebak, flagship lain ikut-ikutan, termasuk OnePlus dengan OnePlus 5T yang baru saja diumumkan kemarin.

Tabrak Tiang Listrik Hingga Kids Jaman Now, Kreativitas Indonesia Manfaatkan Trending Topic

Banyak yang setuju jika menyebut orang Indonesia itu kreatif. Salah satu contohnya, apa yang lagi ngetren saat ini langsung dibuat game Tiang Listrik..
Baca Juga

Ketika kita mengetahui jika OnePlus ini vendor Cina yang bersaudara dengan OPPO dan Vivo, maka tidak akan heran ketika mengetahui ada fitur keamanan “Face Unlock” di sini. Ini sama persis seperti fitur Face Wake dalam Vivo X20 (yang tidak masuk Indonesia), atau duo Vivo V7, atau untuk OPPO, kalian terwakili dalam OPPO R11s (yang sayangnya tidak dijual di Indonesia), dan juga duo OPPO F5.

Sayangnya, OnePlus 5T yang seharusnya masih membawa jargon flagship killer harus mengakui keunggulan flagship lainnya (dalam hal ini iPhone X) dalam hal opsi pengenalan wajah ini. Karena fitur Face Unlock yang mereka berikan, ya itu, sama persis seperti solusi OPPO dan Vivo (atau Samsung), tidak menggunakan sensor tambahan seperti pada flagship Apple, namun sekadar memaksimalkan fitur yang sudah diberikan Google dalam OS Android mereka (bahkan sejak zaman versi OS Ice Cream Sandwich).

Ya, OnePlus sama sekali tidak menggunakan sensor tambahan untuk pengaktifan Face Unlock mereka, dan mereka hanya bergantung pada kamera swafoto saja untuk mengenali wajah penggunanya. Berbeda dengan Apple yang menambahkan kamera infrared yang bekerja bersama flood illuminator dan proyektor dot untuk menciptakan pola titik-titik / dot pattern wajah secara 3D. Bagaimana dengan Samsung? Sayangnya, meskipun ada Iris Scanner yang juga berbasis infrared, namun Face Recognition mereka sama saja seperti tipikal Android lain, sekadar menangkap gambar 2D menggunakan kamera untuk menjadi kunci layar.

Androidnya Gamer, Smartphone Ini Bisa Bantu Kalian Menang Main Mobile Legends

Selain Layar 18:9, Kualitas Foto Bokeh Vivo X20 Bisa Bikin Ngeces! Spesifikasi Vivo X20 Plus dengan Snapdragon 660 juga bakal disuka pecinta benchmark.
Baca Juga

Dengan Samsung saja mengakui jika Face Recognition mereka tingkat keamanannya tidak sebaik fingerprint, maka Face Unlock OnePlus 5T ini seharusnya juga mudah dibobol (tentu saja, jika memiliki foto wajah pengguna yang tersimpan datanya dalam opsi Face Unlock). Jadi, bisa disimpulkan, jangan terlalu berharap fitur Face Unlock OnePlus 5T seakurat Face ID pada iPhone X.

Mengenai penguncian wajah tersebut, sebenarnya kalian bisa kok menggunakan Face Unlock di semua Android, langsung saat ini, tanpa aplikasi tambahan. Well, tidak semua sih, karena ada vendor yang sengaja menonaktifkan fitur ini pada antarmuka custom mereka (mungkin dengan alasan, agar di tipe ponsel mereka selanjutnya bisa menjual fitur ini sebagai nilai tambah dibandingkan tipe ponsel yang lebih lama.

Metode penguncian wajah ini aslinya terbenam di semua OS Android, yang memungkinkan kalian mendapatkan fitur Face Unlock di semua Android. Sudah sejak lama Google memberikan fitur yang disebut “Trusted Face,” ini di dalam menu “Smart Lock,” yang sayangnya, memang terbenam di dalam pengaturan, dan tidak semua orang menemukannya.

Pada Android LG kami mendapatkan di pengaturan Lock Screen, ada di dalam opsi Security pada Android Asus, dan untuk Xiaomi misalnya, ada di menu Privacy.

OPPO F5 vs Vivo V7+, Ini Bukti MediaTek Mampu Pecundangi Snapdragon

OPPO F5, sekilas, bak pinang dibelah dengan Vivo V7+. Namun dibalik layar, kalian menemukan beberapa perbedaan. OPPO F5 vs Vivo V7+
Baca Juga

Biasanya, kalian bisa menemukan fitur ini di dalam menu Setting -> Lock Screen atau Security atau Privacy, bergatung pada jenis smartphone yang kalian gunakan. Jika ketemu, dan kalian aktfkan Smart Lock, maka di dalamnya ada beberapa opsi lainnya, termasuk itu On-body detection, Trusted Device, dan Trusted Face. Beberapa fitur yang muncul di sana bergantung pada produsen, mungkin ada yang sengaja dinokaktifkan, atau, memang ada yang absen karena sensor di smartphone yang tidak lengkap.

Fitur standar Android Google.
Tidak semua Android menyediakan fitur selengkap ini, bergantung pada sensor yang dimilikinya. Atau, ada juga yang sengaja diumpetin produsen smartphone dengan tujuan agar tipe yang baru nanti memiliki fitur yang lebih baru dari yang sekarang.
Memang pengenalan wajah tidak sebaik proyeksinya dari PIN, pola, password atau, sidik jari (jika Android kalian ada fingerprint-nya sih!).
Lanjutkan dengan rekam wajah,
Simpan wajah kalian.
Dan ketika berada di layar kunci, tinggal pandang layar, usahakan pencahayaan cukup. maka otomatis muncul notifikasi layar sudah terbuka kuncinya oleh Smart Lock.

Panduan di atas, penulis menggunakan smartphone LG, dan mungkin tampilan indikator penguncian layarnya bakal berbeda pada smartphone lainnya. Di atas ketika kunci sudah terbuka, layar akan tetap berada pada layar kunci atau Lock Screen, namun kalian tinggal sentuh ikon kuncinya untuk masuk ke layar Home. Berbeda dengan OnePlus 5T, dimana ketika kalian membuka kunci layar menggunakan Face Unlock, maka akan langsung dibawa ke layar Home.

Lanjut ke halaman 2