Wah! Robot Baru dari Boston Dynamic Mampu Melakukan Backflip!

Boston Dynamics
Bahkan penulis sendiri tidak sepiawai Atlas dalam melompat-lompat

Teknologi semakin hari semakin canggih.

Satu dekade yang lalu, robot Asimo dari Honda hanya mampu melakukan backflip. Hari ini, robot Atlas terbaru dari Boston Dynamics telah mampu melakukan atraksi backflip! Ini baru robot canggih!

Mungkin kamu pernah mendengar nama Boston Dynamics, apalagi untuk kamu yang selalu update soal berita teknologi.

Boston Dynamics adalah perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat yang mengembangkan teknologi di bidang robotika, perusahaan ini pernah dimiliki oleh Alphabet Inc., namun baru-baru ini dijual ke grup SoftBank yang berasal dari Jepang.

Boston Dynamics
Salah satu robot Boston Dynamics yang cukup terkenal, Big Dog (sumber: Boston Dynamics)

Salah satu misi dari Boston Dynamics adalah dapat membuat robot yang mampu bergerak dan bekerja layaknya binatang dan manusia, tentunya itu semua tidaklah mudah. Mulai dari sisi mekanis hingga program yang harus dibuat akan benar-benar kompleks demi mengejar tujuan tersebut.

Namun, sepertinya mereka telah mendapatkan kemajuan yang cukup hebat!

Wow! 5 Robot Ini siap Membantumu Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Pernah nggak sih kamu berpikir menggunakan robot untuk meringankan pekerjaan rumah? Sekarang kamu sudah bisa menemukan robot rumahan yang seperti itu
Baca Juga

Baru-baru ini, robot humanoid mereka yang bernama Atlas baru saja memilki kemampuan baru yaitu dapat melompat-lompat dengan kedua kakinya dan juga melakukan backflip! Ini tidaklah muda, karena secara natural manusia tidak dapat melakukan backflip.

Selain itu juga, Atlas mampu berputar 180 derajat di udara untuk mengubah posisinya pada saat melompat. Salah satu keunikan dari lompatan Atlas adalah ia mampu melompat-lompat dengan rintangan yang ukurannya berbeda-beda!

Rahasia dari kemampuan ini adalah pemograman Atlas yang sangatlah fleksibel dalam menghadapi berbagai rintangan.

Boston Dynamics
Atlas sangatlah piawai dalam melompati nasib dan rintangan

Walaupun begitu, Atlas tidaklah sempurna dan tetap dapat melakukan kesalahan.

Boston Dynamics
ATLAAASS!!

Atlas adalah buah hasil dari belasan tahun riset oleh Boston Dynamics, tujuan dari riset ini adalah membuat robot yang dapat bergerak secara halus layaknya mahluk hidup seperti manusia maupun hewan.

Salah satu robot yang terkenal dari Boston Dynamics selain Atlas dan Big Dog adalah Spot dan Spot mini. Mungkin ini akan mengingatkan kalian pada robot anjing Spot mini.

Boston Dynamics
Agak menyeramkan… kan (sumber: boston dynamics)

Baru-baru ini juga, si robot anjing yang jago membantu urusan rumah tangga ini mendapatkan pembaharuan, dan kabar baiknya versi terbaru dari spot mini ini tampil lebih friendly daripada pendahulunya.

Boston Dynamics
Spot mini versi terbaru

Kabarnya, desain “final” dari Spot Mini ini muncul setelah tekanan dari SoftBank untuk segera merilis salah satu robot mereka.

Jika Spot Mini benar-benar akan dilepas ke pasaran, maka ia akan bersanding dengan robot SoftBank lainnya seperti Pepper, dan robot pendidikan dan riset Nao.

Hmm bagaimana? Apakah skill robot yang bisa backflip akan menjadi skill paling bermanfaat dalam dunia robotika? Tinggalkan komentar kalian di bawah ya!

Diedit oleh Audi E. Prasetyo