8 Fakta Baru Redmi 5 Ini Pasti Bisa Membuat Kalian Kecewa Berat pada Xiaomi

UPDATE: Pada 7 Desember 2017 kemarin, Xiaomi resmi meluncurkan dua seri Redmi terbarunya, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Spesifikasi dan harga kedua Redmi baru tersebut bisa kalian baca melalui artikel lainnya di sini.

Xiaomi hanya meluncurkan satu Redmi 5A saja pada 16 Oktober 2017 lalu, dan Mi Fan masih berharap spesifikasi varian tertingginya kembali imba dengan harganya seperti Redmi 4 Prime. Beberapa bocoran sudah memperlihatkan jika Xiaomi bakal gunakan layar penuh (full-screen) untuk Redmi 5. Benarkah?

Bocoran Redmi 5 terbaru muncul melalui salah satu operator selular Cina, China Telecom, yang ternyata sudah mamajang Redmi 5 ini sebagai salah satu produknya. Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa membuat kalian langsung illfeel ketika melihat bocoran Redmi 5 ini.

China Telecom sudah membocorkan spesifikasi Redmi 5. Sumber: NewsMyDrivers
China Telecom sudah membocorkan spesifikasi Redmi 5. Sumber: NewsMyDrivers

Redmi 5 vs Redmi 5 Plus, Ini Perbedaan Kecil yang Pasti Tidak Kalian Sadari

Ini Perbedaan Kecil Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang Perlu Diketahui. Bukan layar, CPU atau kapasitas baterainya, namun ada hubungannya dengan kamera.
Baca Juga

Busyet, Itu Bezell Tebal Banget!


Xiaomi Redmi 5 sesuai ekspektasi kami sebelumnya. Desainnya memang sekilas sama, meskipun layarnya dibuat full-screen. Dan ya, sudah kita ketahui melalui bocoran sebelumnya, entah apa yang dipikirkan Xiaomi, namun bezel-nya masih terlihat tebal. Bahkan terlalu tebal untuk sebuah smartphone full-screen yang kekinian dengan bezel tipisnya.

Ngga Ada Tombol Capacitive


Ada ciri khas Redmi lawas hilang, yaitu tidak ada tombol fisik capacitive di bawah layar, berganti tombol virtual di sisi bawah layar. Bagi beberapa penguna, tombol fisik lebih nyaman daripada tombol virtual yang menyatu di layar. Apalagi tombol virtual juga rentan membuat layar mengalami kasus burn-in.

Kini Oppomart Juga Memajangnya, Harga Redmi Note 5 di Sana Leh Uga Sob!

Setelah sebelumnya JingDong (JD) memberi petunjuk mengenai Redmi Note 5, kini kiliran Oppomart. Harga Redmi Note 5 di sana murah bingits!
Baca Juga

Kameranya Rentan Tergores


Seperti Redmi sebelumnya, sensor fingerprint berada di punggung. Bedanya dari Redmi 5A, lokasinya kini diposisikan di tengah. Di bawahnya ada sensor kamera lampu kilat LED yang sekilas masih satu warna saja. Bukan hanya karena lampu LED-nya masih jadul dengan satu warna, penempatan kameranya juga kurang ideal, karena sedikit menonjol.

Ya, ini juga membedakannya dengan Redmi sebelumnya, yang biasanya, penempatan sensor kamera selalu rata dengan bodi belakang. Penempatan sensor kamera yang menonjol tersebut berpotensi membuat kaca atau lensanya tergores ketika ditempatkan di atas meja, atau permukaan yang tidak rata misalnya.

Masih Gunakan Port Jadul


Bocoran render Redmi 5 ini juga menampilkan sisi atasnya. Di sana, kalian masih mendapati ada port audio 3.5mm, mic kedua, dan ya, sebuah IR blaster untuk yang merasa masih membutuhkan remote control dadakan untuk usil di ruang tunggu. Terakhir di sisi bawah, kalian bisa melihat port jadul micro USB yang diapit dua lubang speaker. Seperti biasa, hanya satu saja yang berfungsi sebagai speaker, karena satunya menyimpan lubang mic utama.

OPPO F5 Youth Dijual di Indonesia, Harganya Bisa Merusak Pasaran HP Layar 18:9

OPPO F5 Youth Resmi Dijual! Tidak perlu menunggu lama, OPPO Indonesia sudah menawarkan varian OPPO F5 termurah tersebut dengan harga hanya Rp3,599,000.
Baca Juga

Kapan ya, seri Redmi ini mendapatkan port yang lebih fleksibel dan aman, USB Type-C. Dengan bentuknya yang reversible bisa bolak-balik, kemungkinan port USB rusak karena salah posisi ketika mencolokkan kabel, bisa lebih dihindari.

Kepadatan Pikselnya Biasa Saja!


Xiaomi memang menggunakan layar full-screen, namun mereka gagal mendesain bezel yang tipis. Alhasil, dimensinya mungkin tidak sekompak ekspektasi. Untuk Android dengan dimensi 151.8 × 72.8 × 7.7 mm, dan berat 157 gram ini, disediakan layar 5.7 inci, dengan resolusi HD+, alias 720 x 1440 piksel. Cukup memadai, meskipun dimensi layarnya sudah tidak lagi menyiratkan sebuah Redmi. Dengan resolusi tersebut, didapatkan rasio 18:9.

Dibandingkan Redmi 4, dimensi Redmi 5 ini memang tidak terpaut jauh. Redmi 4 dimensinya 141.3 x 69.6 x 8.9 mm dan berat 156 gram. Bisa ditebak apa yang membuat Redmi 4 berat, meskipun overall ukuranynya lebih kecil, yaitu kapasitas baterainya yang mencapai 4000mAh.

Selain itu, kepadatan piksel Redmi 4 lebih baik. Dengan dimensi layar 5 inci dan resolusi HD, didapatkan kepadatan 296 ppi. Redmi 5 ini di sisi lain, panel layarnya lebih lebar. Dengan 5.7 inci serta resolusi yang terpaut sedikit dari HD pada Redmi 4, kalian hanya mendapatkan kepadatan piksel 282 ppi saja.

Suka atau Tidak, Desain Redmi 5 Plus (yang Bikin Illfeel) Ini Ternyata Beneran Ada

Salah satu yang paling menarik diantara keluarga Redmi 5 adalah versi Plus, yang gambar render-nya muncul. Suka tidak dengan desain Redmi 5 Plus ini?
Baca Juga

CPU-nya di-Downgrade?


Apa yang melegakan, disebutkan chipset Qualcomm MSM8953 “lite,” aka Snapdragon 625. Menariknya, nama chipset-nya memang ditulis Qualcomm MSM8953 Lite, yang mana, tidak eksis pada katalog resmi Qualcomm. Anehnya, chipset “sejuta umat” ini ditulis pada data spesifikasi China Telecom, dilengkapi dengan CPU octa-core ARM Cortex-A53 pada kecepatan maksimal 1.8GHz, bukan 2.0GHz seperti Snapdragon 625 lainnya. Apakah ini bentuk downgrade (jika membandingkan dengan Redmi 4 Prime) CPU yang dilakukan Xiaomi, menurunkan clock-speed? Selain itu, ada memory RAM 4GB dan ROM 64GB, yang bisa diperbesar melalui slot microSD hingga kapasitas 128GB.

Masih MIUI 8 Gan!


Sisa spesifikasinya, seperti ada kombinasi kamera 12MP dan 5MP untuk sisi belakang dan depan, kapasitas baterai 3200mAh, dan menjalankan Android 7.1.2 melalui antarmuka MIUI 8.5 (duh!). Semoga saja update MIUI 9-nya bisa segera disediakan nantinya ya!

Harganya Kelewat Mahal


Xiaomi dikabarkan bakal meluncurkannya 10 Desember nanti, dengan prediksi harga 1399 Yuan, atau sekitar Rp2.8 jutaan. Mahal juga ya untuk sebuah Redmi. Semoga harga resminya nanti bisa lebih terjangkau.

Spec Gahar, Harga Cetar! Ponsel Snapdragon 835 + Dual-Cam Sony, Hanya 4 Jutaan

Rumor adalah fakta yang tertunda, akhirnya salah satu ponsel Snapdragon 835 terbaik, Xiaomi Mi 6 murah, bakal dijual dengan harga hanya Rp4 jutaan!
Baca Juga

Sumber: NewsMyDrivers