Redmi 5 vs Redmi 5 Plus, Ini Perbedaan Kecil yang Pasti Tidak Kalian Sadari

Tinggal menghitung hari saja sampai tanggal yang sudah dipastikan dipilih Xiaomi untuk meluncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, yaitu pada 7 Desember 2017 mendatang. Menjelang Desember menyapa, sudah banyak bocoran kedua Android berlayar penuh tersebut yang muncul ke permukaan.

Kini dari TENAA, yang dikenal sebagai badan otoritas ponsel di Tiongkok. Melalui laman resminya, mereka sudah memajang Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Ini tanda-tanda keduanya bakal segera diluncurkan.

Penampakan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang sudah masuk data TENAA. Sumber: TENAA

Redmi 5


Bentuknya mirip seperti yang sudah diungkapkan melalui laman resmi operator China Telecom seperti yang kami ulas sebelumnya. Redmi 5 bakal tersedia dalam dua tipe, dan bisa dikenali dari kode MDT1 serta MDE1. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal konfigurasi memory.

8 Fakta Baru Redmi 5 Ini Pasti Bisa Membuat Kalian Kecewa Berat pada Xiaomi

Beberapa bocoran sudah memperlihatkan jika Xiaomi bakal gunakan layar penuh (full-screen) untuk Xiaomi Redmi 5. Benarkah?
Baca Juga

Menurut listing TENAA, Redmi 5 memiliki dimensi layar 5.7 inci, pada resolusi HD+ 720 x 1440 piksel, serta rasio 18:9. Prosesornya ada 8 core, dengan kecepatan 1.8GHz. Menurut data China Telecom, mereka menyebutkan itu Qualcomm MSM8953 Lite, sehingga membuat banyak yang berasumsi itu adalah chipset-nya baru. Namun ketika kita melihat kecepatan 1.8GHz, dan juga adanya layar 18:9, maka sudah jelas sebenarnya chipset yang dipilih Xiaomi ini tidak lain Snapdragon 450.

Redmi 5 standar dari sisi depan sama persis dengan Redmi 5 Plus. Namun di belakang, lampu kilat LED-nya hanya satu saja. Sumber: TENAA

Chipset ini baru diumumkan 28 Juni 2017 lalu, dan duo Vivo V7 menjadi yang pertama kali menggunakannya. Meskipun ini chipset seri 4, namun produsen smartphone yang ingin mengikuti tren mau-ngga-mau memilihnya untuk kelas menengah atau bawah, karena dibandingkan Snapdragon 625, Snapdragon 450 ini sudah mendukung resolusi Full HD+ yang dibutuhkan untuk mendapatkan rasio layar 18:9. Selain Snapdragon 450, chipset baru Qualcomm yang mendukung rasio layar penuh tersebut adalah Snapdragon 636.

Bicara kinerja, Snapdragon 450 sendiri bisa dikatakan Snapdragon 625 yang di-downgrade. Hampir semua fitur Snapdragon 625 dimiliki, kecuali, ya kecepatan prosesornya yang menurun. Bahkan di sini ada dukungan layar 18:9.

Xiaomi R1 Dikabarkan Muncul 5 Desember, Apa Saja Kelebihannya?

Muncul Xiaomi baru, Xiaomi R1, apakah ini wakil Xiaomi untuk melawan OPPO, Vivo, Huawei yang start lebih awal di tengah tren rasio 2:1?
Baca Juga

Kembali pada listing TENAA, MDT1 hanya akan ditawarkan dalam satu varian saja, memory 3GB RAM dan ruang penyimpanan 32GB. Sedangkan MDE1 ditawarkan dalma tiga varian, memory 2GB RAM dan ruang penyimpanan 16GB, memory 4GB RAM dan ruang penyimpanan 32GB, serta memory 4GB RAM dan ruang penyimpanan 64GB.

Sisa spesifikasi Redmi 5 ini bisa kalian lihat kembali pada artikel kami sebelumnya, yang kami paparkan berdasarkan data spesifikasi Redmi 5 Plus dari laman operator China Telecom.

Redmi 5 Plus


Untuk Redmi 5 Plus, di laman resmi TENAA muncul sebagai MEE7 dan MET7. Laman tersebut juga menuliskan beberapa informasi, seperti layarnya 5.99 inci dengan resolusi FHD+, ada proseso octa-core 2.0GHz (yang kemungkinan besar ini Snapdragon 625), baterai 4000mAh, bakal dimunculkan dalam pilihan memory 3GB RAM + 32GB ROM, dan 4GB RAM + 64GB ROM, kameranya juga sama 12MP di belakang dan 5MP di depan.

Salah satu ciri khas yang mudah membedakannya dengan Redmi 5 biasa adalah lampu kilatnya sudah dua LED (ya, ini fitur warisan Redmi 4 Prime). Dan mungkin hanya perasaa penulis, namun lensa kameranya tidak sebegitu menonjol seperti Redmi 5 standar. Sumber: TENAA
Redmi 5 Plus warna Gold. Ukuran bezel layarnya masih tebal, ya!? Sumber: TENAA

Apa yang agak membingungkan, Snapdragon 625 sendiri belum mendukung resolusi Full HD+ dengan rasio 18:9, melainkan sebatas Full HD 1900 x 1200 saja.

Karena layar dan kapasitas baterai lebih besar, dimensinya berbeda dengan Redmi 5 biasa. Di sini dimensi Redmi 5 Plus 158.5 × 75.45 × 8.05 mm dengan berat 179.5 gram, sedikit lebih besar dan berat dari Redmi 5 yang hanya 151.8 × 72.8 × 7.7 mm, dan berat 157 gram.

Dibalik Eksistensi CPU Snapdragon 450 yang Mungkin (Sengaja) Diumpetin oleh Vivo

Meskipun Snapdragon 450 sudah terbukti seberingas 625 kinerjanya, rupanya Vivo terlalu malu dan memilih menyembunyikan eksistensinya.
Baca Juga

Resmi! Bakal Diluncurkan 7 Desember


Jika kabar sebelumnya disebutkan jika Redmi 5 akan dikonfirmasikan 10 Desember, maka yang satu ini muncul dari forum resmi MIUI. Disebutkan tanggal 7 Desember dipilih Xiaomi untuk mengenalkan keluarga Redmi baru ini.

Poster undangan acara peluncuran Redmi 5 dan REdmi 5 Plus. Sumber: MIUI Forum

Melalui poster resminya di atas juga diketahui jika Redmi 5 nanti bisa dipilih dalam berbagai pilihan warna, seperti biru, merah muda, emas dan bahkan hijau. Namun menurut data TENAA, juga ada varian berwarna hitam. Pernyataan pada forum MIUI juga memberikan petunjuk fitur unggulan duo Redmi 5 ini, yaitu layar Full-Screen, lampu di atas layar untuk mendukung foto selfie (disebut Soft Selfie) dan kapasitas baterai besar 4,000mAh.

Sumber: TENAA, MIUI