Ternyata Slot Dual SIM di Redmi 5 Dibuat Hybrid! Masih Mau Beli?

Tinggal menghitung hari saja sampai tanggal yang sudah dipastikan dipilih Xiaomi untuk meluncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, yaitu pada 7 Desember 2017 mendatang. Menjelang Desember menyapa, sudah banyak bocoran kedua Android berlayar penuh tersebut yang muncul ke permukaan.

Sayangnya, bocoran terbaru ini mungkin bakal membuat kalian sedikit kecewa. Berdasarkan bocoran buku manualnya, ternyata fitur Redmi 5 dan Redmi 5 Plus datang dengan konfigurasi dual SIM hybrid, alias, hanya ada dua slot kartu saja. Hasilnya, kalian tidak bisa mengaktifkan dua SIM bersamaan jika juga memasang kartu micro SD. Selain itu, disebutkan hanya satu kartu SIM saja yang bisa menggunakan jaringan 4G (untuk yang satu ini, sudah jamak kita temui pada tipikal smartphone 4G lainnya).

Ternyata Dual SIM-nya Hybrid!


Buku manual Xiaomi Redmi 5 yang sudah bocor.

 

Apa yang disayangkan di sini, ternyata berbeda dari rumor sebelumnya yang menyebutkan adanya tiga slot kartu, ternyata menurut buku manual di atas, hanya ada dua slot saja. Jika kalian ingin memanfaatkan slot microSD, maka salah satu kartu SIM harus mengalah.

Sebelumnya Xiaomi sudah berhasil membuat Redmi mereka tidak menyusahkan untuk para pengguna dua karti SIM dengan memberikan tiga slot pada Redmi Note 5A dan juga Redmi 5A, namun entah kenapa kali ini justru kembali zaman old slot kartu SIM hybrid.

Vivo V7 dengan triple slot. Sumber: Gadgetmatch

Hal ini bisa membuat pasar yang membutuhkan dua slot SIM + slot microSD mempertimbangkan lagi apakah mau membeli smartphone ini. Apalagi para pesaingnya yang juga sudah mengadopsi layar full-screen seperti LG Q6, duo Vivo V7 dan juga ketiga varian OPPO F5 ternyata ditawarkan dengan tiga slot di tubuhnya, untuk mengakomodir kebutuhan dual SIM + micro SD.

Xiaomi Resmikan Redmi 5A, dan Ini Bedanya dari Redmi 4A (Awas, No.6 Bikin Nangis!)

Xiaomi Resmikan Redmi 5A, Ini Bedanya dari Redmi 4A (Awas, No.6 Bikin Nangis!), harga Redmi 5A, spesifikasi Redmi 5A spec, Redmi 5A vs Redmi 4A
Baca Juga

Ada Lampu Kilat LED untuk Kamera Depan?


Buku manual tersebut juga memperlihatkan jika di atas layarnya ada tiga lubang / sensor. Jika salah satunya kamera swafoto, dan salah satunya sensor proximity, maka bisa jadi lubang ketiga itu untuk lampu kilat LED, yang sebelumnya juga sudah diberikan Xiaomi pada Redmi Note 5A, khususnya varian yang Prime.

Redmi 5 vs Redmi 5 Plus, Ini Perbedaan Kecil yang Pasti Tidak Kalian Sadari

Ini Perbedaan Kecil Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang Perlu Diketahui. Bukan layar, CPU atau kapasitas baterainya, namun ada hubungannya dengan kamera.
Baca Juga

Hal ini senada dengan sebuah diskusi yang diunggah di forum MIUI, menyatakan jika fitur Redmi 5 ini, antara lain layar Full-Screen, lampu di atas layar untuk mendukung foto selfie (disebut Soft Selfie) dan kapasitas baterai besar 4,000mAh.

Langsung Datang dengan Antarmuka MIUI 9


Sebelumnya, melalui sebuah laman khusus operator China Telecom untuk duo Redmi 5, disebutkan jika OS-nya masih MIUI 8.5, meskipun sudah menjalankan Android 7.1.2. Tapi, kenapa antarmuka MIUI 8.5? Untungnya ada update, menurut akun media sosial Xiaomi di Weibo, ternyata duo Redmi 5 langsung menjalankan MIUI 9 yang berbasis pada Android 7.1.2 Nougat.

Spesifikasi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus


Untuk spesifikasi duo Redmi 5 ini, seperti yang sudah kami tuliskan sebelumnya, Redmi 5 memiliki dimensi layar 5.7 inci, pada resolusi HD+ 720 x 1440 piksel, serta rasio 18:9. Prosesornya ada 8 core, dengan kecepatan 1.8GHz. Menurut data China Telecom, mereka menyebutkan itu Qualcomm MSM8953 Lite, sehingga membuat banyak yang berasumsi itu adalah chipset-nya baru. Namun ketika kita melihat kecepatan 1.8GHz, dan juga adanya layar 18:9, maka sudah jelas sebenarnya chipset yang dipilih Xiaomi ini tidak lain Snapdragon 450.

Spec Rendah Harga Mahal, Redmi Note 5A Prime Tetep Laku. Mungkin Ini 5 Alasannya!

Walaupun spec-nya rendah, Redmi Note 5A Prime bisa tetap laku dijual! Apa rahasia Xiaomi? Apakah Redmi Note 5A dibuat untuk melawan VIVO dan OPPO?
Baca Juga

Chipset ini baru diumumkan 28 Juni 2017 lalu, dan duo Vivo V7 menjadi yang pertama kali menggunakannya. Meskipun ini chipset seri 4, namun produsen smartphone yang ingin mengikuti tren mau-ngga-mau memilihnya untuk kelas menengah atau bawah, karena dibandingkan Snapdragon 625, Snapdragon 450 ini sudah mendukung resolusi Full HD+ yang dibutuhkan untuk mendapatkan rasio layar 18:9.

Xiaomi Redmi 5. Sumber: TENAA

Bicara kinerja, Snapdragon 450 sendiri bisa dikatakan Snapdragon 625 yang di-downgrade. Hampir semua fitur Snapdragon 625 dimiliki, kecuali, ya kecepatan prosesornya yang menurun. Bahkan di sini ada dukungan layar 18:9.

Kemungkinan besar Redmi 5 hanya akan ditawarkan dalam dua varian saja, memory 3GB RAM dan ruang penyimpanan 16GB atau 32GB. Sisa spesifikasi Redmi 5 ini bisa kalian lihat kembali pada artikel kami sebelumnya, yang kami paparkan berdasarkan data spesifikasi Redmi 5 Plus dari laman operator China Telecom.

Sedangkan untuk Redmi 5 Plus, layarnya membengkak menjadi 5.99 inci dengan resolusi FHD+, ada proseso octa-core 2.0GHz (yang kemungkinan besar ini Snapdragon 625), baterai 4000mAh, bakal dimunculkan dalam pilihan memory 3GB RAM + 32GB ROM, dan 4GB RAM + 64GB ROM, kameranya juga sama 12MP di belakang dan 5MP di depan seperti Redmi 5.

8 Fakta Baru Redmi 5 Ini Pasti Bisa Membuat Kalian Kecewa Berat pada Xiaomi

Beberapa bocoran sudah memperlihatkan jika Xiaomi bakal gunakan layar penuh (full-screen) untuk Xiaomi Redmi 5. Benarkah?
Baca Juga

Karena layar dan kapasitas baterai lebih besar, dimensinya berbeda dengan Redmi 5 biasa. Di sini dimensi Redmi 5 Plus 158.5 × 75.45 × 8.05 mm dengan berat 179.5 gram, sedikit lebih besar dan berat dari Redmi 5 yang hanya 151.8 × 72.8 × 7.7 mm, dan berat 157 gram.

Xiaomi Redmi 5 Plus. Sumber: TENAA

Berapa Harganya?


Masih belum resmi, namun banyak yang mengabarkan jika Redmi 5 bakal dijual mulai harga 699 Yuan, atau sekitar Rp1.4 jutaan, dan Redmi 5 Plus dijual mulai angka 999 Yuan, atau sekitar Rp2 jutaan.

Sumber: Buku Manual Xiaomi Redmi 5