Cuma Rp1 Juta, Harga Redmi 5A Terbaru Versi Global Ini Ngga Masuk Akal

Harga Redmi 5A Terbaru

Setelah pertengahan Oktober 2017 lalu Xiaomi meluncurkan Redmi 5A di Cina, kita bisa memulai harapan versi globalnya segera masuk ke Indonesia. Pasalnya, Xiaomi India kemarin resmi meluncurkan varian Redmi termurah di sana, lengkap dengan varian baru dengan konfigurasi 3/32GB.

Kami selalu menggunakan acuan Xiaomi India untuk menentukan suatu varian Xiaomi bakal dirilis global, dan kemungkinan masuk ke pasar Indonesia tidak lain karena memang India sudah dianggap sebagai pasar smartphone terbesar di dunia setelah Cina. Bahkan penjualan merek Xiaomi sendiri di India sudah memiliki pangsa pasar mencapai 22% hingga kuartal ketiga 2017, atau hanya 1% di bawah pemimpin pasar, Samsung.

Karena itulah, tidak heran jika pasar India selalu mendapatkan perlakuan lebih dari Xiaomi. Seperti, mendapatkan kesempatan membeli Redmi 5 dengan harga termurahnya. Di India, Redmi 5A yang dibangun hype-nya dengan tagar #DeshKaSmartphone (atau smartphone buatan India, diproduksi pabrik Xiaomi di Sri city, Andhra Pradesh, India) ini ditawarkan mulai harga Rs.5999 untuk varian 2/16GB, atau hanya sekitar Rp1.25 jutaan menurut kurs saat ini. Sedangkan untuk model 3/32GB, bisa ditebus dengan harga Rs.5999, atau sekitar Rp1.46 jutaan.

Istimewanya, untuk lima juta pembeli pertama, Xiaomi India mendiskon versi terendahnya menjadi hanya Rs.4999 saja. Ya, hanya Rp1 jutaan. Boleh dicari deh, mana ada ponsel pintar dengan mesin Snapdragon 425, layar 5 inci HD, kamera utama 13MP PDAF, baterai 3000mAh dan memiliki slot microSD tersendiri, ditawarkan dengan harga semurah itu!

Ternyata Slot Dual SIM di Redmi 5 Dibuat Hybrid! Masih Mau Beli?

Sayangnya, bocoran terbaru membuat sedikit kecewa. fitur Redmi 5 datang dengan konfigurasi dual SIM hybrid, alias, hanya ada dua slot kartu saja.
Baca Juga

Sudah berlangsung pestanya? Belum, karena harga Redmi 5A terbaru di India yang bikin geleng kepala ini baru bisa diraih 7 Desember nanti, ketika pertama kali dijual di Mi Store, toko retail online Flipkart, dan juga toko offline Mi Home mulai 7 Desember 2017! Kebetulan banget, 7 Desember juga menjadi tanggal yang direncanakan Xiaomi untuk meluncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Cina.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

  • Chipset: 64-bit Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dengan CPU Quad-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1.4 GHz yang dibangun dengan teknologi proses 28nm LP.
  • GPU: Adreno 308 dengan 24 ALU dan kecepatan 500MHz.
  • Layar: 5 inch IPS resolusi HD 720 x 1280 piksel, kerapatan 294ppi
  • Memory: 2GB/3GB LPDDR3 RAM
  • Ruang Penyimpanan: 16GB/32GB eMMC 5.0, plus ada slot micro SD tersendiri (bukan Hybrid) hingga 256GB
  • Kamera utama: 13 MP F2.2, phase detection autofocus, single-LED flash, mampu merekam video pada kualitas 1080p@30fps.
  • Kamera depan: 5MP F2.0, merekam video pada kualitas 1080p@30fps.
  • Baterai: 3,000mAh (non-removable)
  • OS: Android 7.1 Nougat dengan MIUI 9
  • Dimensi: 140.4 x 70.1 x 8.35 mm
  • Berat: 137gram
  • Jaringan: 4G LTE Cat 4 dengan download/upload 150/75 Mbit/s / 3G / 2G (dual SIM)
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b, g, n / micro USB 2.0 / USB Host / USB OTG / Bluetooth 4.2 / A-GPS dengan dukungan satelit GLONASS dan BDS
  • Sensor: Accelerometer, proximity, compass, light
  • Pilihan Warna: Gold, Dark Grey and Rose Gold
  • Harga: Rs.5999 untuk varian 2/16GB, atau hanya sekitar Rp1.25 jutaan menurut kurs saat ini. Sedangkan untuk model 3/32GB, bisa ditebus dengan harga Rs.5999, atau sekitar Rp1.46 jutaan menurut kurs saat ini.

Ada beberapa hal menarik selain harganya yang murah meriah dari sebuah Redmi 5A terbaru versi global ini.

Paket Lengkap


Untuk harga Rp1 juta, apa yang ditawarkan Xiaomi ini sebenarnya ngga masuk akal. Oke, Snapdragon 425 itu memang kelas rendah (dan hanya quad-core), namun ini Qualcomm Snapdragon, nama yang dianggap sudah memberi jaminan mutu.

Selain itu, kameranya sudah memiliki autofocus PDAF yang cepat, ada port IR Blaster untuk mengubahnya menjadi remode control dadakan, dan yang menarik, Xiaomi mengklaim memberikan dua lapisan karbon (graphite sheet) di balik panel belakangnya yang kini berbahan metal, untuk meredam suhu yang berlebihan.

8 Fakta Baru Redmi 5 Ini Pasti Bisa Membuat Kalian Kecewa Berat pada Xiaomi

Beberapa bocoran sudah memperlihatkan jika Xiaomi bakal gunakan layar penuh (full-screen) untuk Xiaomi Redmi 5. Benarkah?
Baca Juga

Termurah di Kelasnya


Di India, Redmi 5A juga menjadi smartphone entry-level termurah. Dibandingkan Samsung Galaxy J2 2017 dan Lenovo Motorola Moto C, Redmi 5A masih worth to buy dengan spesifikasinya yang mumpuni, karena harga diskonnya yang hanya Rp1 juta lebih murah 250 ribuan dari Moto C, dan lebih murah 500 ribuan dibandingkan Galaxy J2 2017.

Lebih Tahan Naiknya Tegangan Listrik


Xiaomi mengatakan Redmi 5A dibekali adaptor khusus yang disesuaikan dengan kondisi di India, yang seharusnya juga cocok digunakan di Indonesia. Dengan seringnya kejadian naikknya tegangan listrik karena suatu hal (dan bisa berimbas pada kerusakan hardware ketika mengisi baterai tidak menggunakna adaptor yang mumpuni), maka Xiaomi membekali Redmi 5A dengan adaptor pengisi baterai dengan kemampuan hingga 380v. Imbasnya, kejadian spike bisa ditanggulangi, dan panas berlebihan ketika mengisi baterai juga bisa dihindari.

Tiga Slot, untuk Dual SIM + MIcro SD


Menurut penulis, ini upgrade dari Redmi 4A yang paling worth-it. Dijamin tidak merepotkan kalian jika sudah investasi ke microSD berkapasitas besar, karena tidak perlu mengorbankan slot-nya hanya untuk menggunakan dua kartu SIM. BTW, kapasitas maksimal microSD yang didukung Redmi 5A adalah 128 GB.

Oh ya, untuk versi Redmi 5A Cina (baca di sini ulasannya), kapasitas ruang penyimpanan internalnya juga hanya 16GB, RAM 2GB, serta slot microSD-nya juga menyatu dengan slot kartu SIM kedua, alias hybrid.

Redmi 5 vs Redmi 5 Plus, Ini Perbedaan Kecil yang Pasti Tidak Kalian Sadari

Ini Perbedaan Kecil Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang Perlu Diketahui. Bukan layar, CPU atau kapasitas baterainya, namun ada hubungannya dengan kamera.
Baca Juga

Uji Katahanan 10.000 Kali!


Xiaomi mengkalim Redmi 5A sudah melalui pengujian pengendalian mutu, dan sebelum kalian kuatir beberapa port I/O-nya aus, rusak, atau bermasalah, mereka mengklaim part yang digunakan telah melalui pengujian hingga 10 ribu kali lho! Ini pengujian daya tahan yang sama seperti yang mereka lakukan untuk tipe flagship Mi.

Ciri Khas Redmi


Keunggulan lainnya adalah ciri khas yang jarang dimiliki ponsel entry-level lainnya. Port IR Blaster bisa kalian gunakan untuk mengendalikan perangkat elektronik rumah tangga, seperti, TV, AC, hingga dekoder! Jangan dipakai untuk usil di ruang tunggu, lho ya!

Xiaomi Resmikan Redmi 5A, dan Ini Bedanya dari Redmi 4A (Awas, No.6 Bikin Nangis!)

Xiaomi Resmikan Redmi 5A, Ini Bedanya dari Redmi 4A (Awas, No.6 Bikin Nangis!), harga Redmi 5A, spesifikasi Redmi 5A spec, Redmi 5A vs Redmi 4A
Baca Juga

Kamera Swafoto Sudah 5MP


Saat para pesaing terdekatnya mengajukan kamera swafoto hanya 2MP saja, Redmi 5A sudah pede dengan resolusi maksimal 5MP. Memang masih fixed-focus sih, namun kualitasnya lumayan lho. Seperti ini contohnya.

Yah, kalau yang di atas, memang obyeknya sudah lebih dari kata lumayan.

Lanjut ke halaman 2