Redmi 5A Global Makin Aman dari Bahaya Overheat dan Naiknya Tegangan Listrik

Xiaomi India kemarin resmi meluncurkan varian Redmi termurah di sana, lengkap dengan varian baru dengan konfigurasi 3/32GB. Ada yang menarik dari REdmi 5A Global ini, karena datang dengan adaptor khusus untuk mengatasi bahasa panas berlebih dan naiknya tegangan listrik.

Di India, Redmi 5A yang dibangun hype-nya dengan tagar #DeshKaSmartphone (atau smartphonebuatan India, diproduksi pabrik Xiaomi di Sri city, Andhra Pradesh, India) ini ditawarkan mulai harga Rs.5999 untuk varian 2/16GB, atau hanya sekitar Rp1.25 jutaan menurut kurs saat ini. Sedangkan untuk model 3/32GB, bisa ditebus dengan harga Rs.5999, atau sekitar Rp1.46 jutaan saja.

Cuma Rp1 Juta, Harga Redmi 5A Terbaru Versi Global Ini Ngga Masuk Akal

Cuma Rp1 Juta, Harga Redmi 5A Terbaru Versi Global Ini Ngga Masuk Akal. Xiaomi India meresmikan varian Redmi termurah di sana, lengkap dengan varian baru.
Baca Juga

Ada fitur baru yang berbeda dibandingkan Redmi 5A yang sudah dijual di Cina sejak Oktober 2017 lalu. Khusus untuk di India, dan kemungkinan besar juga untuk versi Indonesia nantinya, Xiaomi memaketkannya dengan adaptor khusus yang disesuaikan dengan kondisi di India, yang seharusnya juga cocok digunakan di Indonesia.

Dengan seringnya kejadian naikknya tegangan listrik karena suatu hal (dan bisa berimbas pada kerusakan hardwareketika mengisi baterai tidak menggunakna adaptor yang mumpuni), maka Xiaomi membekali Redmi 5A dengan adaptor pengisi baterai dengan kemampuan hingga 380v. Imbasnya, kejadian spike bisa ditanggulangi, dan panas berlebihan ketika mengisi baterai juga bisa dihindari.

Langkah Xiaomi ini patut diapresiasi, karena ini berarti mereka memperhatikan keselamatan Mi Fan penguna smartphone Xiaomi. Meskipun menggunakan smartphone ketika di-charge itu berbahaya, namun ternyata masih ada juga yang melakukan hal tersebut.

Xiaomi paham pada kebiasaan pengguna smartphone tersebut, dan memilih memberikan adaptor yang lebih kuat untuk mencegah kerusakan hardware, atau mungkin sampai berujung pada baterai yang terbakar ketika tegangan listrik tidak stabil selama proses pengisian baterai.

Selain adaptor berkualitas, Xiaomi juga memiliki cara sendiri dalam mengurangi efek panas berlebih CPU. Mereka mengaku memberikan  dua lapisan karbon (graphite sheet) di balik panel belakangnya yang kini berbahan metal, untuk meredam suhu yang berlebihan. Cara tersebut diklaim mampu menurunkan suhu “ruang mesin”-nya sebesar 1o. Lumayan lah!

Waktunya Move On! Ini Daftar Smartphone Xiaomi yang Bakal Dipensiunkan

Waktunya Move On! Ini Daftar Smartphone Xiaomi yang Bakal Dipensiunkan, dan tidak akan mendapatkan update OS MIUI setelah MIUI 9
Baca Juga

Xiaomi bakal mulai menjual Redmi 5A Global ini mulai 7 Desember nanti. Awalnya, Redmo 5A Global baru bisa dibeli melalui Mi Store, toko retail online Flipkart, dan juga toko offline Mi Home! Untuk toko-toko lainnya belum dipastikan ketersediaannya. Apalagi di Indonesia, juga belum jelas kapan Redmi 5A ini masuk dan dijual resmi ke negara kita, karena sampai saat ini belum ada tanda-tanda pengajuan sertifikatnya masuk ke Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika dan Kementerian Perindustrian sebagai syarat penjualan resmi di Indonesia.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

  • Chipset: 64-bit Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dengan CPU Quad-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1.4 GHz yang dibangun dengan teknologi proses 28nm LP.
  • GPU: Adreno 308 dengan 24 ALU dan kecepatan 500MHz.
  • Layar: 5 inch IPS resolusi HD 720 x 1280 piksel, kerapatan 294ppi
  • Memory: 2GB/3GB LPDDR3 RAM
  • Ruang Penyimpanan: 16GB/32GB eMMC 5.0, plus ada slot micro SD tersendiri (bukan Hybrid) hingga 256GB
  • Kamera utama: 13 MP F2.2, phase detection autofocus, single-LED flash, mampu merekam video pada kualitas 1080p@30fps.
  • Kamera depan: 5MP F2.0, merekam video pada kualitas 1080p@30fps.
  • Baterai: 3,000mAh (non-removable)
  • OS: Android 7.1 Nougat dengan MIUI 9
  • Dimensi: 140.4 x 70.1 x 8.35 mm
  • Berat: 137gram
  • Jaringan: 4G LTE Cat 4 dengan download/upload 150/75 Mbit/s / 3G / 2G (dual SIM)
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b, g, n / micro USB 2.0 / USB Host / USB OTG / Bluetooth 4.2 / A-GPS dengan dukungan satelit GLONASS dan BDS
  • Sensor: Accelerometer, proximity, compass, light
  • Pilihan Warna: Gold, Dark Grey and Rose Gold
  • Harga: Rs.5999 untuk varian 2/16GB, atau hanya sekitar Rp1.25 jutaan menurut kurs saat ini. Sedangkan untuk model 3/32GB, bisa ditebus dengan harga Rs.5999, atau sekitar Rp1.46 jutaan menurut kurs saat ini.