Ingin Beli Macbook Bekas? Coba Baca 7 Tips dan Trik Ini Dulu deh!

Tips Membeli Macbook

Macbook memanglah primadona bagi penggiat komputer jinjing alias laptop. Bodi alumunium yang elegan, MacOS yang diagung-agungkan sebagai operating system yang sempurna, serta ketahanan baterainya.

Namun membeli baru kadang tidak bisa menjadi opsi, untuk itu kami telah menyuguhkan tips dan trik membeli Macbook bekas untuk para pembaca Teknosaurus. Fans Apple atau bukan, tidak dapat dipungkiri jika Macbook adalah salah satu komputer portable terbaik di kelasnya.

Walau speknya bisa dikatakan biasa-biasa saja, MacOS membuat komputer ini menjadi spesial. Namun Macbook terbaru memiliki harga yang cukup mahal, untuk itu Macbook bekas bisa menjadi alternatif. Sebelum kalian caw beli macbook baru, mari kita simak tips dan trik Membeli Macbook bekas berikut ini.

1

Lebih Baik Beli Online atau Ditempat?

Tips dan Trik membeli Macbook bekas
sumber: SlashGear

Ah, ya, ya, dilema membeli gadget yang hampir selalu menjadi masalah utama. Pilihan dalam membeli via toko online dan ditempat memang sering membuat kita galau. Di satu sisi, penjual online dapat memberikan harga yang paling oke dan bahkan kita bisa mendapatkan model yang kita inginkan dengan lebih cepat.

Tapi membeli Macbook di toko online memiliki resiko lainnya, yaitu tertipu atau malah barang tidak sesuai dengan deskripsi. Terlebih lagi, kadang ada beberapa detail yang tidak bisa kita cek jika tidak memegang langsung barangnya.

Di lain pihak, membeli Macbook bekas di toko offline atau bahasa normalnya “Membeli di tempat” dapat menjadi pilihan yang cocok bagi yang ingin “merasakan” Macbook yang diincar. Selain itu juga, membeli di tempat bisa menjadi opsi yang lebih aman, khususnya bagi yang ingin mengecek kelengkapan dan kerusakan pada unit Macbook yang diincar.

Duh, Ratusan iPhone X Dicuri! Sehebat apa sih Pencurinya?

Saking kuat daya tariknya, ratusan iPhone X dicuri oleh beberapa orang secara langsung di Apple Store yang berada di Amerika Serikat
Baca Juga

Tentunya, salah satu kelemahan dari membeli langsung adalah kekurangan dari membeli langsung ditempat adalah kadang kita tidak bisa mendapatkan model yang diincar. Selain itu juga, kadang harga di toko offline bisa lebih mahal daripada membeli di toko online.

Dan yang paling penting: kalau kamu orang yang memiliki sifat nggak enakan, maka bisa diyakini kamu akan langsung membeli Macbook yang baru kamu raba.

2

Pertimbangkan Model Mana yang akan Diangkut

 

Tips dan Trik membeli Macbook bekas
Sumber: http://wickedcoolbite.com

Macbook Air, Macbook Pro, atau Macbook biasa? Generasi ke berapa? Kenapa? Ini hampir menjadi pertanyaan yang terus terulang-ulang ketika membeli Macbook bekas. Membeli Macbook bekas tentunya memiliki keuntungan bisa memilih model-model dari generasi lama yang memiliki beberapa gimmick yang tidak dimiliki generasi sekarang.

Misalnya, gimmick seperti Magsafe atau layar 17” di Macbook Pro generasi ketiga dapat menjadi gimmick yang cukup menarik bagi banyak orang. Atau misalnya jika kalian membenci port yang sedikit dan tidak adanya function key di Macbook Pro generasi sekarang, membeli generasi lama bisa menjadi pilihan.

Kamu dapat meriset terlebih dahulu generasi dan model Macbook sebelum kamu menetapkan pilihanmu, karena setiap generasi memiliki fitur dan gimmic yang berbeda-beda.

3

Pertimbangkan Ukuran RAM dan Hard Disk

Tips dan Trik membeli Macbook bekas
Sumber: Macworld

Percayalah, ini sebenarnya adalah hal yang paling penting dalam mempertimbangkan Macbook-mu. Beberapa model memiliki RAM yang disolder terhadap motherboard-nya, sehingga membuat RAM-nya tidak bisa di-upgrade. Bahkan di generasi terbarunya SSD-nya pun ikutan disolder, sehingga tidak bisa di-upgrade sama sekali!

Maka pilihlah ukuran memori yang kemungkinan akan nyaman kamu gunakan dalam beberapa waktu di masa depan. Namun sebenarnya kalau kamu mengambil generasi lama, SSD-nya bisa kamu upgrade sendiri loh!

Walaupun begitu, yang kita bicarakan saat ini adalah Macbook dengan bodi alumuniumnya yang sangat susah untuk dibongkar tanpa meninggalkan bekas.

Sekitar 2 Tahun Kemudian, Kita akan Lihat Sebuah Kejutan dari Apple

Rupanya, dalam waktu 2 tahun mendatang, tepatnya di tahun 2019 nanti, kita akan segera melihat Headset AR Apple. Seperti apa ya?
Baca Juga

Belum lagi kamu harus meng-install ulang macOS yang bisa dikatakan lebih ribet daripada meng-install Windows, jadi ada baiknya jika kamu memilih opsi untuk meng-upgrade SSD-mu lebih baik kamu serahkan ke profesional saja.

Walaupun begitu, opsi meng-upgrade SSD bisa menjadi pilihan yang cukup hemat biaya/lebih mudah daripada mencari model spesifik dengan ukuran Hard Disk tertentu.

Penasaran dengan tips lainnya? Yuk cek halaman berikutnya!