Harus Tahu! Ini Dia Perbedaan Xiaomi Desh Ka dengan Redmi 5A

xiaomi desh ka

Beberapa minggu ini India dihebohkan dengan berita Xiaomi terbaru dengan kode nama “Desh Ka”. Baru-baru ini terungkap bahwa Xiaomi Desh Ka sejatinya adalah Redmi 5A yang dibuat khusus untuk pasar India. Lalu apa perbedaannya dengan Redmi 5A versi Cina?

India menyambut dengan semangat berita mengenai Xiaomi Desh Ka yang akan datang meramaikan pasar smartphone di India. Digadang-gadang sebagai ponsel entry level berharga murah dengan spesifikasi yang mumpuni, Xiaomi Desh Ka sangat ditunggu kedatangannya.

Tepatnya pada hari Kamis 30 November 2017 waktu India, Xiaomi akhirnya merilis smartphone Desh Ka. Sesuai spekulasi yang berkembang di media bahwa Desh Ka adalah rebranding dari Redmi 5A. Desh Ka adalah Redmi 5A dengan beberapa penyesuaian dan penamaan lokal agar lebih “dekat” dengan para penggemar Xiaomi di India.

Redmi 5A memiliki layar 5 inci dengan resolusi HD (720 x 1280 pixels) dengan kerapatan 296 ppi. Dapur pacunya disokong oleh prosesor empat inti Snapdragon 425 serta GPU Adreno 308. Kamera utama beresolusi 13 megapiksel dengan bukaan f2.2 dilengkapi LED flash, sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 megapiksel.

Xiaomi Resmikan Redmi 5A, dan Ini Bedanya dari Redmi 4A (Awas, No.6 Bikin Nangis!)

Xiaomi Resmikan Redmi 5A, Ini Bedanya dari Redmi 4A (Awas, No.6 Bikin Nangis!), harga Redmi 5A, spesifikasi Redmi 5A spec, Redmi 5A vs Redmi 4A
Baca Juga

Redmi 5A juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti 4G VoLTE, IR Blaster, Bluetooth v4.1 dan GPS. Baterai berukuran 3.000 mAh dan menurut Xiaomi mampu bertahan selama delapan hari dalam keadaan stand by.

Selain spesifikasi di atas, terdapat beberapa perbedaan di antara Redmi 5A versi Cina dengan Redmi 5A “Desh Ka”

RAM dan Memori Internal

Desh Ka

Xiaomi hanya merilis Redmi 5A dengan RAM dan memori internal sebesar 2GB/16GB di Cina. Sedangkan di India, Redmi 5A datang dalam dua varian yaitu Redmi 5A dengan RAM dan Internal sebesar 2GB/16GB serta 3GB/32GB.

Harga

Desh Ka

Bagi lima juta pembeli pertama Redmi 5A varian 2GB/16GB di India, Xiaomi akan memotong harga Redmi 5A sebesar Rs.1000. Kalau dirupiahkan, harga Redmi 5A 2GB/16GB akan menjadi Rp1 jutaan saja setelah mendapat diskon. Sedangkan harga jual normal di Cina sebesar Rp1.25 juta. Warga India sangat beruntung ya!

Slot MicroSD

Desh Ka

Ini adalah perbedaan yang paling mencolok di antara Redmi 5A produksi Cina dengan Redmi 5A “Desh Ka”. Redmi 5A yang dijual di Cina masih menggunakan sim tray hybrid yang memaksa pengguna untuk memilih antara menggunakan dual SIM atau satu SIM plus kartu memori.

Sedangkan Redmi 5A “Desh Ka” memiliki slot kartu memori yang terdedikasi sehingga pengguna dapat memakai dual SIM serta kartu memori di saat yang sama.

Pabrikan

Desh Ka
Sumber: Gizmo China

Redmi 5A “Desh Ka” diproduksi di India dan seluruh produk Redmi 5A “Desh Ka” akan memiliki label “made in India”. Sedangkan Redmi 5A tentu saja diproduksi di negara asal Xiaomi, yaitu Cina.

OS

Desh Ka

Redmi 5A “Desh Ka” langsung mendapat sokongan dari MIUI 9.0. Sedangkan Redmi 5A yang rilis di Cina masih menggunakan MIUI 8.5. Hal ini cukup aneh mengingat Redmi 5A yang diproduksi dari negara asal Xiaomi malah belum menggunakan OS terbaru di produk teranyarnya.

Itulah beberapa perbedaan antara Redmi 5A dengan Xiaomi Desh Ka. Menurut kamu mana yang lebih oke untuk masuk ke Indonesia, Redmi 5A pabrikan Cina atau Redmi 5A “Desh Ka”?

Sumber: NDTV

Diedit oleh Ridwan Hidayah

SHARE
Previous articleBerita Teknologi Paling Hot Periode 25 November – 1 Desember 2017 Versi Teknosaurus!
Next articleNo Akai No Cry! Hero Ini Bisa Gantikan Perannya

Suka otak-atik smartphone hingga brick lalu menangis